terakurat.commencegah-demam-berdarah– Demam berdarah, Sering juga disebut DB atau DBD (demam berdarah dengue), adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus dengue melalui nyamuk Aedes aegypti. Karena bersifat cepat mewabah, Pemerintah selalu mengadakan sosialisasi gerakan 3M. Apa yang dimaksud gerakan 3M dan bagaimana cara melakukannya?

Gerakan 3M sebuah inisiatif dari pemerintah sebagai salah satu solusi dalam mencegah demam berdarah. 3M (menutup, menguras, dan mengubur barang-barang yang mendukung siklus hidup nyamuk.

Menutup.

Tutuplah semua tempat yang bisa menampung air, di dalam maupun di luar rumah. Jika tidak diperlukan, tengkurapkan wadah-wadah yang bisa tergenang air di luar rumah agar tidak menampung air hujan. Karena nyamuk betina akan memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelur.

Menguras.

Kuras dan bersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, vas bunga, dan akuarium, satu sampai dua kali dalam seminggu. Karena, siklus metamorfosis nyamuk berlangsung selama 8-10 hari. Mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa. Dengan mengosongkan tempat-tempat penampungan air, Anda sudah memutus siklus hidup nyamuk.

Mengubur.

Kuburlah semua barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti kaleng bekas atau wadah plastik. Namun, dalam gerakan 3M yang telah diperbaharui – 3M plus, M yang ketiga ini tidak dianjurkan lagi karena dapat menimbulkan polusi tanah. Pemerintah lebih menganjurkan untuk mendaur ulang sampah-sampah anorganik.

Mencegah demam berdarah dengan 3M plus bertujuan untuk menghindari gigitan nyamuk dan mencegah nyamuk bersarang di rumah. Kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini untuk memerapkan 3M plus:

  • Pasang kasa nyamuk di pintu dan jendela, dan gunakan kelambu saat tidur.
  • Gunakan semprotan antinyamuk, terutama di kolong meja dan tempat tidur, serta di belakang furnitur.
  • Oleskan losion antinyamuk pada kulit ketika berdiam di tempat terbuka.
  • Biarkan matahari masuk semaksimal mungkin. Bersihkan kaca jendela yang buram agar sinar matahari tidak terhalang.
  • Bersihkan secara rutin semua tirai dan karpet yang mengumpulkan debu. Ingatlah bahwa nyamuk suka bersembunyi di barang-barang berdebu.
  • Jika memiliki kebun, tanam tumbuhan-tumbuhan berbau yang tidak disukai nyamuk, misalnya serai, kemangi, dan lavender.
  • Kosongkan rumah dan gudang sebisa mungkin dari barang-barang yang tidak diperlukan untuk menghilangkan tempat-tempat nyamuk bersembunyi dan agar rumah menjadi lebih lapang.
  • Jangan biarkan baju dan handuk menggantung terlalu lama. Handuk dan baju kotor merupakan tempat yang digemari nyamuk karena nyamuk suka aroma tubuh manusia. Cuci baju kotor dan ganti handuk secara berkala.
Baca juga  Trombosit Naik dengan Makanan Ini!

Lebih baik mencegah dari pada mengobati !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here