Keindahan tempat itu merupakan alami dari bumi sendiri, Indonesia memiliki kekayan alam yang melimpah ruah, Indonesia juga tidak hanya memiliki keindahan satu tempat tepati memiliki di banyak tempat. Jika anda bosan liburan ke pantai yang itu-itu saja, anda bisa menjadikan Danau sebagai objek liburan anda. Tapi di indonesia ada dua jenis danau. Yaitu danau alami dan danau buatan. Dua danau ini menawarkan keindahan yang berbeda-bedaa dan jenis air yang berbedaa-beda. Berikut 7 daftar danau terindah yang dimiliki oleh Indonesia yang dapat anda masukan ke daftar liburan anda.

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin yang berlokasi di desa labuan kelabu, Kalimantan Timur. Perkiraan ditempuh melalui jalur darat selama kurang lebih 6 sampai 7 jam dari Tanjung Redeb. Di Labuan Cermin ini airnya sangat jernih sekali. Untuk kedalaman sendiri hanya 3 meter saja.

Tidak perlu jauh-jauh keluar negeri kalian bisa menikmati keindahan danau ini di Indonesia. Danau Labuan Cermin sendiri merupakan perpaduan antara air asin dan air tawar, dan menriknya lagi warna air ini merupakan gradasi air lautm yaitu biru rua, biru muda, hiaju toska, dan putih. Dan anda yang hobi berenang, snorkleling bisa dilakukan di danau ini.

2. Danau Sentani

Danau Sentani berada di papua, disini terdapat salah satu danau terindah di Indonesia. Lokasinya berada di lereng cagar alam Cycloop yang tinggi di permukaan laut 75. Di danau ini masih di tinggali oleh suku Sentani. Untuk datang ke Danau Sentai anda harus melawati jalur darat dari jayapura sekitar 50 Km. Di danau Sentai memiliki beragam biota laut yang sudah lama  tinggal disini seprti ikn gabus, hiu sentani, dan hiu gergaji.

Baca juga  Jenis Jamur yang Aman Dikonsumi, Lezat dan Kaya Protein

Jika anda ingin datang kesini lebih cocok saat pertengahan tahun, karna akan ada festival Danau Sentani. Felle bisa di sebut kerang oleh masyarakat disekitar danau Sentani dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit dalam seperti kencing manis, gangguan fungsi hati bahkan sakit kuning (hepatitis), prosesnya dengan cara memasak Felle tanpa air di atas wajan/panci/wadah yang dalam.

Untuk mendapatkan felle yang bersih terlebih dahulu direndam dalam air yang mengalir pada baskom dengan beberapa kali harus gonta-ganti air rendaman tersebut agar tetap bersih, sebab felle akan membuka penutup cangkang agar dapat keluar dan felle tersebut akan menjadi bersih dan siap untuk dimasak.

3. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo sudah terkenaal oleh pendaki-pendaki yang ingin ke gunung Semeru. Terletak di kaki Gunung Semeru, kawasan Taman Nasional Bromo, Kabupaten Malang. Ranu Kumbolo sering disebut sebuah surga yang tersembunyi di Indonesia. Jika kalian ingin mengunjungi danau ini harus mendaki yang cukup berat bagi kalian yang masih pemula.

Namun jangan kuatir, Kalian akan di suguhi penampakan yang indah pemandangan jajran pohon pinus, dan  cemara di sekeliling bukit. Jika anda beruntung akan melihat keindahan kumpulan asap dari puncak Semeru. Tapi yang tidak kalah menariknya lagi, jika anda sempat  menginap di Ranu Kumbolo pada malam hari anda bisa menikmaati indahnya bintang-bintang dari galaksi bimasakti dengan mata telanjang.

4. Danau Segara Anak 

Danau Segara Anak merupakan danau yang tidak kalah menarik dari Ranu Kumbolo dari Gunung Semeru, tapi kali ini Danau Segara teletak di kawah Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama dari danau Segara Anak sendari karena airnya yang berwarnaa biru, yang serupa dengan Ranu Kumbolo, Tapi untuk anda sangat pemula undtuk mendaki anda harus berjuang melalkukan treeking dahulu, karena danau ini ada di atas ketinggian permukaan laut 2000 meter.

Baca juga  Fakta Taman Nasional Baluran yang Harus Kamu Tahu!

Selain itu wisata ini merupakan tempat istirahat untuk para pendaki sebelum menuju puncak Gunung Rinjani dan hal yang menarik lagi danau ini merupakan sumber air panas yang di percaya oleh warga sekitar dapat menggobati bermacam penyakit. Dan disini juga terdapat pohon keramat yang yakni bisa mengabulkan impian anda menurut warga setempat.

5. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan danau yang terletak di Gunung Kelimutu yang terdiri dari tiga dauanu lainnya, ini merupakan salah satunya. Kelimutu berada di kawasan Taman Nasional Kelimutu yang jarak dari kota Ende 45 Km. Tiap danau yang berada di puncak ini memiki warna-warna berbeda-beda, membuat danau ini terdapat danau terindah dan tersembunyi di Indonesia.

Untuk anda yang ingin datang ke danau ini harus melakukan perjalan dari kota Moni yang merupakan basecampa para wisatawan atau backpacker. Selama anda melakukan perjalanan ke danau ini anda akan di suguhi dengan pemandangan yang indah sekali. Namun danau ini sering di penuhi kabut, sehingga anda lebih cocok saat dini hari bila ingin kesini, karena anda bisa melihat matahari terbit yang hanya bisa satu kali dalam hidup anda.

6. Danau Kaco

Danau Kaco merupakan danau yang terletak di kabupaten Kerinci, Jambi. Wisata alam ini sudah masuk dalaam perlindungan Taman Nasional Kerinci yang merupakan warisan situs UNESCO. Dengan luas sekitar 90 Kilometer, Danau ini cocok untuk anda yang sedang berlibur di Jambi. Ternyata danau ini masih banyak misteri di dalamnya yang belum bisa di temukan sampai saat ini.

Danau ini belum bisa di pastikan berapa kedalaman danau ini, Namun seringnya banyak wisatawan kesini belum ada ahli yang mengecek berapa dalam danau ini. Konon kabar yang beredar, Pernah suatu ketika ada orang yang sempat menyelam kedalam danau ini selalu gagal. Karena tabung oksigen yang tidak cukup sampai dasar danau. Misteri oleh warga setempat Danau Kaco selalu mengeluarkan cahaya yang terang jika hari mulai gelap, apabila saat bulan purnama tiba, danau ini lebih mengeluarkan cahayanya dari danaau ini. 

Baca juga  Tempat Snorkeling di Bali yang Asik.

7. Danau Kaolin

Sebelum populernya sebagai destinasi wisata yang di ambil dari novel dan film Laskar Pelangi, Belitung lebih dikenal sebagai pusat pengeboran penambangan timah. Bahwa kekayaan indonesia dari sebagian besar persediaan timah di Indonesia dipasok dari Belitung. Namun tak hanya timah disana dan bumi Belitung juga kaya dengan mineral kaolin. Terutama wisata disana yaitu Danau Kaolin adalah saksi bisu kekayaan tambang Belitung yang masih ada sampai sekarang.

Danau itu terbentuk dari kerukan batu besar bekas pengeboran mineral kaolin yang saat itu dieksploitasi besar-besaran di kawasan belitung. Danau ini yang terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan Belitung, berawal dari kubangan itu kemudian menjadi danau dan yang menarik wisatawan berdatangan. Yang unik dari Danau Kaolin ini adalah airnya yang berwarna biru muda dan dikelilingi daratan berwarna putih dari bekas Kaolin. Paduan warna yang menakjubkan untuk diabadikan dengan para wisatawan untuk mengungdahnya di media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here