8 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh – Menjaga kebugaran tubuh amatlah penting ditengah-tengah beragam aktivitas yang dilakukan setiap hari. Kebugaran tubuh adalah kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Untuk mendorong menjaga kebugaran jasmani yang optimal, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kebugaran tubuh yang perlu diperhatikan, yaitu:

1.Makanan yang sehat

Makanan sangat mempengaruhi kebugaran tubuh kita. Untuk mendapatkan kebugaran tubuh yang prima dibutuhkan asupan makanan dengan gizi yang sehat dan berimbang. Hindari junk food (mengandung kadar lemak yang tinggi), minuman soda (mengandung gula tambahan yang tinggi, dapat meningkatkan resiko terkena diabetes) dan alkohol.

2.Olahraga yang teratur

Olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan tubuh dan dapat memberikan kebugaran. Kegiatan yang melibatkan fisik agar dapat menguatkan dan menjaga kesehatan pada tubuh seperti berlari, bersepeda, bermain bola, jalan kaki dan lain-lain. Untuk olahraga dianjurkan dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30-45 menit. Yoga juga dapat menjadi alternative olahraga yang dapat dilakukan di rumah.

3.Istirahat yang cukup

Tubuh kita membutuhkan istrihat yang cukup untuk dapat bugar. Sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup sekurang-kurangnya 8 jam sehari.

4.Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup, sekurangkurangnya 8 gelas per hari untuk dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru. Sangat disarankan minum air putih terlebih dahulu di pagi hari dengan tujuan untuk membuang racun-racun dalam tubuh setelah sebelumnya keadaan perut kosong setelah tidur malam.

5.Miliki pemikiran yang positif

Be a positive thinker. Pemikiran ini sebaiknya dapat dimiliki dalam menjalani beragam tantangan yang dihadapi setiap hari. Jika kita terus menerus berpikir negative terhadap apa yang dihadapi saat ini akan merugikan diri sendiri, dimana membuat kondisi tubuh yang labil dan mudah stres.

Baca juga  Mitos Atau Fakta, Begadangn Menimbulkan Jerawat?

6.Bersosialisasi dengan orang disekitar

Hindari rasa kesepian yang dapat mengganggu kesehatan. Dalam hasil penelitian yang disampaikan dalam American Psychological Association menyatakan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stress, yang dapat memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat.

7.Menjaga kebersihan

Cara lain agar tubuh bugar dan sehat adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Beberapa contoh cara menjaga kebersihan yang baik seperti mandi setiap hari, mencucui tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan dan setelah makan dan lain sebagainya.

8.Hindari rokok

Hindari paparan rokok dalam aktivitas setiap hari. Baik sebagai perokok aktif maupun pasif sangat beresiko dalam mengganggu kesehatan dan ragam penyakit yang dapat ditimbulkan seperi kanker.

Dengan mampu menerapkan ke-8 hal tersebut diatas, kesehatan dan kebugaran tubuh dapat terjaga dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here