menghakimi orang lain

Berhentilah Menghakimi Orang Lain

Definisi dari tindakan Menghakimi Orang lain adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang hakim dalam menghadiri perkara di pengadilan, dan kemudian hakim akan menyatakan seseorang itu bersalah atau tidak sehingga dapat di hukum atau di bebaskan.

Namun yang terjadi di masyarakat tindakan menghakimi seseorang sudah merupakan hal yang biasa di lakukan, seperti pada banyaknya kasus pembullyan terutama di media sosial, yang tentunya bisa berakibat fatal pada psikis korban bullying tersebut.

Atau suatu kondisi dimana tindakan menghakimi orang lain terjadi di tengah masyarakat seperti main hakim sendiri, misalnya seorang pencuri yang ketahuan mencuri dan langsung di hakimi oleh warga setempat,  dan yang lebih parah berujung dengan tindakan kekerasan.

Indonesia adalah sebuah Negara berkedaulatan hukum, maka akan lebih baik apabila langsung saja di serahkan kepada pihak yang berwenang bukan ?

Sikap menghakimi orang lain atau main hakim sendiri rupanya sudah mengakar dan menjadi budaya masyarakat kita, betapa tidak, saat ini banyak ormas yang bertindak sewenangnya tanpa memperdulikan aturan yang berlaku dalam Negara dan norma yang ada pada masyarakat, tindakan ini jelas merugikan banyak pihak.

Dan ada baiknya sebelum anda menghakimi seseorang, perhatikan terlebih dulu hukum kausalitas nya, apakah tindakan anda merugikan orang lain? apakah dampak dari tindakan anda tersebut ? banyak hal yang sebaiknya anda tidak menghakimi orang lain karena faktor – faktor di bawah ini :

 

  1. Manusia tidak mampu berbuat adil

Ya, manusia tidak bisa berbuat adil, keputusan apapun dalam pilihan seseorang akan menghasilkan keputusan yang berat sebelah,

karena manusia akan selalu di pengaruhi oleh perasaan, psikologi dan seolah – olah manusia bisa bertindak secara objektif namun itu murni hanya subjektif belaka.

Baca juga  Kupas Tuntas Masalah Kemiskinan di Pelosok Negeri

 

  1. Menghakimi bukanlah hak manusia

Tindakan menghakimi sama sekali bukanlah pekerjaan manusia, karena baik dan buruk, benar dan salah hanya kuasa sang pencipta,

manusia hanya tinggal menjalani dan manusia tidak akan bisa berbuat adil karena keadilan hanya milik Allah S.W.T dan apakah manusia merasa pantas dan sempurna untuk menghakimi orang lain ?

 

  1. Manusia Pasti Punya Salah

Kesempurnaan hanya milik Allah S.W.T, manusia bagaimana pun pasti pernah berbuat salah dan punya salah baik yang disengaja ataupun yang tidak di sengaja,

sehingga apakah pantas manusia menilai dengan penilaian negatif kepada seseorang dan malah menghakiminya ?

 

  1. Pentingnya Toleransi

Toleransi merupakan salah satu faktor dalam menciptakan suasana kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat,

definisi dari toleransi adalah sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam lingkup masyarakat, Pluralisme kebudayaan di Indonesia juga merupakan sebuah hal utama yang harus tetap di jaga.

Untuk menjaga kemajemukan tersebut tentunya perlu sifat toleransi yang baik antar suku, antar agama, antar budaya, antar daerah,

sehingga akan terciptanya kedamain dan rasa saling mengasihi antara sesama manusia. Dan karena itu tindakan menghakimi orang lain sama sekali bukanlah sifat yang baik karena bisa menimbulkan perpecahan.

Baca juga artikel Infomania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *