aneka-soto-di-indonesia– Soto adalah makanan berkuah yang biasanya disajikan dalam mangkuk berisi bahan pelengkap seperti daun bawang, irisan kol, suwiran ayam, potongan daging dll. Kemudian disiram dengan kuah bening ataupun kuah santan. Tidak lupa soto juga bisa ditaburi serbuk koya, emping, ataupun kerupuk udang. Selain itu tidak ketinggalan juga irisan jeruk nipis untuk diperas, air jeruk nipis yang asam akan membuat rasa soto semakin segar. Banyak aneka soto di Indonesia yang menyajikan menu khas dari daerah asalnya masing-masing.

Berikut ini beberapa aneka soto di Indonesia yang bisa kamu coba !

Soto Lamongan.


Soto Lamongan adalah makanan khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Ciri khas dari soto ini adalah suwiran ayam kampung yang empuk, irisan kol, daun bawang, lalu disiram dengan kuah kaldu kuning yang segar. Tidak lupa peras irisan jeruk nipis. Untuk toping diatasnya juga dilengkapi dengan taburan serbuk koya dan kerupuk udang atau bisa juga emping.

Soto Madura.

Yang membuat soto Madura berbeda  dengan soto yang lain adalah bahan-bahannya. Soto Madura biasanya terdiri dari irisan daging sapi, kentang goreng, dan kecambah. Dalam penyajiannya soto ini didampingi dengan kerupuk.

Soto Betawi.

Soto ini memiliki kuah yang khas dan berbeda dari soto yang lain yaitu menggunakan santan atau kuah susu. Untuk bahan pelengkapnya soto betawi biasanya diberikan irisan daging sapi, dan jeroan yang sidah menjadi ciri khas dari soto Betawi. Tak hanya itu, jeruk nipis, sambal, minyak samin, dan emping juga  wajib ada disampingnya. Inilah yang membuat soto betawi berbeda dengan soto yang lain.

Soto Banjar.

Banjar adalah salah satu nama suku yang berada di Pulau Kalimantan. Soto Banjar tidak dibumbui dengan kuah kunyit. Potongan lontong harus ada  dalam setiap penyajiannya. Dilengkapi dengan perkedel, telur, dan potongan daun bawang menambah kekayaan isi dari soto ini. Makanan ini akan semakin nikmat bila disantap dengan beragam sate-satean.

Baca juga  Indahnya Mengeksplor Pantai Terindah di Lombok

Soto Medan.

Soto Medan hampir sama dengan soto Betawi. Kuahnya juga terbuat dari santan. Namun, kuahnya kental berwarna kuning serta memiliki aroma kapulaga yang sangat khas. Dengan begitu membuat soto ini lebih berkarakter.

Soto Kudus.

Kalau tidak menggunakan daging ayam, soto Kudus biasanya menggunakan daging kerbau. Daging sapi tidak dipakai konon katanya karena Sunan Kudus ingin bertoleransi dengan umat Hindu.

Soto Lenthok.

Soto Lenthok merupakan soto khas yang berasal dari Yogyakarta. Pada umumnya, penyajian soto ini sama dengan soto yang lain. Yang membuatnya berbeda adalah ‘Lenthok’. Lenthok adalah panganan yang mirip dengan perkedel namun berbahan dasar singkong.

Soto Tauco Pekalongan.

Soto Tauco sering disebut juga dengan tauto alias tauco soto. Potongan jeroan yang diiris tipis sangat nikmat disajikan bersama ketupat dan disiram dengan kuah kaldu. Yang paling mantap adalah tambahan sambal gorengnya atau sering disebut tauco.

Soto Makassar.

Soto Makassar biasanya lebih sering dikenal dengan nama coto Makassar. Tahukah kamu? Coto Makassar ternyata dibuat dengan 40 bumbu lho. Masyarakat makasar menyebutnya  ampah patang pulo. Semua bumbu tersebut kemudian direbus dengan potongan daging. Setelah siap coto akan disajikan bersama dengan ketupat.

Soto Bandung.

Kuah soto Bandung ini agak berbeda. Kuahnya berwarna bening karena hanya diberi bumbu yang diiris tipis. Ciri khas unik lainnya adalah potongan lobak. Selain itu, soto bandung ini juga diberi taburan kacang tanah goreng untuk menambah kekayaan isinya.

Soto Mie Bogor.

Siapa yang belum pernah mencoba soto mie Bogor? soto ini juga sangag populer dan disukai banyak orang. Dinamai soto mie karena memang soto ini menggunakan mie di setiap sajian dalam mangkuknua. Mie yang biasa dipakai adalah mie telur yang kenyal. Kuahnya berwarna merah karena menggunakan cabai. Sangat menggugah selera bukan?

Baca juga  Tempat Wisata dengan Nama Unik dan Menggelitik!

Soto Padang.

Rasanya hampir semua orang suka dengan masakan padang, itulah restoran padang bertebaran dimana-mana. Bukan hanya di Indonesia saja lho, tapi juga di luar negeri. Menu yang disajikan dari masakan padang juga sangat bervariasi dan enak-enak, salah satunya adalah soto Padang.

Perbedaan soto Padang dengan soto yang lain terdapat pada kuahnya. Rasa yang diciptakan dari kuahnya gurih dan asam. Rasa gurih didapat dari kaldu, sedangkan rasa asamnya berasal dari cuka.

Soto Tangkar.

Soto Tangkar merupakan makanan Betawi. Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi yang diambil dari bahasa Betawi. Sejak zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang sebutan itu masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi milenial seperti sekarang ini.

Soto Tauco Pekalongan.

Disamping terkenal dengan batiknya, Pekalongan juga dikenal dengan makanan khasnya lho, salah satunya adalah soto tauco. Soto ini juga terbilang cukup unik karena berbeda dengan soto lainnya. Soto tauco pekalongan ini disiram dengan bumbu sambal goreng (tauco).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here