terakurat.comwork-from-home– Sebagian lembaga pemerintahan dan perusahaan sudah menerapkan sistem kerja Work From Home bagi para pegawainya. Keterbatasan interaksi ini rupanya bukan menjadi penghalang di era digital. Banyak aplikasi yang bisa menghubungkan satu sama lain atau bahkan beberapa orang sekaligus untuk berkomunikasi. Melakukan meeting jarak jauh secara online adalah solusinya.

Berikut beberapa aplikasi Video Converence yang bisa kamu gunakan di tengah masa Pandemi Corona ini:

Skype.

Skype merupakan aplikasi yang bisa dicoba untuk melakukan meeting dengan tim dalam sebuah bisnis kecil. Aplikasi ini bisa menampung panggilan video hingga 25 peserta. Selain Panggilan Video kamu juga bisa melakukan chat pada kolom yang tersedia, tentu lengkap dengan emoticon yang akan mewakili kondisimu.

WhatsApp.

WhatsApp menyediakan fitur untuk kamu yang ingin melakukan video conference dengan tim tanpa perlu mengunduh aplikasi khusus yang dibanderol dengan harga tertentu.

Penggunaan WhatsApp memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan mereka yang kesulitan untuk mengakses internet, karena media yang digunakan cukup dengan menggunakan smartphone saja. Terlebih lagi sekarang Video Conference bisa dilakukan dengan 8 orang peserta.

Minusnya, WhatsApp tidak bisa melakukan video call dengan menggunakan komputer. Sehingga, kamu tetap membutuhkan smartphone untuk melakukan video conference. Jika video conference-nya hanya untuk koordinasi singkat, sepertinya WhatsApp masih bisa bekerja dengan baik.

Instagram.

Jika sebelumnya, fitur pada Direct Message (DM) di Instagram hanya bisa mengirim pesan teks, sekarang semua orang bisa melakukan obrolan video. Tidak hanya menghubungkan dua orang saja, tetapi pengguna juga bisa dilakukan dengan kelompok sebanyak empat orang. 

Untuk melakukan obrolan video lebih dari dua orang, sebelumnya pengguna harus membuat grup terlebih dahulu untuk memulai obrolan. Karena, ketika panggilan video sedang berlangsung penambahan anggota baru tidak bisa dilakukan.

Baca juga  Game Balap Mobil yang Cocok untuk Mengisi Waktu Luangmu!

Slack.

Slack digadang-gadang mampu menggeser peran e-mail di sebuah tempat kerja karena membrikan fleksibilitas sebuah aplikasi chatting. Fitur-fitur yang disuguhkan Slack layaknya sebuah e-mail. Selain menyediakan layanan chatting, Slack juga menyediakan layanan video call atau video conference yang stabil dan cukup mudah untuk digunakan. Hanya saja, untuk saat ini kapasitas peesertanya masih terbatas, hanya sekitar 15 orang saja.

Zoom Cloud Meetings.

Zoom Cloud Meeting juga menjadi pilihan aplikasi video conference yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini mendukung hingga 100 peserta bersamaan dalam sebuah video conference. Selain itu, Zoom Cloud Meetings juga dilengkapi dengan audio-only, video, dan text chatting. Aplikasi Zoom dengan versi gratis fasilitasnya terbatas, tapi masih tetap fungsional. Aplikasi ini menyajikan beberapa fitur termasuk panggilan telepon, fitur webinar, presentasi, dan banyak lagi.

Hangouts Meet.

Hangout Meet merupakan layanan gratis di dalam software Google Suite. Hangouts Meet bisa menampung hingga 50 peserta dengan kualitas video dan audio di atas rata-rata. Aplikasi ini juga bisa disinkronkan dengan Google Calender serta dilengkapi dengan beberapa fitur konferensi video tambahan lainnya.

GoToMeeting.

GoToMeeting merupakan pilihan lain yang bisa juga dicoba. Aplikasi ini bisa menghubungkan 15 peserta di tingkat lowest subscription dan 25-125 dalam level yang lebih tinggi. Selain itu juga mendukung panggilan audio dan video.

Cisco Webex Meetings.

Cisco Webex Meetings merupakan salah satu opsi untuk video conferencing. Sebuah aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna bisnis. Cisco Webex Meetings memiliki banyak fitur menarik, termasuk bergabung dalam meeting hanya dengan satu ketukan saja, layout video yang bisa disesuaikan, dan bisa menjadwalkan live meeting dari aplikasi. Cocok untuk kamu yang sedang Work From Home.

Baca juga  Laptop Murah Spek Tinggi.

FaceTime.

FaceTime merupakan aplikasi video conference atau video call yang diluncurkan oleh Apple. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan di perangkat-perangkat Apple saja seperti iPhone, iPod Touch, iPad, iMac, dan juga Macbook. Sehingga, jika dalam tim kamu terdapat anggota yang tidak menggunakan produk Apple maka tidak disarankan untuk menggunakan FaceTime, karena mereka pasti tidak bisa bergabung.

Aplikasi FaceTime dikenal memiliki cara penggunaan yang cukup mudah. User Interface-nya pun cukup sederhana sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh siapa saja.

Namun, aplikasi ini dirasa kurang pas untuk keperluan bisnis, karena FaceTime lebih identik dengan video conference kasual saja. Hal ini terlihat dari bagaimana kamu bisa menambahkan aneka filter dan animoji yang lucu.

Jitsi.

Jitsi merpakan layanan yang gratis. Tidak ada paket premium atau berbayar yang ditawarkan oleh Jitsi.

Meskipun gratis, fitur Jitsi terbilang cukup lengkap seperti screen sharing, mengedit dokumen bersama dengan menggunakan Etherpad, bertukar pesan selama meeting, dan jumlah peserta yang hampir tak terbatas.

Bahkan, Jitsi juga bisa kamu hubungkan dengan layanan live YouTube yang bisa diakses oleh siapa pun yang kamu inginkan. Bisa kamu gunakan selama work from home nih, Cukup menarik ya guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here