terakurat.comjenis-diet– Bagi seorang wanita, menjaga penampilan adalah hal yang sangat penting. Menjadi langsing akan menambah rasa percaya diri mereka. Karena itu banyak wanita yang mati-matian menjalankan program diet. Diet bukan hanya bagus untuk kecantikan saja tapi juga bagus untuk kesehatan.

Diet OCD ( Obsessive Corbuzier’s Diet ).

Diluncurkan sekitar tahun 2013, diet OCD merupakan hasil pengalaman pribadi dari seniman ilusi dan sulap, Deddy Corbuzier. Dalam waktu beberapa bulan, Deddy sanggup membentuk tubuhnya makin berotot. Ia juga merasa tubuhnya lebih bugar dan tampak awet muda.

Jenis diet OCD ini terinspirasi dari pertemuannya dengan seorang pria di Cina yang masih tampak segar dan kuat meski menapaki usia ke 70 tahun. Rahasianya adalah “puasa” yang hanya minum air putih saja.

Dalam Diet OCD, pelaku diet hanya diperbolehkan makan selama 4,6, atau 8 jam sesuai pilihannya. Kemudian, di luar jam–jam tersebut, para pelaku hanya diperbolehkan minum air putih. Tidak seperti diet yang lain, dalam Diet OCD pelaku bebas mengonsumsi makanan apa pun favoritnya. Namun, setelah rentang waktu habis, ia hanya boleh minum air. Mudah, kan?

Paleo Diet.

Jenis diet Paleo atau juga dikenal dengan nama diet manusia purba (caveman diet) adalah metode diet yang mengadaptasi kebiasaan makan nenek moyang pada zaman dulu. Diet ini mengikuti kebiasaan diet orang-orang pada masa Paleolitik (sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu).

Tujuan dari diet ini adalah mengembalikan kebiasaan makan manusia seperti manusia zaman dulu. Paleo diet yakin bahwa tubuh manusia lebih cocok dimasuki dengan diet seperti orang-orang zaman dulu (yang mengonsumsi makanan dari hasil berburu dan mengumpulkan) dibandingkan dengan diet modern, di mana terjadi perubahan pada sistem pertanian yang lebih canggih.

Baca juga  Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Obat Tradisional

Dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan yang menyehatkan, seperti buah dan sayuran, serta menghindari makanan olahan dan kemasan, tentu kamu akan lebih sehat setelah menjalani paleo diet.

Diet paleo lebih menekankan ke seluruh makanan tetapi melarang biji-bijian dan susu.

Intermittent Fasting.

Intermittent fasting atau lebih dikenal diet puasa adalah metode diet yang membuat siklus tubuh kamu berada di antara periode puasa dan makan.

Diet puasa  tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau apa yang harus dikonsumsi, namun lebih mengatur kapan kamu makan dan kapan harus berhenti makan alias “puasa”. Biasanya metode ini menganjurkan untuk puasa makan selama 16 jam, namun waktunya dapat kamu tentukan sendiri.

Pada umumnya, metode ini hanya menentukan dalam seminggu, kapan saja waktu untuk berpuasa. Yang dimaksud puasa di sini hanyalah puasa makan saja, namun kamu masih boleh minum. Selama periode berpuasa, kamu diharuskan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit  sekali atau tidak makan sama sekali.

Dengan demikian, ini dapat dilihat lebih kepada pengaturan pola makan daripada diet.

The Zone Diet.

Zone diet atau lebih dikenal zona diet adalah diet yang memanfaatkan perbandingan rasio asupan makanan setiap harinya 40% Karbohidrat, 30% Protein dan 30% Lemak. Rasio perbandingan ini harus diterapkan baik untuk asupan makanan maupun camilan.

Sehingga dengan rasio asupan yang seimbang, tubuh tetap dapat menghasilkan energi dari asupan karbohidrat seimbang dan lemak pun tetap terbakar.

Tipsnya adalah kamu dapat membagi piring kamu menjadi 3 bagian. Dimana 1/3 bagian piring diisi dengan makanan tinggi protein rendah lemak seperti ayam, ikan, keju rendah lemak, tahu, atau potongan tipis daging sapi. Sedangkan 2/3 bagian piring dapat diisi dengan sumber karbohidrat rendah glisemik seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca juga  Karang Gigi yang Perlu Diwaspadai!

Jenis diet ini mengarahkan pada gaya hidup sehat dengan kembali mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan meninggalkan makanan cepat saji.

The Ultra Low Fat Diet.

Ultra low fat diet atau lebih dikenal dengan diet ultra rendah lemak adalah diet yang membatasi asupan lemak dan seringkali juga lemak jenuh dan kolesterol. Diet ultra rendah lemak dimaksudkan untuk mengurangi terjadinya kondisi seperti penyakit jantung dan obesitas.

namun diet ultra rendah lemak bukanlah metode diet makan yang baik untuk jangka panjang. 80% dari rencana diet terdiri dari makan karbohidrat, dan hanya 10% yang dicadangkan untuk protein. Satu-satunya poin bagus dari program diet ini adalah menggunakannya untuk tujuan jangka pendek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here