Tahukah kamu bahwa Indonesia mempunyai 34 provinsi, dan di antaranya adalah provinsi Jawa Timur, dan tahukah kalian apa saja kebudayaan yang terdapat di Jawa Timur?
Berikut iniadalah pembahasan mengenai kebudayaan Jawa Timur.

Jawa timur adalah sebuah provinsi yang letaknya berada di paling timur pulau jawa. Jawa timur beribukota di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 kmĀ² dan jumlah penduduknya 38,85 juta (2015).

Jawa timur juga dikenal sebagai pusat Kawasan Timur indonesia dan memiliki perekonomian yang cukup tinggi yaitu berkontribusi sekitar 13,85% terhadap Produk Domestik Nasional.

Kebudayaan Jawa Timur Diantaranya :

Ludruk

Salah satu kesenian khas jawa timur yang umumnya di pentaskan oleh kaum laki-laki. Berbeda dengan ketoprak yang menceritakan tentang kehidupan Istana.

Ludruk sendiri menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dan seringkali diselingi dengan humor-humor dan kritik sosial.

Sebelum dimulainya pertunjukan tersebut biasanya diawali dengan tari Remo dan Parikan. Kesenian ini tersebar di daerah Surabaya, Jombang dan Mojokerto.

Akan tetapi keberadaan Ludruk sendiri sekarang mulai terancam seiring dengan perkembangan zaman.

Reog Ponorogo

Berikut ini adalah pembahasan mengenai kebudayaan Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, Reog Ponorogo berasal dari daerah ponorogo dan telah menjadi salah satu cirikhas Jawa Timur. Kesenian Reog ini telah dipatenkan sejak tahu 2001 meskipun sempat diklaim reog ini berasal dari Malaysia.

Dalam pertunjukannya biasanya Reog Ponorogo ibi disertai musik-musik tradisional dan juga mempertunjukan aksi Kuda lumping yang mengandung unsur-unsur Ghaib.

Wayang Kulit

Wayang kulit adalah kesenian tradisional yang artinya berasal dari Kat Ma Hyang yang berarti menuju Yang Maha Esa.

Dalam pertunjukannya wayang kulit dimainkan oleh dalang yang juga sebagai narator cerita dan di iringi musik gamelan dan nyanyian dari pesinden.

Baca juga  Negara Dengan Populasi Penduduk Terpadat di Dunia

Secara umum, cerita wayang kulit di ambil dari naskah ramayana dan Mahabharat, namun bisa juga di ambil dari naskah Panji.

Tari Remong

Tari remong adalah seni tari yang berasal dari Jawa timur, lebih tepatnya dari kabupaten Jombang. Tari Remong melambangkan jiwa kepahlawanan dan biasanya tarian ini dipertunjukan saat pembuka pertunjukan ludruk atau penyambutan tamu-tamu kenegaraan.

Tari Remong ini seberarnya menggambarkan tentang perjuangan seorang pangeran dalam medan laga, akan tetapi dalam perkembangannya tarian ini menjadi lebih jarang dijadikan oleh perempuan.

Jaranan Buto

Jaranan Bruto berasal dari Banyuangi, tarian ini memiliki arti Kuda lumping raksasa, kata “Buto” yang berarti raksasa. Pada umumnya tarian ini biasanya dimaninkan oleh 26 sampai 20 orang pria.

Para penari bermake up tebal dan sangat menyeramkan, konon katanya karena jaranan Buto diambil dari menak jinggo, sosok berwajah raksasa.
Gerakan tarian ini terbilang ekstrim karena ada akting bertengkar bahkan kadang ada salah seorang penarinya kesurupan.

Musik Gamelan


Musik tradisional jawa timur ini hampirsama dengan musik gamelan jawa tengah, seperti pada tangga nada yang digunakan yaitu berlaras Pelog dan Slendro.

Musik gamelan saat inisering digunakan untuk mengiringi berbagai macam acara seperti pagelaran wayang kulit, tarian-tarian, upacara sekaten, perkawinan, dan bahkan upacara kenegaraan.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here