terakurat.com– Untuk meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya adalah mengkonsumsi buah dan sayur. Berikut ini adalah beberapa buah yang bisa menunjang sistem kekebalan tubuh agar tetap prima:

1. Apel.

Tentu sudah nggak asing atau bahkan sering mengonsumsi buah satu ini. Apel ternyata juga bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh loh guys. Hal tersebut disebabkan karena, Apel memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, bahwa antioksidan berperan untuk menangkal radikal bebas.

Bukan hanya itu saja, antioksidan juga bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah jatuh sakit. Kandungan di dalam apel kaya akan vitamin, seperti vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan B12.

2. Jeruk.

Jeruk mempunyai banyak jenis, seperti jeruk lemon, jeruk bali, jeruk nipis dan masih banyak lagi. Ternyata semua jenis jeruk ini sangat baik untuk dikonsumsi. Jeruk mengandung banyak Vitamin C dan flavanoid. Buah jeruk juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Pepaya.

Banyak orang mengonsumsi pepaya pada saat mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit. Siapa sangka kalau buah yang satu ini juga bisa membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pepaya mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang bisa melawan berbagai virus penyakit.

4. Kiwi.

Sama seperti buah jeruk dan pepaya, kiwi juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Hal tersebut tentu juga sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, kiwi juga dikenal sebagai buah tinggi serat yang bisa mengurangi risiko sembelit.

5. Delima.

Delima merupakan buah yang mengandung antioksi dan polifenol serta bersifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut bisa membantu menurunkan tekanan darah dan juga membantu mengobati pilek. Dengan mengonsumsinya secara rutin, buah delima dapat mencegah serangan flu pada tubuh.

Baca juga  Cara Menjaga Kesehatan Jantung

6. Berry.

Buah-buahan berry seperti Strawberry dan blueberry kaya akan vitamin C dan bioflavonoid, fitokimia dapat berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Misalnya saja, satu cangkir stroberi mengandung sebanyak 100 mg Vitamin C yang hampir sama dengan secangkir jus jeruk.

Buah blueberry sangat kaya akan bioflavonoid. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang optimal, makanlah semangkuk buah berry lebih dari satu jenis atau kamu bisa mix bersama oat.

7. Jambu Biji.

Jambu biji kaya akan sumber vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat memberikan perlindungan alami terhadap infeksi dan penyakit. Satu buah jambu memberikan dua kali lipat jumlah asupan harian vitamin C. Bahkan dua kali lipat dari jumlah yang dimiliki buah jeruk. Vitamin C membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

8. Mangga.

Mangga merupakan sumber nutrisi penambah kekebalan tubuh yang baik. Mengandung vitamin A yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Satu cangkir juice mangga memberikan sekitar seperempat dari target harian untuk vitamin A.

Selain itu, jumlah mangga yang sama juga memiliki hampir tiga perempat dari kebutuhan vitamin C harian. Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B, yang dapat membantu kekebalan tubuh. Jika tidak mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi ini dapat menyebabkan kerentanan yang lebih besar terhadap infeksi.

9. Semangka.

Bukan cuma menyegarkan saja, semangka juga punya banyak antioksidan yang disebut glutathione. Kandungan ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan infeksi dan virus. Likopen yang memberi warna merah pada daging buah semangka juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi peradangan pada pernapasan, yang dapat membantu mencegah infeksi.

Baca juga  Multiple Sclerosis, Gejala dan Perawatannya!

Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi, likopen dan vitamin C. Dan juga sebagai antioksidan, likopen juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak loh guys. Dapat menunda onset dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Mulai sekarang perbanyak konsumsi buah-buahan yang sehat ini ya guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here