Terakurat.com – Cara Membersihkan Jamur – Tanpa kamu sadari, udara yang kita hirup sehari-hari mengandung air dengan tingkat konsentrasi air yang berbeda-beda. Udara dengan tingkat konsentrasi yang tinggi disebut udara lembab yang mana udara lembab merupakan tempat favorit untuk jamur tumbuh, bisa pada permukaan kayu, tembok, dan termasuk kulit.

Tentu, tumbuhnya jamur pada tas kulit kesayangan kamu tidak akan mudah begitu saja, butuh proses waktu panjang tegantung tingkat kelembaban udara yang ada disekitar ruangan. Apalagi jika tas kamu berdasarkan bahan baku kulit yang premium, tentu kualitas juga akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses tumbuhnya jamur.

Ketika menangani bahan kulit, selalu tes produk pembersih yang akan digunakan dalam area keci dan selalu ikuti petunjuk pemakaiannya. Berikut ini cara membersihkan jamur pada tas berbahan dasar kulit:

1. Bersihkan dengan spon mencuci piring atau sikat halus

Umumnya, tas kulit yang telah berjamur ditandai dengan munculnya bercak bercak keputihan menyebar di seluruh bagian tas. Gunakan sikat yang lembut atau spon untuk mencuci piring namun pada bagian yang kasar gunakan untuk membersihkan bercak tersebut. Bersihkan di dalam rumah sehingga spora jamur tidak kembali mengenai dinding. Gosok dengan sikat atau spon tersebut hingga bersih.

2. Gunakan larutan cuka

Setelah tas kulit di bersihkan dengan sikat atau spon cuci piring, lap dengan dengan kain yang di celup pada larutan cuka. Campurkan cairan cuka dapur dengan air dengan perbandingan kurang lebih 3:1 cuka dan air. Setelah campuran cuka tersebut jadi, celupkan lap kain yang bersih kemudian peras lap hingga lembab. Gunakan lap lembab tersebut untuk membersihkan bagian tas kulit yang berjamur. Bersihkan hingga tas terlihat bersih. Jangan lupa setelah selesai di bersihkan dengan larutan cuka, keringkan dengan menggunakan lap kain yang kering.

3. Poles dengan pelembab khusus untuk tas kulit

Setelah tas kulit kering dan bersih, langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah memoles tas tersebut dengan pelembab khusus tas kulit. Sangat di sarankan agar kamu menggunakan pelembab yang berbahan dasar alami sehingga tidak merusak substrat tas kulit dan membuat tas kulit tetap lembab. Larutan cuka pada dasarnya cukup riskan jika mengenai tas kulit secara langsung. Oleh karena itu, untuk menjaga tekstur dan kelenturan tas kulit kamu poleslah tas kulit tersebut dengan berbahan alami setelah membersihkan tas.

Baca juga  Menjaga Daya Tahan Tubuh Ketika Tidak Sahur!

Cara menghilangkan jamur pada tas kulit akan semakin komplit dengan perawatan yang tepat. Berikut ini perawatan tas kulit agar jamur tidak kembali menempel pada tas kulitmu:

Simpan tas kulit dalam dust bag atau di di dalam kotak yang telah di beri silica gel. Jangan menyimpan tas kulit pada ruangan tertutup dan lembab. Hal ini akan menyebabkan tumbuh kembang jamur dengan cepat.

Langsung bersihkan tas kulit jika kotor. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama hingga akhirnya mengeras.

Sebelum bepergian terutama ketika keluar rumah sebaiknya gunakan pelembab tas kulit terlebih dahulu selain itu jauhkan tas kulit dari cipratan air.

Jika kamu memiliki koleksi tas kulit yang disimpan, sebaiknya seminggu sekali keluarkan tas kulit dari tempat penyimpananya.

Lakukan perawatan dengan semir tas kulit secara teratur untuk menjaga agar tas kulit tetap cerah dan menarik warnanya.

Cara Membersihkan Jamur Pada Baju

Baju berbahan dasar kulit memang tidak pernah ketinggalan zaman. Banyak orang mengoleksi baju atau pakaian berbahan dasar kulit dikarenakan sisi klasik yang tersimpan pada item fashion tersebut. Meskipun model fashion selalu berinovasi, namun baju berbahan dasar kulit seperti jaket kulit tidak akan membuat kamu tampak kuno.

Memiliki pakaian berbahan dasar kulit tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Jamur merupakan masalah yang kerap membuat pakaian kulit kamu mudah rusak. Nah, berikut ini cara untuk membersihkan jamur yang sudah terlanjut melekat pada pakaian kulit kamu.

1. Menggunakan cuka putih

Cara membersihkan jamur pada pakaian yang pertama bisa menggunakan cuka putih. Cuka putih efektif membasmi bintik-bintik pada baju berjamur. Selain itu, cuka putih juga aman digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Caranya juga mudah, kamu cukup mencampurkan sedikit cuka dan air dingin dengan takaran sebanding. Kemudian usapkan larutan ke bintik-bintik jamur dengan kain atau sikat gigi bekas bersih. Diamkan, kemudian cuci dengan air bersuhu tertinggi yang dianjurkan.

Baca juga  Rekomendasi Situs Download Ebook Gratis dan Legal

Kamu juga bisa merendam baju semalaman dalam larutan cuka dan air (segelas cuka untuk seember air) jika jamur sudah menyebar luas. Selanjutnya, kamu pun tinggal mencucinya seperti biasa. Ingat, jangan pernah mencampur cuka putih dan pemutih cucian ya karena bisa menghasilkan gas beracun.

2. Menggunakan lemon dan garam

Kamu juga bisa menggunakan lemon dan garam untuk membersihkan jamur pada pakaian. Kombinasi dua bahan alami ini dijamin aman dan tidak akan merusak serat kulit pakaian kamu. Caranya juga cukup mudah, kamu cukup peras air lemon dan campurkan 1-2 sdm garam ke dalam air lemon tersebut. Setelah itu, larutkan campuran lemon dan garam ini ke dalam air hangat. Rendam pakaian yang ternoda, kemudian jemur ke dalam larutan air lemon dan garam.

Setelah 30 menit, angkat pakaian dan cek apakah nodanya masih atau atau berhasil dihilangkan. Kalau noda jamurnya masih belum hilang, tuangkan deterjen cair ke bagian yang ternoda jamur dan gosok dengan sikat gigi bekas. Kemudian, lanjutkan ke proses mencuci pakaian agar nodanya benar-benar hilang sempurna. Selain untuk membersihkan noda jamur, lemon dan garam ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lem di baju.

3. Menggunakan baking soda

Penggunaan baking soda untuk membersihkan jamur pada pakaian tidak perlu dipertanyakan lagi. Baking soda bahkan memang menjadi salah satu solusi tepat dalam mencuci pakaian dengan noda membandel. Cara membersihkan jamur pada pakian dengan menggunakan baking soda juga cukup muda, kamu cukup membuat baking soda berbentuk seperti pasta dengan mencampurkan air dan baking soda secukupnya. Kemudian, oleskan pasta baking soda ini ke bagian yang ternoda jamur. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok dengan memakai sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas. Terakhir, bilas pakaian dengan air bersih.

4. Menggunakan air panas

Kamu juga bisa menggunakan air panas untuk membersihkan jamur pada pakaian. Cara membersihkan jamur pada pakaian dengan air panas ini efektif dan tentunya mudah diterapkan. Cucilah kain dalam air panas sesegera mungkin untuk menyelamatkan pakaian kamu. Ini dapat menghilangkan jamur lebih efisien dan cepat daripada menggunakan air dingin. Selain itu, hal ini juga membantu menghilangkan alergen dan spora jamur. Namun, kamu harus memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kualitas pakaian kamu.

Baca juga  Tips Mudah Menggabungkan Vidio Secara Online Tanpa Aplikasi

5. Menggunakan boraks

Boraks merupakan mineral yang ampuh melawan jamur dan bisa dibeli dalam bentuk bubuk. Sebagian detergen juga mengandung boraks. Ikuti petunjuk pemakaian boraks bubuk di kemasannya. Pada umumnya, serbuk boraks ini perlu dicampur dengan air untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini pada noda jamur dengan sikat gigi bekas dan diamkan beberapa jam, kemudian cuci di mesin cuci.

Kamu juga bisa menambahkan campuran air dan boraks langsung ke laci mesin cuci jika mencuci beberapa baju berjamur secara bersamaan. Setelah dicuci, jemur pakaian di bawah sinar matahari yang turut membantu membasmi jamur. Pada musim hujan, gantung dan angin-anginkan pakaian di ruangan dengan sirkulasi udara lancar. Alternatifnya, gunakan mesin pengering cucian jika mungkin. Jauhkan produk pemutih dan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaanya!

Kamu juga bisa mencegah timbulnya jamur pada pakaian berbahan dasar kulit dengan melakukan cara-cara berikut:

  • Jangan biarkan baju lembap menumpuk terlalu lama, misalnya baju olahraga dan cuci bersih dan keringkan segera.
  • Kosongkan mesin cuci segera setelah selesai berputar dan langsung jemur cucian atau masukkan ke mesin pengering.
  • Pada musim hujan, cuci baju sedikit demi sedikit untuk menghindari baju basah yang bertumpuk di jemuran.

Selain baunya yang tidak sedap, baju berjamur juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal pada kulit. Sebaiknya segera hilangkan jamur pada pakaian agar tetap bersih dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here