gigi-keropos– Gigi yang keropos akan rentan rusak terutama saat kamu mengkonsumsi makanan yang keras. Gigi yang keropos sama rentannya dengan gigi berlubang (karies) perbedaannya terletak pada lubang di gigi yang keropos ┬áterbentuk pada lapisan tengah gigi (dentin). Sedangkan karies gigi biasanya terjadi pada lapisan gigi paling luar (enamel).

Lubang dan kerusakan gigi akibat karies bisa terlihat jelas dari luar. Sedangkan, gigi yang keropos mungkin akan tampak baik-baik saja dari luar namun kopong atau keropos di bagian dalam. Pengeroposan ini pada umumnya tidak bisa dilihat dengan mata,  sehingga perlu adanya pemeriksaan oleh dokter gigi.

Gigi yang keropos hanya bisa dilihat dengan rontgen dan bantuan sinar X. Dengan begitu lubang-lubang kecil di lapisan tengah gigi baru bisa terlihat.

Cara Mengatasi Gigi Keropos.

Jika gigi yang keropos hanya bisa dilihat hanya dengan rontgen gigi, maka sebaiknya kita secara rutin melakukan pemeriksaan ke klinik atau dokter gigi setidaknya minimal setiap enam bulan sekali, agar bisa memantau kesehatan gigi dan gusi. Dengan begitu kamu akan mendapatkan solusi, dokter yang memeriksa dan memberikan pengobatan yang tepat untuk gigi anda.

Berikut ini cara memperkuat kondisi gigi sehingga mencegah timbulnya pengeroposan :

  • Mengurangi makanan dan minuman yang terlalu asam atau manis.
  • Menggunakan sedotan ketika minum minuman berkafein atau bersoda.
  • Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan. Permen karet dapat membantu produksi air liur untuk membilas asam yang terbentuk pada mulut setelah makan.
  • Menunggu setidaknya satu jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam sebelum menyikat gigi. Hal ini dapat memberi waktu bagi gigi Anda untuk membangun kandungan mineral kembali.
  • Menyikat gigi dengan benar dan rutin dua kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  • Menyikat gigi secara perlahan dengan jenis sikat gigi berbulu halus.
  • Menggunakan benang gigi (dental floss) dan obat kumur.
  • Banyak minum air putih untuk merangsang produksi air liur.
  • Gigi keropos dapat menyebabkan kerusakan gigi parah, bahkan jadi lebih mudah tanggal atau copot sebelum waktunya. Jangan sepelekan kondisi ini dan segera konsultasikan ke dokter apabila menemui masalah pada gigi Anda.
Baca juga  Apa itu Cefadroxil? Manfaat Obat Cefadroxil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here