Terakurat.com – cara mengembalikan data yang terformat – Sebagai alat media penyimpanan yang praktis dan mudah di gunakan, Flashdisk dapat memudahkan kita untuk menyimpan data serta memindahkan nya antar komputer secara mudah dan singkat.

Namun, sayangnya flashdisk sangat rawan terkena virus maupun masalah lainnya. Sehingga kerap kali kita harus memformatnya. Nah salah satu kealahan yang sering kita lakukan adalah melakukan format tanpa mencadangkan data didalamnya terlebih dahulu. Hasilnya data-data yang berada di dalam flashdisk tersebut akan ikut terhapus dan hilang.

Hal tersebut tentu sangat merugikan, terutama apabila data-datanya sangatlah penting. Nah, jika kamu mengalami hal serupa tersebut berikut ini adalah cara mengembalikan data yang terformat dengan bantuan software.

Cara Mengembalikan Data yang Terformat

EaseUS Data Recovery Wizard

Cara Paling Mudah Mengembalikan Data Yang Terformat di Flashdisk

Cara yang mertama adalah menggunakan bantuan software EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini dapat dengan mudah mengembalikan file yang hilang atau terhapus, baik di Laptop, PC, bahkan perangkat eksternal seperti Flashdik pun dapat kembalikan dengan mudah.

Selain memiliki dua mode scanning yang fleksibel, seperti Quick Scan dan Deep Scan. Software yang satu ini juga memiliki fitur yang memungkin kan penggunanya untuk memilah file dimana saja yang ingin di pulihkan agar tidak file yang tidak perlu tidak ikut di kembalikan.

Tak hanya itu saja, kelebihan lain yang dimiliki poleh software ini adalah mampu memulihkan lebih dari 1000 tipe format file yang meliputi berupa gambar, audio, dokumen, file, email dan lainnya.

Puran File Recovery

Software ini biasanya digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus pada hardisk PC. Namun seiring berkembangnya teknologi Puran File Recovery akhirnya menambahkan fitur lainnya, salah satunya adalah mengembalikan data yang hilang di flashdisk.

Baca juga  Tips Berkendara Aman di Jalan Toll.

Keistimewaan dari aplikasi ini, Puran File Recovery mampu mencari 50 tipe file yang hilang termasuk berupa foto, vidio, audio dan lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga tidak memerlukan penyimpanan yang besar ketika ingin menginstalnya.

Disk Drill

Disk Drill adalah software yang dapat memulihkkan data yang terhapus dengan cukup ampuh. Didalam sofware ini di klaim dapat mengembalikan data yang hilang baik untuk hardisk, flash disk, iPods maupun perangkat penyimpanan lainnya.

Selain itu Disk Drill juga dapat mengembalikan data yang ukurannya lebih dari 500 MB. Uniknya pengguna aplikasi ini dapat melakukan berhenti dan lanjutkan saat mengembalikan data.

Disk Drill juga dapat menyortir data yang ingin anda kembalikan berdasarkan ukuran ataupun tanggal.

Recover my Files

Cara menggembalikan data yang terformat di Flash disk selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan software recover my files. Aplikasi yang diciptakan oleh get data ini dapat digunakan pada perangkat yang berjalan pada Sistem operasi Windows.

Ketika menggunakan program yang satu ini anda akan diberikan dua opsi pencarian yaitu pencarian biasa atau pencarian mendalam.

Pencarian biasa hanya akan mencari file gambar, dokumen, musik, video dan file umum lainnya dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Sedangkan opsi Pencarian mendalam akan mencari jenis file yang lebih banyak lagi. Mulai dari database hingga font-font yang terhapus.

Opsi pencarian mendalam ini juga dapat memakan waktu yang cukup lama daripada biasanya.

File yang berhasil ditemukan akan ditampilkan dalam bentuk directory tree. Untuk beberapa jenis file anda dapat melihat contoh gambarnya yang berada di kolom sebelah kiri.

Recuva

Recuva adalah software recovery yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows 7 dan di Atasnya. Platform yang dikembangkan oleh Piriform ini tersedia dalam 2 versi yaitu, versi gratis dan berbayar.

Baca juga  Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami, Cepat Dan Aman

Versi berbayarnya kamu cukup membayar sebesar $34.95 saja kamu sudah dapat menikmati fitur-fitur yang lebih lengkap.

Ketika awal kali dibuka, aplikasi ini akan membimbing penggunanya dalam proses recovery. Pengguna akan ditanya mengenai file atau penyimpanan mana yang ingin dicari dan sebagainya.

Setelah itu aplikasi ini akan langsung mencari file yang kita inginkan tadi.

Jika proses pencariannya telah selesai, recuva akan menampilkan hasilnya dengan sangat detail. Hanya engan mengeklik salah saru file tersebut untuk melihat berbagai informasinya.

Jika file tersebut berjenis JPG maka anda juga dapat menampilkannya dalam bentuk thumbnail untuk memudahkan pencarian

Baca Juga : Gemar Fotografi? Ketahui Perbedaan antara SLR dan DSLR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here