Terakurat – Cara Mudah Menggunakan Kahoot – Dijaman serba Internet seperti sekarang ini, kegiatan belajar sudah tidak lagi membosankan. Pasalnya sudah ada Kahoot sebagai platform berbasiskan game interaktif sehingga proses pembelajaran di kelas bisa menjadi lebih menyenangkan.

Tak hanya sebagai sarana belajar saja, platform ini juga sangat cocok untuk mengadakan kuis trivia saat berkumpul bersama teman ataupun sekedar mengisi waktu luang.

Lantas, bagaimna cara Kahoot bekerja? Singkatnya, platform ini memunkinkan kamu untuk menampilkan serangkaian soal pada layar protektor melalui laptop. Kemudian siapapun yang ingin berpartisipasi hanyalah perlu memasukan kode PIN pada aplikasi Kahoot yang tersedia untuk Android dan iOS.

Setelah itu, soal akan mucul di masing-masing ponsel kontestan dan harus mengisikan jawaban yang benar pada layar ponsel. Sangat menarik bukan? Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam lagi tetang platform yang satu ini, maka simak ulasannya hingga selesai!

Cara Mudah Menggunakan Kahoot, Aplikasi Belajar yang Seru

Jika kamu ingin menggunakan platform yang satu ini, maka kamu hanyalah memerlukan koneksi internet, layar yang besar dan perangkat Android maupun iOS.

Pertama, kunjungi halaman Kahoot pada browser. Ketikan https://kahoot.com/ pada alamat web lalu tekan enter.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Selanjutnya, klik tombol Sign Up yang berada di pojok kanan atas.

Setelahnya akan ada empat pilihan tipe akun sesuai dengan identitas diri anda dengan keterangan sebagai berikut.

  • Teacher: tipe akun sepereti ini, cocok jika kamu adalah sebuah pengajar pada institusi pendidikan seperti sekolah ataupun universitas.
  • Student: buat kamu yang ingin mengadakan belajar bersama dengan teman-teman atau untuk kepentingan presentasi kelompok di kelas.
  • Personal: kamu juga bisa memilih untuk tidak mengafiliasia diri kamu dengan status guru, murid ataupun pegawai. Akun seperti ini khusus buat kamu yang tidak memiliki tujuan khusus seperti tipe-tipe akun lainnya.
  • Professional: jika kamu akan mengadakan town hall meeting atau rapat keseluruhan. Maka bermain Kahoot akan memancing antusiasme rekan kerja anda. Cara yang satu ini juga termasuk cara yang sehat untuk memberikan insentif pada karyawan yang berhasil memenangkan permainan.
Baca juga  Menghapus Cache di Android Hingga Bersih Dengan CC Cleaner

Klik pada salah satu akun yang di inginkan, nantinya kamu akan dimintai keterangan tempat kamu bekerja, mengajar atau bersekolah.

Pada tutorial ini, kami akan menggunakan akun personal.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Masukan tangggal, bulan dan tahun lahir pada format isian yang tersedia, setelah itu klik Continue.

Setelahnya, akan muncul sebuah halaman yang akan meminta kamu untuk mengisikan data nama pengguna atau username. Jika tidak mau repot-repot memikirkan nama, klik saja tongkat sihir untuk membuat nama secara acak. Setelah itu klik Continue jika sudah.

Pada halaman selanjutnya, masukan data email dan kata sandi untuk mendaftarkan akun. Kamu juga dapat memilih daftar memakai akun Google atau akun Microsoft untuk proses yang lebih cepat.

Berikutnya kamu akan disediakan empat paket harga seperti Basic yang bisa kamu dapatkan secara gratis dan bisa menampung pemain hingga 10 orang. Lalu ada paket Plus dengan batas maksimal pemain sebanyak 20 orang. Untuk paket plus kamu perlu membayar $48 setiap tahunnya atau setara dengan 700-ribuan pertahun.

Membuat sebuah game

Setelah kamu berhasil membuat game, kamu akan dialihkan ke halaman dashboard yang akan menampilkan berbagai informasi dan pilihan menu. Disini kamu bisa mengupgrade layanan akun, melihat progres permainan apa saja yang sudah pernah dimainkan, menjelajahi pilihan game teratas dan sebagainya.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Kamu bisa mengklik See hot it Works untuk berpartisipasi dalam permainan demo. Namun jika ingin langsung membuat game, klik pada tombol Create Kahoot.

Jika tidak ingin membuat pertannyaan jawaban dari awal, kamu juga bisa memilih salah satu dari pilihan template yang ada. Jika kamu lebih suka membuat game dari nol, lalu pilih Create.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Nah, gambar di atas merupakan antarmuka untuk memasukan informasi seputar game seperti pertanyaan, jawaban, poin dan lain-lain. Berikut ini adalah penjabaran dari masing-masing elemen di atas.

  1. Kolom ini adalah sebuah placeholder untuk pertanyaan yang akan ditampilkan pada game yang kamu pilih. Tuliskan pertanyaan kuis kamu di sini.
  2. Kamu juga bisa mengatur batas waktu untuk menjawab pertanyaan ini. Pilihannya terdiri dari 5 detik, 10 detik 20 detik hingga 120 detik.
  3. Masing-masin soal yang telah berhasil di jawab akan menambah poin, pada bagian ini kamu bisa menggeser slidernya ke kiri untuk 0 poin atau ke kanan untuk 2000 poin. Secara default, satu soal akan memberikan 1000 poin jika berhasil dijawab dengan benar.
  4. Answer Options merupakan opsi yang mengatur apakan pemain hanya bisa memilih satu jawaban atau lebih dari satu jawaban.
  5. Pada bagian ini, kamu bisa memasang gambar baik itu hanya sekedar ilustrasi ataupun berupa petunjuk. Setelah itu, klik image library untuk memilih foto yang disediakan oleh Kahoot atau pilih upload image untuk memasangkan foto yang kamu miliki.
  6. Masukan minimal dua jawaban dan pilihan jawaban yang benar dengan meklik di dalam lingkaran. Kamu juga bisa membuat soal ini agar memiliki lebih dari satu jawaban yang benar. Pilihan jawaban juga tidak harus berbentuk tulisan, kamu bisa menggantinya dengan gambar.
  7. Klik tombol Add question untuk menambahkan soal-soal berikutnya.
  8. Jika kamu kehabisan ide, kamu juga bisa mengklik Question bank dan mengambil beragam pertanyaan yang telah disediakan oleh pengguna kahoot lainnya.
Baca juga  Manfaat OneDrive for Business yang Cocok Untuk Pebisnis

Setelah kamu sudah menambahkan pertanyaan-pertanyaan khusus beserta pengaturannya, lalu klik Done untuk menyudahi proses pembuatan game.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Lalu masukan judul dan deksripsi permainan di kolom yang tersedia, dan klik Continue jika sudah.

Cara menjadi Host

Setelah kamu berhasil membuat game Kahoot dan sudah bisa memainkannya. Nah, untuk memainkan permainan yang baru saja kamu buat, klik Play Now.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Terdapat dua pilihan yakni Host dan Challenge. Pilihan Challenge berguna jika kamu ingin orang lain memainkannya secara sendiri-sendiri. Untuk memainkannya secara beramai-ramai bersama teman maka pilih lah menu Host.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Selanjutnya tampilan layar akan menajadi seperti di atas, saatnya kamu menghubungkan laptop ke proyektor agar keseluruhan pemain di dalam ruangan bisa melihat Pin game dengan jelas.

Menjadi Pemain Kahoot

Setelah seorang Host menampilkan Pin Game di layar, seorang pemain bisa memasukan PIN tersebut pada sebuah perangkat. Kamu bisa menggunakan Laptop, Ponsel ataupun tablet dan ketikan http://www.kahoot.it/ pada address bar dan tekan enter.

Selanjutnya, browser akan menampilkan kolom untuk di isikan Game PIN. Ketikan game PIN yang tertera pada layar host lalu tekan enter untuk memulai permainan.

Masukan nickname pada kolom yang tersedia jika diminta. Beberapa kasus tertent hanya memungkinkan pemain untuk memilih nama secara acak, hal tersebut tergantung dari peraturan host sebelum memulai permainan. Jika sudah klik OK, GO!

Lalu lihat pada layar Host, apakah nama pemain sudah terlihat pada layar? Jika semua murid atau anggota rapat sudah bergabung semua, maka host bisa menekan tombol start untuk memulai permainan.

Menjawab pertanyaan

Setelah permainan sudah di mulai, pemain harus sigap melihat pertanyaan yang terpampan pada layar host. Pertanyaan bisa dijawab dengan sistem pilihan ganda dan tergantung pada peraturan bermain, kamu mungkin hanya bisa memilih satu jawaban ataupun lebih dari satu jawaban.

Baca juga  Aplikasi Kamera Iphone Terbaik dan Terpopuler yang Wajib Kamu Coba
Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Pertanyaan dan jawaban hanya akan terpampang pada layar, itulah mengapa host harus menjamin bahwa layar protektor atau TV yang digunakan bisa dilihat oleh semua peserta. Pada contoh soal ini, jawaban yang benar adalah A princess, atau bentuk persegi dengan latar belakang hijau.

Cara Mudah Menggunakan Kahoot

Oleh karena itu, pilihlah simbol dan warna yang sesuai dengan hawaban yang menurut kamu benar. Pilihlah simbol kotak dengan latar belakang hijau.

Sekarang kamu bisa tahu cara menjawab pertanyaan bukan? Berusalah untuk menjawab semua pertanyaan dengan benar, nantinya nama dari tiga orang peserta yang memiliki skor tertinggi akan di tampilkan di akhir permainan.

Nah, itulah Cara Mudah Menggunakan Kahoot, mulai dari cara menjadi host, dan juga cara menjawabnya sebagai pemain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here