terakurat.comrasa-takut– Bersikap waspada dan mengupayakan diri agar tidak terpapar Covid-19 yang sedang merajarela memang tidak salah. Namun, merasa cemas berlebihan karena virus corona justru tidak baik bagi kesehatan. Terutama bagi kesehatan mental seseorang.

Wabah virus corona yang menerpa dunia termasuk Indonesia memang menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Rasa cemas yang ditimbulkan oleh beberapa individu, lambat-laun memengaruhi individu lainnya. Bahkan bisa berakhir menjadi bentuk panik yang cenderung tidak bisa dikendalikan.

Saat rasa khawatir muncul berlebih, hal ini bisa terlihat dari tindakan membeli bahan pokok dalam jumlah besar, menimbun masker, atau pun persediaan medis lain. Kondisi itu disebut sebagai panic buying. Terjadi karena individu atau kelompok merasa terancam oleh suatu keadaan darurat. Dalam kasus ini, terpapar virus corona.

Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa takut dan cemas ditengah Pandemi Corona:

Main dengan Hewan Peliharaan.

lifestyle.okezone.com

Melihat tingkah hewan peliharaan di rumah akan meningkatkan mood kalian. Tingkah lucu dan menggemaskan mereka ini dapat seperti kondisi saat ini bisa membuat kalian lebih bahagia.

Buat kalian yang tidak miliki hewan peliharaan juga jangan khawatir. Duduk di teras rumah sambil berjemur di pagi hari juga menyenangkan, apalagi bisa menikmati suasana. Sehingga akan membuatmu yakin jika dunia ini masih tetap hidup dan wabah ini akan berakhir.

Dengarkan Instrumen Musik Menenangkan.

halosehat.com

Situs website do nothing for 2 minutes bisa membuat kalian merasakan rileks selama 2 menit. Dalam situs ini kalian akan disuguhkan suara ombak layaknya di pantai agar membuat pikiran kalian rileks.

Selain itu kalian akan diminta untuk berdiam, tidak melakukan apapun. Suara ombak dalam situs ini akan membuat kalian merasa rileks dan tenang. Cobalah!.

Baca juga  Aplikasi Pemotong Lagu Di Android Yang Sangat Mudah Untuk Digunakan

Memulai hobi baru.

pustakaguru.com

Mungkin adakalanya kamu bosan melakukan movie marathon beberapa film di Netflix selama berjam-jam sambil menikmati cemilan. Alih-alih meneruskan kegiatan tersebut, mulailah hobi baru dengan keluargamu yang dapat membantumu dalam menghilangkan stres.

Kamu bisa mencoba hal-hal seperti merajut, merenda, memasak, atau bahkan yoga. Jika terpaut jarak, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut sambil video call/ bertatap muka.

Buat Jadwal di setiap harinya.

wordpress.com

Akui saja selama masa karantina pasti sangat mudah bukan untuk jatuh ke dalam rutinitas yang tidak sehat secara terus-menerus. Dimulai dari kegiatan rebahan yang tak menentu hingga menunda-nunda pekerjaan yang justru akan menambah kecemasan selama pandemik berlangsung.

Untuk itu tetapkanlah jadwal untuk setiap harinya dan jangan lupa agar menyisipkan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga

Kalian Tidak Sendiri.

kompas.com

Rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 terjadi, adalah kondisi yang wajar. Kalian bisa mengungkapkan perasaan kalian untuk menghindari stres berlebihan.

Dalam situasi ini ingatlah jika kalian tidak sendiri. Yakinkan pada diri bahwa bisa menghadapi wabah ini. Berpikir positif dan coba hentikan membaca headline berita yang bisa membuat kalian merasakan rasa cemas dan takut yang berlebihan.

Kalian bisa mencari sumber terpercaya yang bisa mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19 terjadi. Bahkan berita tentang semangat sembuh seorang penderita positif corona covid-19 bisa memberi dorongan semangat mengatasi rasa cemas dan takut saat pandemi virus corona covid-19.

Merawat diri itu penting.

diadona.id

Merawat diri atau self love adalah cara terbaik bagi kamu untuk mengurangi stres. Itulah mengapa penting untuk mendorong diri sendiri, pasangan, atau anakmu untuk melakukan hal-hal yang dapat memanjakan diri sendiri.

Baca juga  Menjaga Daya Tahan Tubuh Ketika Tidak Sahur!

Bisa bisa melakukan self love dengan membaca buku, mengatur atau membersihkan ruang yang berantakan, mandi dengan lilin aromatheraphy dan suara-suara yang menenangkan, atau hanya mengambil beberapa saat untuk beristirahat dengan mendengarkan musik bersama keluarga.

Sesuatu yang sederhana seperti melakukan masker wajah pun cukup untuk meredakan kecemasan yang berlebihan, jadi temukan hal yang dapat membuatmu tenang ya,

Coba Teleterapi.

undertheradarblog.com

Jika kamu atau keluarga mengalami kecemasan yang cukup parah, cobalah untuk melakukan teleterapi yang tersedia 24/7 menggunakan media online, face time, dan bahkan aplikasi seperti halodoc atau gomed untuk berkomunikasi dengan dokter selama epidemi covid-19.

Melatih Mindfulness Diri Sendiri.

woop.id

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah melatih mindfulness (perhatian) pada diri sendiri dengan teknik meditasi.

Dilansir laman Very Well Mind, meditasi ini akan membantu seseorang fokus pada emosi, pikiran, dan sensasi dari dalam dirinya.

Teknik meditasi mindfulness dapat dimulai dari mengatur pola bernapas, mencari tempat tenang dan nyaman, serta pusatkan pikiran.

Untuk teknik meditasi ini sendiri dilakukan ketika seseorang masih berada pada tingkat kecemasan rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here