Cocok Untuk Anak Muda, Ini Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula

cekaja

Kaum millenials saat ini sedang dalam usia produktif yang berusia antara 20 hingga 30 tahun-an. Dengan banyaknya kegiatan, mereka juga perlu mencukupkan berbagai kebutuhan. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang peduli dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan atau investasi reksa dana dan lainnya. Hal ini penting, mengingat kita tak hanya perlu menyimpan uang dalam bentuk tunai yang nilainya bisa saja terinflasi, namun investasi juga diperlukan untuk menambahkan nilai uang, aset dan harta berharga lainnya di masa depan.

Meskipun begitu, keinginan ini terkadang terhambat karena belum mengetahui cara investasi reksadana yang benar. Sehingga kebiasaan untuk menunda-nunda berinvestasi kerap menghampiri. Padahal, investasi reksadana adalah salah satu yang paling mudah yang bisa dipilih para anak muda yang tak mau ribet. Untuk itu, anda harus mengetahui cara mudah investasi reksa dana untuk pemula.

Kenali Reksa Dana Lebih Dalam

Reksa dana adalah salah satu instrumen keuangan yang tersedia di pasar modal. Kumpulan dana yang diberikan investor dalam bentuk reksa dana akan dihimpun dan diinvestasikan dalam berbagai kebutuhan modal.

Saat ini, regulasi untuk ikut serta dalam kegiatan investasi di pasar modal makin dipermudah Pemerintah untuk meningkatkan jumlah investor lokal. Untuk reksa dana sendiri, dana minimum untuk berinvestasi bisa dimulai di angka minimum Rp 50 ribu saja.

Jika dibandingkan dengan saham, investasi reksa dana untuk pemula memang memiliki resiko lebih rendah dan mudah untuk dijalani. Sebab proses penginvestasian dana dibantu oleh perusahaan manajemen investasi (MI) yang berpengalaman. Sehingga pemilihan jenis investasi, mengambil keputusan-keputusan investasi, memonitor pasar investasi, dan melakukan tindakan-tindakan yang dibutuhkan untuk kepentingan investor dilakukan sepenuhnya oleh manajer investasi.

Baca juga  BB Cream Terbaik

Ada beberapa cara untuk menginvestasikan dana yang anda miliki ke dalam bentuk reksa dana, di antaranya:

Pilih Jenis Reksa Dana

Ada beberapa jenis reksa dana yang perlu anda ketahui serta pahami. Di antaranya reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, reksa dana terproteksi, reksa dana saham, dan reksa dana campuran. Berbagai jenis reksa dana ini memiliki ciri khas dan peluang keuntungan yang sedikit berbeda. Jika anda bingung memilihnya, pihak perusahaan MI akan membantu anda berkonsultasi.

Baca juga: Ternyata Meraup Cuan Investasi Reksa Dana Bisa Dimulai dengan Nyuci Baju Sendiri

Sesuaikan Nominal dan Jangka Waktu Investasi

Langkah pertama, anda harus memutuskan terlebih dulu berapa besaran dana yang akan anda investasikan dalam bentuk reksa dana. Kegiatan investasi reksa dana untuk pemula biasanya menyarankan untuk mencoba dengan nominal yang sesuai kemampuan. Sehingga tak perlu memaksakan nominal yang terlalu tinggi.

Selain itu, pilih lah jangka waktu investasi. Sebab anda mungkin hanya ingin mencoba dalam waktu yang pendek untuk melihat hasilnya terlebih dulu. Pilihan ini dibuat setelah anda mengukur seberapa berani anda merelakan dana ini untuk reksa dana yang nilainya fluktuatif alias bisa untung, bisa pula rugi. Masa investasi yang tersedia mulai dari kurang dari setahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, hingga lebih dari 5 tahun.

Daftar ke Perusahaan Manajemen Investasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang memiliki hak dalam setiap transaksi selama dana anda diinvestasikan. Maka dari itu, anda harus mendaftarkan diri terlebih dulu ke perusahaan MI sebagai calon investor di instrumen keuangan reksa dana. Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan menyertakan dokumen tambahan lainnya.

Baca juga  Camera Mirrorless Terbaik.

Buat Kesepakatan dan Nikmati Keuntungan

Jika anda sudah menjalankan tiga langkah di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat kesepakatan untuk menginvestasikan dana dengan perusahaan MI. Jangan lupa untuk memahami biaya-biaya lain dalam setiap transaksi jual beli reksa dana yang dilakukan oleh perusahaan MI, agar anda tidak merasa dicurangi karena pemotongan nilai. Dalam jangka waktu investasi yang telah ditentukan, maka anda akan mendapat return keuntungan hingga 10 persen.

https://www.cekaja.com/investasi/news/129940-kiat-investasi-reksa-dana-untuk-pemula.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: