Terakurat.com – Alat Musik Tradisional Indonesia – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak suku dengan masing-masingnya memiliki kebudayaan serta ciri khasnya masing-masing tak terkecuali alat musik tradisionalnya. Namun, siapa sangka ternya ada beragam alat musik Indonesia yang ternyata mendunia.

Nah, berikut ini alat musik tradisional Indonesia yang tak hanya terkenal di tanah air saja, melainkan hingga mancanegara.

Angklung

Angklung merupakan salah satu alam musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung sendiri terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara di goyankan. Alat musik tradisional yang satu ini juga sudah mendunia dengan berhasil memukau penonton di Perancis dan juga di Amerika. Selain itu, angklung juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan Indonesia.

Saluang

Saluang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat. Saluang sendiri sangatlah mirip dengan suling, namun lebih sederhana karena hanya memiliki empat lubang yang berurutan.

Konon pada jaman dahulu, pemain saluan dikatakan memiliki mantra yang mampu menghipnotis para penontonnya.

Aramba

Alat musik tradisional indonesia yang satu ini berasal dari daerah utara sumatera, tepatnya di Pulau Nias. Jenis bunyi yang dihasilkannya pun adalah ideofon. Aramba dimainkan dengan cara di pukul menggunakan alat pukulnya sendiri, sama halnya seperti Gong yang berasal dari Jawa.

Gambus

Gambus adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Riau. Alat musik ini identik sekali dengan adat Melayu yang tentunya sangatlah kental dengan nuansa budaya arab. Gambus ini dimainkan dengan cara memetik senar-senarnya untuk menghasilkan bunyi jenis Kordofon.

Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional khas tanah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik tradisional yang satu ini terbuat dari daun lontar. Berbentuk seperti harpa dan memainkannya dengan cara dipetik sepertihalnya gitar. Sasando ini sudah terkenal semenjak adanya konser WOW pada tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful of Indonesia.

Baca juga  Tambang Emas Terbesar di Dunia, Salah Satunya Berada di Indonesia

Tifa

Alat musik tradisional khas Maluku dan Papua ini berbentuk seperti kendang, namun lebih mirip berbentuk tube. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara di pukul. Selain itu, tifa juga kerap kali dihiasi oleh ukiran-ukiran khas papua dan maluku. Tifa sendiri mulai dikenal semenjak banyak turis yang mendatang ke Maluku dan Papua dengan membawa tifa sebagai oleh-oleh.

Gamelan

Gamelan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari tanah Jawa. Alat musik yang satu ini ternyata juga digemari oleh musisi dunia. Hal yang harus kamu tahu bahwa, gamerlan ternyata juga diajarkan dan masuk kedalam kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan New Zealand.

Kendang

Kendang merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang bersal dari Sunda, namun ada juga yang mengatakan bahwa kendang berasal dari Jawa Timur. Alat musik yang satu ini kerap kali kita jumpai pada acara-acara tarian tradisional, musik jazz dan kontemporer. Di Amerika Serikat sudah banyak para musisi yang menggunakan gendang sebagai alat musik pengiring.

Gendang

Diantara alat musik tradisional Indonesia lainnya, mungkin gendanglah yang paling Indonesia. Pasalnya, alat musik yang satu ini memiliki beragam varian di Indonesia. Seperti halnya gendang yang berasal dari Yogyakarta, pastinya akan berbeda dengan gendang jenis lainnya yang berasal dari Banten atau Melayu. Gendang ini dimainkan dengan cara di pukul, sama halnya seperti kendang.

Kacapi

Alat musik tradisional Indonesia selanjutnya adalah Kecapi. Kecapi berasal dari daerah Sulawesi Barat. Cara memainkan kecapi adalah dengan cara dipetik agar mengeluarkan bunyi kordofon.

Kolintang

Kolintang adalah barisan gong kecil yang ditempakan mendatar. Alat musik yang satu ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik kolintang ini dimainkan dengan diiringi oleh gong dan drum. Kolintang sendiri juga telah lama dimainkan di negara-negara melayu seperti halnya Malaysia dan Filipina.

Baca juga  Rekomendasi Pembersih Wajah Pria Terbaik, Wajah Cerah dan Hindari Jerawat

Bonang

Bonang adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia. Bonang ini berasal dari daerah Jawa Timur. Cara memainkannya adalah dengan dipukul agar menghasilkan bunyi ideofon. Alat musik ini hampir selalu ada pada setiap acara-acara besar adat Jawa.

Panting

Panting merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan. Panting merupakan alat musik khas adat setempat, yakni Suku Banjar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik bagian senarnya untuk menghasilkan bunyi kordofon.

Gong

Gong merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Secara ukuran, Gong tergolong alat musik yang cukup besar.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan alat pukul yang telah didesain secara khusus. Dengan dipukul, maka Gong akan menghasilkan suara membranofon.

Genggong

Masih dari Sumatera Selatan, alat musik tradisional lainnya adalah Genggong. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup, mirip dengan harmonika. Dahulu, Genggong berguna sebagai pelipur kebosanan para petani ketika sedang beristirahat.

Rebab

Selain Gong, rebab juga merupakan alat musik tradisional yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Bentuk alat musik satu ini mirip busur panah.

Sebagai alat musik khas adat Sunda, memang ada nuansa oriental yang kental pada Rebab, yakni cara memainkannya yang digesek, menyerupai biola.

Tebangan

Alat musik tradisional satu ini berasal dari Sumatera Selatan, terutama daerah dengan pengaruh Melayu yang kuat. Bentuk alat musik Tebangan sangat menyerupai rebana. Cara memainkannya-pun sama persis, yakni dengan dipukul.

Gendang Melayu

Alat musik tradisional indonesia selanjutnya adalah Gendang Melayu. Gendang Melayu berasal dari kawasan Kepulauan Bangka Belitung yang tentu saja memang kental akan adat Melayu. Cara memainkannya adalah dengan dipukul untuk mengeluarkan suara membranofon. Gendang Melayu merupakan komponen penting dalam musik marawis.

Baca juga  Makanan Khas Semarang yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Kompang

Alat musik tradisional selanjutnya adalah Kompang. Kompang adalah alat musik yang berasal dari daerah Lampung. Alat musik yang terbuat dari kulit kambing atau kayu ini dimainkan dengan cara dipukul.

Jengglong

Jengglong adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Sekilas, memang bentuk Jengglong sangat menyerupai Gong. Hanya memang Jengglong lebih kecil secara ukuran. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan batang pemukul khusus.

Itulah beberapa alat musik tradisional asli indonesia yang sudah mendunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here