Pernahkah kamu mendengar tentang penyakit difteri? Difteri adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena bakteri. Difteri biasanya menyerang penderitanya pada bagian selaput lendir yang terdapat di hidung. Bahkan, difteri juga berpengaruh terhadap kulit. Dengan demikian, difteri dikategorikan sebagai salah satu penyakit yang menular. Tindakan harus dilakukan agar tidak mengancam jiwa para penderitanya.

Difetri Adalah Penyakit Yang Menular? Apa Saja Gejala Difteri?

Penjelasan Mengenai Difteri dan Penularannya

Difteri adalah salah satu penyakit yang menimbulkan beberapa gejala. Berikut beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita difteri.

  1. Suara menjadi serak dan tenggorokan akan terasa sakit
  2. Napas menjadi sesak
  3. Kelenjar limfa pada bagian leher akan menjadi membesar
  4. Adanya ingus di bagian hidung. Pada awalnya, ingus di hidung akan terasa cair. Kemudian ingus tersebut menjadi mengental. Akhirnya, ingus yang kental tersebut lama-lama bisa menjadi berdarah.
  5. Tubuh akan terasa lemas dan lelah

Ketika kamu menemukan teman atau saudara yang telah mengalami gejala tersebut, terlebih lagi pada anak-anak, segera bawa ke dokter untuk melakukan tes diagnosa. Hal ini disebabkan penyakit difteri memang sangat menular. Penyakit ini bisa menular baik dari kulit maupun dari udara. Bagaimana proses penularan difteri?

Proses Penularan Difteri

Karena difteri terjadi karena infeksi bakteri, maka penyebarannya pun dengan mudah terjadi melalui bakteri tersebut. Pertama, barang-barang milik penderita difteri hendaknya tidak dipakai oleh orang lain. Hal tersebut dikarenakan barang-barang tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri difteri sehingga bisa menularkan penyakit.

Berikutnya, bersentuhan langsung pada penderita difteri yang mengalami bisul juga memicu terjadinya penularan. Oleh karena itu, jika penderita difteri berada di lingkungan yang padat dan kebersihannya kurang terjaga akan cepat menyebar. Difteri juga bisa menyebar karena batuk dari penderitanya. Oleh karena itu, penyakit ini memang harus benar-benar dihindari.

Baca juga  Tempat Ini Menjual Masker Harga Normal.

Penanganan penyakit difteri biasanya dilakukan di rumah sakit. Dokter akan melakukan isolasi pada penderita difteri. Penderita difteri akan diberikan antibiotik untuk membunuh kuman serta bakteri penyebab penyakit difteri.

Siapa saja pasti tidak ingin mengalami penyakit ini bukan? Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan sekitar dan segera periksa ke dokter jika mengalami gejala di atas.

Baca Juga : 5 Gejala Skoliosis Yang Harus Kamu Waspadai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here