Inilah Informasi Seputar Disleksia

Disleksia

Apakah kamu pernah mendengar salah satu istilah disleksia dalam pembelajaran? Jika belum, maka informasi berikut ini  bisa menjadi sumber utama untuk kamu pelajari. Di bawah ini telah tersedia informasi mengenai gangguan tersebut.

Informasi yang telah dirangkum berikut ini akan membahasnya dari berbagai sudut pandang.

Pengertian disleksia

Disleksia

Disleksia merupakan suatu gangguan belajar yang mempengaruhi penderitanya untuk sulit dalam membaca, menulis maupun mengeja karena berhubungan dengan abjad. Bagi orang yang menderita gangguan ini, sudah bisa dipastikan bahwa ia akan mengalami kesulitan belajar serta kesulitan dalam membaca. Bagi orang-orang dengan gangguan ini, huruf dalam suatu kata bisa terlihat seperti menari-nari.

Gangguan belajar ini umumnya dialami oleh anak-anak dan memang rentan menyerangnya. Ia merupakan gangguan yang tidak bisa hilang selamanya, namun bisa diatasi. Maksudnya adalah, orang dengan gangguan ini tidak ada hubungannya dengan kualitas kecerdasan otak. Faktanya, anak-anak yang disleksia ditemukan dengan keadaan yang sangat baik dan nilainya pun menakjubkan.

Gejala

Hampir sama dengan gangguan lainnya, gangguan belajar ini juga memiliki gejala. Bagi anak-anak, hal ini ditunjukkan dengan adanya kelambatan dalam proses belajar. Ia juga tidak mengalami peningkatan dalam tulisan. Jika masih bayi, maka ia akan kesulitan menangkap orang yang didengarnya serta suara-suara yang ia dengarkan.

Anak juga akan mengalami ejaan yang tertukar ketika membaca. Kata Ibu mungkin bisa dibaca menjadi ubi karena gangguan ini. Ia juga akan mengalami kesulitan memahami dan memproses apa yang telah diajarkan.

Seorang penderita disleksia juga akan mengalami keterlambatan belajar seperti menggambar, menulis tidak rapi serta akan lamban dalam belajar abjad.

Penanganan

Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter atau psikolog, sebaiknya terlebih dahulu pahami gejala-gejala yang muncul pada anak. Jika memang dirasa demikian, maka perlu mengunjungi psikolog atau dokter untuk menanganinya.

Baca juga  Penyakit Gastritis Adalah Penyakit Apa Ya? Yuk Cari Tahu Disini!

Dokter akan lebih dulu melakukan diagnosis. Dan jika sesuai, maka akan diberikan anjuran pengobatan yang sesuai.

Karena ini bukanlah penyakit medis, maka perawatan seperti terapi lebih dibutuhkan. Bagi penderita, menjadi fokus dan mudah mencerna materi memanglah sangat bermanfaat. Jika kamu merasa kamu atau orang di sekelilingmu tidak bisa membaca, maka bisa dipastikan dia mengidap disleksia.

 

Baca Juga : 8 Fungsi Ginjal Untuk Tubuhmu Yang Harus Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *