Cerita Tentang Kejujuran Sebagai Motivasi dan Edukasi Pada Anak

cerita tentang kejujuran

Cerita Tentang Kejujuran Sebagai Motivasi Untuk Anak

Pentingnya pendidikan karakter dan moral yang ditanamkan pada anak sejak dini. salah satu penunjang pendidikan karakter adalah cerita tentang kejujuran melalui media, seperti cerita atau dongeng.

cerita tentang kejujuran

Sebenarnya banyak sekali upaya yang bisa di lakukan oleh para orang tua untuk mengajarkan anaknya mengenai nilai kejujuran mulai dari nasihat hingga penerapan contoh prilaku terpuji dalam keseharian.

Karena kejujuran merupakan suatu hal yang perlu di latih, di ajarkan dan dibiasakan, dan oleh sebab itu salah satu cara yang bisa di lakukan oleh para orang tua adalah dengan memulainya melalu edukasi cerita tentang kejujuran.

Cerita Atau Dongeng sebagai sarana motivasi Anak

Cerita tentang kejujuran merupakan sebuah sarana yang tepat untuk mengedukasi Anak dan sangat efektif untuk menanamkan nilai moral dan budaya.

Sebuah riset yang di lakukan oleh peneliti, Lee dan Tawar mengungkapan dalam studinya dalam mempromosikan perilaku moral seperti cerita tentang kejujuran dan nilai kejujuran yang ada pada suatu cerita menekankan hasil positif dari kejujuran daripada konsekuensi negatif dari ketidakjujuran.

Lantas seperti apa cerita kejujuran yang baik untuk di ceritakan pada anak ?

Baca juga tentang Kasih Sayang Ibu

Seperti yang di lansir pada sebuah jurnal dari Association for Psychological Science. 

Pada penelitianya merujuk pada temuan yang menunjukkan bahwa cerita seperti “Anak yang Menyerang Serigala” dan “Pinokio”

Mungkin bukan cerita peringatan yang efektif yang mengacu pada perilaku jujur yang mengilhami anak – anak.

Atau dengan kata lain sebuah cerita moral mengenai cerita tentang kejujuran yang sifatnya lebih memuji kejujuran karakter lebih efektif dibandingkan cerita yang menekankan dampak negatif dari kebohongan.

Baca juga  Kasih Sayang Ibu Sepanjang Masa, Ini Dia Bukti Keistimewaannya

Mengantarkan Dongeng sebelum tidur pada Anak Merupakan cara Efektif untuk mengedukasi anak

Dalam waktu mengasuh dan mendidik anak, mengantarkan dongeng sebelum tidur pada anak juga merupakan sebuah cara yang efektif untuk menanamkan nilai moral kepada anak.

sebuah cerita tentang kejujuran yang di hantarkan sebelum tidur kepada anak juga bisa menjadi semacam relaksasi untuk mereka sebelum tidur,

Karena dalam kondisi seperti ini, fikiran anak akan lebih tenang.

dengan fikiran yang kosong maka pesan atau cerita tersebut akan mudah di terima dan bisa mengisi “alam pikiran” melalui nilai – nilai yang positif.

Oleh sebab itu para orang tua bisa membiasakan ritual membacakan sebuah dongeng yang menarik terutama cerita tentang kejujuran pada anak.

Baca juga artikel Kecerdasan Emosional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *