terakurat.comfilm-kartun– Mendidik anak-anak memiliki karakter positif bisa dilakukan melalui berbagai cara. Terkadang orangtua juga memiliki media tersendiri untuk memberikan gambaran berperilaku yang baik agar bisa diterapkan oleh anaknya.

Film bisa menjadi salah satu media yang cukup untuk diberikan. Biasanya melalui film, si Kecil bisa melihat berbagai visual gambar yang menarik sekaligus mendapatkan berbagai pesan positif dari tontonannya.

Pentingnya Mamakai Media Sebagai Alat Untuk Mendidik Anak.

Anak biasanya akan lebih menyerap informasi jika menyukai hiburan yang mereka tonton. Tentu saja hal ini membuat Anda harus lebih pintar – pintar memilih tayangan. Untuk keperluan ini Anda tidak boleh terjebak hanya karena bentuk yang kartun.

Tidak semua hiburan dalam bentuk animasi cocok untuk anak. Ada banyak banyak film kartun dengan rating bimbingan orang tua. Tentu saja, film rating bimbingan orang tua lebih cocok untuk anak yang menjelang remaja, tapi jika anak masih dibawah 10 tahun, resiko yang ditimbulkan dari tayangan ini lebih besar. Jika disaksikan tanpa ada bimbingan dari orang tua, bisa saja si anak mengambil nilai yang salah dari tayangan tersebut.

Misalnya saja pada tayangan super hero, walaupun cocok untuk anak – anak, aksi dalam tayangan ini bisa memberikan dampak negatif untuk anak yang usianya masih terlalu dini. Karena itu, lebih baik ada bimbingan orang tua saat sedang menyaksikan film kartun seperti ini.

How To Train Your Dragon.

tribunnews.com

Film ini berceritakan mengenai kisah seorang remaja bernama Hiccup yang memiliki calon penerus tahta kepemimpinan.

Dalam kepemimpinaannya, Hiccup cukup dilema karena dirinya bersahabatan dengan seekor naga bernama Toothless. Padahal penduduk yang dipimpinnya sangat membenci naga dan selalu berkeinginan dalam berperang dengan naga.

Dilema yang terjadi pada Hiccup untuk selalu memercayai kata hatinya dan mencari cara yang tepat untuk memenangkan hati para penduduk.Beberapa pesan moral yang terdapat di film How To Train Your Dragon, seperti:

  • Belajar untuk mendengarkan kata hati sendiri.
  • Selalu membutuhkan kehadiran orang lain yang bisa dipercaya untuk bertukar pikiran.
  • Berusaha untuk berjuang dan berani dalam mengejar mimpi.

Inside Out.

celebrity.okezone.com

Inside Out termasuk salah satu film yang cukup digemari anak-anak karena memiliki cerita menarik. Film ini menggambarkan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak manusia bernama Riley.

Baca juga  Pemeran Drama Korea Love's Emergency Landing!

Gadis kecil berusia 11 tahun ini menghadapi kegelisahan karena dirinya harus ikut pindah ke San Francisco mengikuti kepindahan kerja dari sang Ayah. Saat pindah bersama ayahnya, Riley perlu menyesuaikan diri dengan suasana baru. Mulai dari lingkungan rumah baru, sekolah baru hingga teman-teman barunya.

Kondisi inilah yang membuat Riley merasakan beragam emosi di dalam dirinya seperti bahagia, sedih, marah, takut hingga perasaan jijik bercampur menjadi satu. Kelima perasaan ini digambarkan hidup dan memiliki markas yang berpusat pada pikiran Riley. Beberapa pesan moral yang terdapat di film Inside Out, seperti:

  • Memperkenalkan jenis-jenis perasaan kepada anak.
  • Memberikan arahan dalam mengelola emosi yang baik agar tetap terkendali.
  • Belajar menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

Zootopia.

youtube.com

Zootopia termasuk film kartun anak-anak yang menceritakan mengenai seekor kelinci bernama Judy Hoppps yang masuk akademi kepolisian di Zootopia Police Department (ZPD).

Berbeda dengan teman-temannya Judy seperti seekor badan dan macan yang cocok untuk masuk akademi kepolisian, Judy dianggap lemah karena bertubuh mungkin. Judy pun selalu hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir.

Selain lucu, Zootopia yang ditonton oleh anak-anak memberikan pesan mendidik seperti berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain dan selalu percaya dengan kemampuan sendiri.

Coco.

provoke-online.com

Coco termasuk film animasi yang identik sebagai hiburan keluarga apalagi diperankan oleh anak-anak. Film ini menceritakan tentang seseorang anak laki-laki bernama Miguel, dirinya digambarkan sebagai anak yang mencintai musik.

Namun, sayangnya Miguel tumbuh di keluarga yang sangat membenci musik dan percaya bahwa musik adalah sebuah kutukan. Dalam film ini, Miguel berjuang mempertahankan mimpinya hingga berpetualangan ke dunia orang yang sudah mati.

Coco bukan hanya film animasi yang menggambarkan kelucuan atau keceriaan saja, namun tersimpan pesan moral tersembunyi. Beberapa pesan moral yang terdapat di film Coco, seperti:

  • Mengingatkan mengenai kejujuran pada anak.
  • Belajar menghibur diri sendiri dan orang lain untuk menghilangkan suasana duka.
  • Semakin memperkenalkan bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga.
  • Mengajarkan untuk meraih mimpi dan cita-cita. Setiap mimpi layak untuk diperjuangkan.

The Good Dinosaur.

yayomg.com

Film The Good Dinosaur menceritakan tentang persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus. Dinoasurus bernama Arlo ini harus menempuh perjalanan panjang yang mengharuskan dirinya lebih berani.

Baca juga  Pesona Cho Eun Jung, Tahlukan So Ji Sub!

Namun, Arlo tidak sendiri dalam menempuh perjalanannya karena ada anak manusia yang ikut membantu. Beberapa pesan moral yang terdapat di film The Good Dinosaur, seperti:

  • Belajar mengelola rasa takut.
  • Memberikan gambaran mengenai sahabat sejati.
  • Menanamkan tanggung jawab kepada anak-anak.
  • Memberikan pemahaman bahwa keluarga adalah segalanya.
  • Sabar menanti karena semua akan indah pada waktunya.
  • Membantu anak-anak menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya ke orang lain.

Kung Fu Panda.

kitareview.com

Kung Fu Panda termasuk salah satu film yang menggemaskan. Dibalik kelucuan dari Po, dirinya memiliki kekuatan yang luar biasa. Po digambarkan tidak hanya memiliki kekuatan fisik saja, namun memiliki impian serta kemauan untuk bekerja keras agar bisa menjadi sosok yang luar biasa.

Film ini menanamka pelajaran untuk terus mengejar cita-cita tanpa memikirkan perkataan orang lain.

Cars.

youtube.com

Film Cars yang menceritakan berbagai karakter mobil cukup disenangi oleh anak-anak. Dalam dalam film ini akan menceritakan mengenai persahabatan serta perselisihan antar karakter mobil-mobil.

Jika diperhatikan, ada adegan yang cukup menyentuh yaitu saat McQueen berusaha mengerem dan menghampiri The King lalu mendorongnya hingga ke garis finish. Padahal di kesempatan tersebut McQueen bisa saja tidak perlu membantu The King, sehingga dirinya bisa berkesempatan untuk menjadi juara.

Dalam film ini memberikan pembelajaran bahwa kemenangan bukanlah segalanya. Perlu disadari bahwa ada hal yang lebih berharga daripada sekadar kemenangan.

Sama seperti film animasi lainnya, film Cars memiliki pesan moral tersendiri. Salah satunya untuk tidak selalu bergantung dengan orang lain. Berusahalah yakin dengan kemampuan diri sendiri. Selain itu anak mama akan belajar kalau saat memiliki keinginan atau impian luar biasa, ada baiknya selalu berjuang untuk mendapatkannya.

Up.

mindis.id

Film kartun anak yang mendidik ini sudah terkenal karena dalam 10 menit tayang saja sudah membuat penontonnya menangis. Dalam film ini diceritakan seorang anak perempuan dan laki – laki yang menyukai satu sama lain ingin berpetualang bersama. Tapi karena berbagai kesibukan dan masalah, uang yang ditabung untuk perjalanan akhirnya selalu terpakai. Saat pasangan ini tua dan salah satunya sudah meninggal, anak laki – laki tersebut sudah menjadi kakek – kakek.

Cerita ini baru dimulai setelah kakek ini berniat melakukan petualangan sendiri untuk memenuhi impian bersama pasangan yang tidak tercapai. Dalam perjalanan ini, si kakek yang penggerutu berinteraksi dengan anak kecil, burung langka, anjung yang bisa berbicara dan menjadi orang yang lebih baik.

Baca juga  Yaongyi, Creator Webtoon Cantik Yang Mirip Tokoh Utama!

Dari synopsis ini, Anda tentu bisa melihat berapa banyak nilai moral yang bisa diajarkan. Mulai dari seberapa pentingnya menabung, bagaimana menghadapi sikap menghadapi masalah, tidak mudah menyerah dalam meraih cita – cita dan tentunya berempati pada orang lain untuk menjadi lebih ramah.

Toy Story.

geekfeed.com

Toy Story adalah film yang sudah lama ada tapi tetap menjadi favorit banyak orang. Ceritanya adalah seputar mainan yang hidup jika tidak ada manusia yang melihatnya. Moral dalam cerita ini tentu bisa digunakan untuk membuat anak Anda mengerti pentingnya merawat mainan.

Dalam cerita ini, banyak kejadian lucu dan juga menghibur yang tentunya membuat anak suka. Tapi dari interaksi mainan yang ada pada film ini, anak Anda juga makin tahu bagaimana mainan perlu dirawat dan tidak boleh diperlakukan semena – mena. Kartun mendidik ini dapat dipastikan mempermudah Anda menjelaskan pentingnya merawat barang yang dimiliki.

Summer Wars.

allabout-japan.com

Film yang satu ini bisa dibilang sangat cocok untuk hiburan anak. Pilihan warna dan juga visualnya menggabungkan 3D dan 2D jadinya pasti terlihat berbeda. Selain menghibur film ini juga mendidik. Sebagai film kartun anak yang mendidik, Summer Wars menceritakan tentang keluarga besar yang berkumpul untuk menghadapi serangan virus berbahaya di dunia maya.

Tentu saja setting dari film ini over the top, tapi hal inilah yang membuatnya mengasyikan bagi anak. Moral dari cerita ini adalah kebersamaan, rasa percaya dan juga pentingnya menghargai orang tua. Setiap anggota keluarga memiliki cerita dan personalitas sendiri yang menonjol. Hal ini tentunya membuat cerita lebih menarik.

Moral lain yang bisa dipelajari adalah tentang penggunaan teknologi. Jika ingin memiliki sisi positif, teknologi harus digunakan dengan optimal tapi jangan sampai bergantung. Anak yang sekarang mulai sering ada di depan HP terus, tentu bisa mendapatkan pelajaran dari film ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here