terakurat.comfilm-tentang-konspirasi– Konspirasi selalu jadi bahan perbincangan yang menarik karena bahasan yang satu ini nggak akan pernah kehabisan materi maupun pengikut. Sensasi ketakutan bahwa dunia yang kita tinggali tidak seperti apa yang terlihat membuat banyak orang suka membicarakan mengenai konspirasi yang mungkin terjaid di dunia ini. Konspirasi juga ternyata beberapa kali diangkat sebagai tema film-film Hollywood dan berhasil membuat orang-orang yang menontonnya menjadi paranoid.

Berikut ini Film-Film Konspirasi yang seru untuk kamu jadikan tontonan saat dirumah:

Traitor.

Samir Horn harus menghidupi dirinya sebagai penjual senjata ilegal. Karena profesinya itu, ia akhirnya harus mendekam di penjara, situasi yang membuatnya berkenalan dengan sesama tahanan kasus terorisme. Keluar dari penjara, Horn terus menjalin hubungan dengan komplotan itu dan merancang plot untuk menghancurkan properti AS. Namun dalam perenungannya, Horn merasa aksinya itu tidak benar, sadar, dan akhirnya melaporkannya secara tersembunyi kepada FBI. Traitor menggambarkan kalau teroris dapat dimanfaatkan membantu menumpas teroris Iain.

The Conspirator.

Semua orang tahu kalau John Wilkes Booth yang telah menembak dan membunuh Presiden Abraham Lincoln. Namun, kebanyakan orang tampaknya tidak menyadari fakta kalau ada konspirasi yang lebih besar di belakangnya.

Pada malam yang sama, dua teman Booth mencoba membunuh Wakil Presiden Andrew Johnson dan Sekretaris Negara William Seward untuk mengosongkan kursi kepemimpinan di pihak Union. Hanya Booth yang berhasil tetapi dia kemudian terbunuh ketika tentara menemukannya sedang bersembunyi di gudang.

The Conspirator berfokus pada Mary Surratt (Robin Wright), wanita yang mengelola kos tempat para konspirator bertemu dan tinggal. Surrat sendiri dihukum oleh pengadilan militer sebagai anggota konspirasi, menjadikannya wanita pertama yang dieksekusi oleh Pemerintah Federal Amerika.

Baca juga  Fakta Menarik Drama Korea 'Let Me Her Your Song'.

Sayangnya sang sutradara, Robert Redford, lebih memilih drama daripada akurasi sejarah dalam film ini. Jadi walau sarat akan teori konspirasi, The Conspirator tidak bisa dijadikan patokan untuk peristiwa yang sebenarnya.

The Insider.

Film garapan Michael Mann pada tahun 1999, The Insider menceritakan kisah nyata tentang paparan dari seorang pelapor tentang industri tembakau. Russell Crowe memainkan sosok pelapor ini, Jeffrey Wigand, sementara Al Pacino berperan sebagai pembuat film dokumenter yang merekam kisah tersebut.

Wigand sendiri bekerja sebagai ahli kimia untuk sebuah perusahaan tembakau dan meneliti produksi rokok dengan kadar tembakau yang lebih rendah. Dia mengklaim bahwa, sementara perusahaan mengurangi jumlah nikotin, mereka juga menambahkan bahan kimia lain seperti amonia untuk meningkatkan efek nikotin.

Sebagai hasil dari investigasinya, Wigand diancam oleh atasannya dan bahkan menerima ancaman pembunuhan. Film ini diterima dengan sangat baik oleh para kritikus, bahkan dinominasikan untuk 7 Academy Awards.

JFK.

Ada banyak film tentang kematian John F. Kennedy yang jumlahnnya hampir sama dengan teori konspirasi tentang siapa yang membunuhnya. Sejauh ini yang terbaik adalah buatan Oliver Stone, JFK. Stone sendiri menggambarkan filmnya sebagai “kontra mitos” yang menolak versi dari Komisi Warren tentang siapa yang telah membunuh presiden.

JFK menunjukkan bahwa jauh dari assassin yang bertindak sendiri, pembunuhan JFK telah difasilitasi dan diatur oleh CIA. Pengacara Distrik New Orleans, Jim Garrison, yang diperankan oleh Kevin Costner, menyarankan kalau ada 3 penembak dan 6 tembakan berbeda dari Grassy Knoll.

Film ini tidak diterima dengan baik oleh para kritikus meskipun publik menyukainya. Bahkan Stone sendiri sangat dikritik, di mana sebuah op-ed di The Washington Post memanggilnya “seseorang yang memiliki keterampilan teknis, sedikit pendidikan, dan nurani yang dapat diabaikan.”

Baca juga  Lima Pemain di Film James Bond 25 (2019).

The Manchurian Candidate.

Perang Dingin di tahun 1950-an telah menciptakan atmosfer saling curiga dalam hubungan internasional, di mana organisasi rahasia dari setiap negara memata-matai musuh dan sekutu mereka. The Manchurian Candidate karya John Frankenheim yang dirilis pada tahun 1962 menyimpulkan suasana ini.

Film ini dibintangi oleh Frank Sinatra dan Laurence Harvey sebagai tentara yang ditangkap dalam Perang Korea, lalu menjadi sasaran pencucian otak melalui hipnosis. Sementara Harvey kembali ke keluarganya, Sinatra mulai memiliki mimpi-mimpi aneh.

Menyadari kalau ia telah ditanamkan dengan ingatan palsu, Sinatra khawatir Harvey telah dicuci otak sebagai seorang pembunuh dan sedang dimanipulasi untuk menembak calon presiden.

The Manchurian Candidate sangat merujuk pada situasi internasional yang tidak nyaman dan ketidakpercayaan terhadap organisasi rahasia yang didukung pemerintah. Film ini bahkan mengisyaratkan bahwa pemerintah asing dapat menyebarkan pengaruh yang tidak semestinya dalam urusan negara lain dengan menyebarkan disinformasi.

Da Vinci Code.

Bagaimana jika sebuah catatan sejarah penuh teka-teki, pertanyaan dan melibatkan konspirasi pemuka agama? Da Vinci Code adalah film terbaik untuk mengungkapkannya.

Seorang Profesor bernama Robert Langdon dari Universitas Harvard dimintai bantuan untuk memecahkan sebuah misteri pembunuhan seorang kurator terkenal tersebut. Semua petunjuk mengarah pada tanda-tanda yang tertinggal di jasa tubuh korban.

Selanjutnya, Robert berusaha menyibak misteri-misteri seperti lukisan Mona Lisa bahkan hingga melibatkan pihak Gereja. Bahkan penggila teori-teori konspirasi kemudian melibatkan film ini terhubunga dengan konspirasi iluminati. Salah satu film konspirasi terbaik di masanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here