Penyebab Flu Singapura dan Cara Mengobatinya

Flu Singapura merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dan biasanya menular.

Pada umumnya, penyakit ini dikenal juga dengan nama penyakit Kaki, Tangan dan Mulut. Meskipun pada umumnya menyerang anak-anak, namun bisa juga menyerang orang dewasa.  Baca juga tentang cefadroxil.

Orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan mengalami hal-hal seperti terjadinya bintil-bintil air, dan luka di sekitar kaki, tangan, dan mulut. Baca juga tentang obat sariawan.

Namun terkadang bintil-bintil tersebut muncul di bagian lain seperti siku, lutut bahkan lipatan paha.

Sebelum menjelaskan penyebab flu, perlu diketahui bahwa masa inkubasi flu ini adalah seminggu.

Dalam waktu ini, gejala belum muncul namun telah terjadi demam, sakit tenggorokan, ruam merah, sakit perut serta munculnya luka seperti melepuh pada lidah dan gusi.

Penyebab

Penyebab utama dari flu ini merupakan virus yang berasal dari kelompok virus bernama enterovirus A.

Beberapa jenis virus dalam kelompok ini yang bisanya menjadi dalang penyakit flu tersebut adalah virus coxsackie A16, A6, A10 serta enterovirus 71.

Virus-virus jenis ini paling sering menyebabkan terjadinya Flu Singapura.

Sumber utama penyebaran ini adalah melalui mulut. Virus akan masuk ke dalam sistem pencernaan dan akan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Sedangkan proses penularannya terjadi karena kontak langsung dengan penderitanya seperti melalui cairan hidung, air liur, cairan yang berasal dari luka melepuh serta benda yang telah terkontaminasi.

Upaya pengobatan

Pada umunya, penderita penyakit ini tidak membutuhkan pengobatan. Flu akan hilang dengan sendirinya setelah setidaknya seminggu. Karena disebabkan oleh virus, maka antibiotik tidak mempengaruhi penyakit ini.

Sehingga konsumsi antibiotik tidak akan meredakan flu.

Baca juga  Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Namun ada cara untuk meredakan gejala-gejalanya. Untuk meringankan rasa sakit, gunakanlah paracetamol atau ibuprofen. Dilarang menggunakan aspirin untuk anak di bawah 16 tahun.

Selain itu, istirahat dan banyak minum air dingin sangat dianjurkan untuk mengurangi sakit tenggorokan. Konsumsi makanan halus dan lunak seperti sup.

Makanan pedas dan asam sangat dilarang.

Hal pencegahan merupakan hal yang paling penting. Selalu bersihkan tubuh dan menjaganya dengan baik. penggunaan antiseptic untuk luka maupun kulit sangat penting.

Jika badan bersih, resiko terkena Flu Singapura sangatlah kecil.

Baca juga artikel berikut Sakit Perut Sebelah Kiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here