8 Fungsi Ginjal Untuk Tubuhmu Yang Harus Kamu Tahu

fungsi ginjal

Fungsi ginjal nampaknya perlu mendapat perhatian khusus bagi semua orang. organ yang letaknya di bagian bawah tulang rusuk ini sangat berfungsi bagi manusia. Meskipun manusia dikaruniai ginjal kanan dan kiri dan masih bisa bertahan walaupun dengan satu saja, kita harus tetap menjaganya.

Fungsi ginjal bagi manusia

fungsi ginjal

Beberapa fungsi ginjal adalah sebagai berikut ini :

  1. Menyaring darah

Tugasnya sebagai penyaring darah dan hasil sekresinya dikeluarkan dalam bentuk urine yang merupakan kelebihan cairan dalam tubuh. Urine tadi akan dialirkan melalui ureter dan dibawa ke kandung kemih untuk dikeluarkan sebagai air seni.

  1. Menyaring dan membuang racun

Kelebihan zat garam, urea dan juga racun saat terjadi metabolisme di tubuh nantinya akan dibuang melalui bantuan ginjal. Tanpa ginjal, bisa kamu bayangkan betapa banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.

  1. Memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh

Semakin sedikit kamu mengkonsumsi air setiap harinya, semakin berat kerja ginjalmu. Karena ginjal bereaksi dengan perubahan level air yang ada dalam tubuhmu dan merupakan kunci dalam pengeluaran urine.

  1. Mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah

Ginjal akan bekerja menyaring darah dengan tekanan yang stabil dengan memproduksi enzim renin.

  1. Mengatur sel darah merah

Ginjal akan mengeluarkan hormon untuk memberikan rangsangan ke sungsum tulang agar sel darah merah dapat membawa lebih banyak oksigen.

  1. Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah dan cairan tubuh

Ph dibutuhkan oleh tubuh agar tetap dalam keadaan yang seimbang dan normal. Asam yang terdapat di tubuh kita juga dapat dinetralisir oleh makanan yang kita konsumsi.

  1. Menjaga konsentrasi mineral di dalam tubuh seperti natrium, fosfor, kalium.
  2. Menghasilkan vitamin D yang berperan sebagai pendukung kesehatan tulang menyeimbangkan zat kimia di dalam tubuh.
Baca juga  Inilah Informasi Seputar Disleksia

Untuk menjaga organ ginjal agar dapat berfungsi dengan baik, kamu harus selalu menjaga kesehatan seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi. Selain itu, jagalah juga tekanan darah, kolesterol, mengurangi asupan garam yang berlebih. Biasakan untuk mengkonsumsi banyak air putih, sayur dan buah serta menghindari alkohol juga rokok.

Semoga penjelasan tentang fungsi ginjal diatas dapat membuatmu sadar betapa berharganya organ ini. Kamu harus selalu menjaganya agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan maksimal.

 

Baca Juga :  Bagaimana Proses Pembekuan Darah Terjadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *