Terakurat – Fungsi Socket LGA – Socket pada setiap processor tentunya selalu berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada tipe serta jenis serinya masing-masing. Nah, sebelum kamu meng-upgrade atau mengganti prosesor maka kamu harus mengetahui jenis socket apa yang terpasang pada motherboard. Saat ini prosesor yang populer adalah Intel.

Prosesor yang beredar di pasaran terdapat 3 jenis, diantaranya adalah LGA series, PGA series dan BGA series. Diantara 3 jenis tersebut, LGA series merupakan jenis socket Intel yang banyak digunakan oleh komputer di dunia.

Perbedaan Socket LGA, PGA dan BGA pada Prosessor Intel

Untuk perangkat komputer, Intel mengeluarkan seri prosesor dengan arsitektur Intel Pentium (Pentium 1,2,3,4, dual-core, Atom, Celereon) dan Intel Core (Core i3,i5,i7, M). penamaan yang berbeda dari seri prosesor tersebut juga dibarengi dengan jenis kecocokan socket agar dapat terpasang dengan baik pada Motherboard. Nah, disinilah pentingnya mengetahui jenis socket tersebut. Pasalnya tiap prosesor memiliki kompabilitas yang berbeda-beda terhadap kebutuhan socket yang di sediakan motherboard atau laptop.

Nah, berikut ini perbedaan antara socket LGA, PGA dan BGA

Socket PGA series

PGA adalah singkatan dari Pin Grid Array. Desainnya, kaki-kaki pin berada langsung pada prosesor sementara kotak logam sebagai konektornya berada di socket motherboard. Kebutuhan socket PGA untuk prosesor Intel sendiri sering dijumpai untuk perangkat seperti Laptop.

Socket PGA ini memiliki beberapa varian, diantaranya rPGA988A (Socket G1) dan rPGA 988B (Socket G2). Jadi dengan laptop dengan jenis socket ini tentunya akan sangat memungkinkan kamu untuk mengupgrade prosesornya.

Socket LGA series

LGA merupakan singkatan dari Land Grid Array. Desain para prosesor ini terdiri dari kontak logam konektor, sedangkan kaki-kaki PIN terletak pada socket motherboard. Jenis socket ini pada umumnya banyak ditemukan pada PC Dekstop.

Baca juga  Perbedaan Notebook dan NetBook Jangan Sampai Salah!

Socket LGA memiliki beberapa varian, diantaranya LGA 775 (Socket T), LGA 1150 (Socket H3), LGA 1155 (Socket H2), LGA 1156 (Socket H), LGA 1366 (Socket B) dan LGA 2011. Perbedaan dari jenis socket itu terletak dari banyak jumlah PIN nya.

Socket BGA series

BGA singkatan dari Ball Grid Array. Jika kamu menemukan perangkat komputer dengan jenis ini, berarti perangkat tersebut menandakan memiliki prosesor yang langsung tersambung ke motherboard. Dengan katan lain, socket antara prosesor ke motherboard sudah tersolder paten dan tidak dapat dilepas atau dipasang.

Desain socket BGA dapat kamu jumpai pada perangkat Notebook atau perangkat Hybrid 2 in 1. Selain ituuntuk beberapa Laptop keluaran baru saat ini juga kebanyakan sudah menggunakan jenis socket ini.

Socket BGA juga bervariasi, tergantung dari variannya, salah satu contoh bentuknya yaitu FCBGA518, FCBGA1234, FCBGA1170 dan sebagainya.

Karena tidak dapat dilepas dan di pasang, sudah jelas perangkat yang menggunakan socket BGA sangat tidak memungkinkan prosessornya untuk di upgrade.

Fungsi Socket LGA pada Motherboard Processor Intel

Fungsi Socket LGA

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi Socket LGA ini, maka simak berikut ini ulasan mengenai fungsi Socket LGA.

Mudah dibongkar dan dipasang

Pembuatan socket LGA ini adalah dapat memudahkan penggunaya untuk melakukan bongkar pasang prosesor. Dengan begitu maka jika kamu ingin melakukan upgrade prosessor atau mengganti prossesor dengan yang baru, maka hal tersebut lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan socket jenis LGA ini.

Contohnya pada prosesor jenis Core i3 3240. Jenis prosesor tersebut dapat di upgrade menjadi lebih tinggi jenis Intel Core i7 seri 2600 pada motherboard yang menggunakan jenis socket LGA 1155. Hal tersebut dikarenakan keduanya memiliki jenis spesifikasi yang mirip.

Baca juga  Game Seru Buat Ngabuburit Nunggu Waktu Buka Puasa Tiba

Dibuat khusus untuk jenis PC

Socket LGA hanya dapat kamu temukan pada komputer jenis PC saja. Hal tersebut dikarenakan PC lebih sering melakukan upgrade di beberapa bagian-bagian komponen komputernya dibandingkan perangkat lain seperti laptop. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa jenis LGA ini dirancang untuk dapat dibongkar pasang sehingga kamu akan dimudahkan dalam melakukan pembaharuan

Contohnya pada socket LGA seri 755. Jenis LGA 755 terkadang biasa disebut sebagai socket T. Jenis socket ini disebut sebagai rajanya CPU pada saat itu. Slogan Intel Inside didapatkan setelah Intel mengeluarkan jenis Socket LGA seri 755.

Mencegah terjadinya patahan pin

Pada sebuah prosesor terdapat beberapa pin yang merupakan jalur aliran data dari prosesor ke bagian komponen-komponen lainnya. Jika pin ini mengalai patah atau hilang pada salah satu komponennya, maka aliran data pun mengalami hambatan atau gagal. Nah, dengan menggunakan jenis LGA ini maka patahan pada pin akan sulit terjadi karena telah dilindungi oleh bagian socket.

Contohnya pada socket LGA 755, pada bagiannya terdapat socket yang berfungsi untuk meredam prosesor agar tidak terjadi patahan pada bagian pin.

Dapat mendukung penggunaan RAM tertentu

Perlu kamu ketahui bahwa jenis RAM pada komputer itu bermacam-macam bentuknya. Mulai dari ukurannya yang sama dengan prosessor dan ada juga yang memiliki ukuran lebih besar maupun lebih kecil. Nah, dengan adanya LGA ini maka RAM dengan kapasitas tertentu dapat dipasang dengan mudah. Contohnya pada LGA jenis 1366, pada socket ini jenis RAM DDR3 dapat dipasang dengan baik.

Digunakan pada jenis tertentu

Seperti yang sudah disebutkan tadi, jika Intel sudah mengeluarkan serinya bermacam-macam. Dengan banyaknya seri yang sudah diluncurkan diantaranya memiliki ukuran yang berbeda-beda atau ukuran khusus untuk tujuan tertentu. Maka socket LGA yang diproduksi juga dibuat berdasarkan jenis-jenis prosesor tertentu agar performanya lebih maksimal. Contohnya bisa kita lihat pada LGA jenis 1150. Jenis socket ini hanya mendukung seri prosessor Hasswell dan Broadwell. Hal tersebut dikarenakan LGA 1150 memiliki pin berjumlah 1.150 pin.

Baca juga  Iflix Mobile Web, Tanpa Perlu Mendownload.

Mencegah pergerakan ketika digunakan

Pernahkah kamu membayangkan ketika sebuah prosesor hanya sekedar ditempel saja pada penyangga? Tentunya hal tersebut dapat menyebabkan prosessor akan mudah dilepas jika hanya ditempel saja. Maka dari itu, dibuatkanlah sebuah socket LGA ini. Dengan adanya jenis socket ini maka prosesor tidak akan mudah digeser.

Contohnya bisa kamu lihat pada semua jenis socket LGA yang beredar di pasaran. Semua socket yang ada saat ini sudah menerapkan model tertentu agar prosessor yang dipasang tidak mudah longgar dan dapat bertahan selama mungkin.

Nah, itulah fungsi socket LGA pada prosessor intel yang perlu kamu tahu. Dari beberapa penjelasan diatas tadi dapat disimpulkan bahwa prosesor jenis intel dibuat berdasarkan fungsi yang berbeda-beda. Hal tersebut dimaksudkan agar prosesornya dapat bekerja maksimal dan dapat menunjang komponen tambahan lainnya seperti RAM.

Jika kamu berencana mengganti prosessor atau mengganti socketnya, pastikan kamus sudah paham jenis-jenis motherboard intel yang ada di pasaran saat ini. Selain itu kamu juga sebaiknya sudah mengetahui macam-macam prosesor intel dengan mengecek referensi yang telah terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here