Gejala anyang-anyangan membuat kondisi seseorang menjadi tidak nyaman. Penyakit ini bisa terjadi pada wanita yang sering salah dalam membilas kemaluannya dari arah ke depan ke belakang.

Dubur yang ada di belakang vagina merupakan salah satu tempat yang lembab dimana kuman bisa saja bersarang di tempat tersebut. Oleh karena itu, jika kamu membilasnya dari belakang ke depan, kuman tersebut dapat mempengaruhi kondisi vagina.

 

gejala anyang-anyangan
gejala anyang-anyangan

 

Apa Saja Gejala Anyang-Anyangan?

Anyang-anyangan biasanya menimbulkan intensitas buang air kecil yang sangat sering dalam jumlah yang sedikit. Rasa sakit dan tidak nyaman tersebut akan dirasakan saat buat air kecil. Berikut beberapa gejala anyang-anyangan yang dapat kamu ketahui.

1. Intensitas buang air kecil yang lebih sering disertai dengan rasa sakit dan jumlah air kencing yang sedikit
2. Urine memiliki warna yang lebih pekat dan bau urin menjadi sangat menyengat
3. Orang yang mengalami masalah anyang-anyangan juga akan merasa kondisi tubuhnya sedang tidak sehat atau kecapean
4. Selain itu, anyang-anyangan akan membuat nyeri panggul pada wanita dan nyeri pada anus pada pria
5. Penderita anyang-anyangan juga akan mengalami demam tanpa sebab yang jelas

Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan dapat membawa risiko serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis, terutama pada anak-anak.

Gejala anyang-anyangan pada ibu hamil yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko pada bayi yang lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Bagaimana Pengobatan Anyang-Anyangan?

Anyang-anyangan yang parah dan membuat penderitanya menjadi sangat tidak nyaman harus segera ditangani oleh dokter.

Dokter akan memeriksa dan mengambil sampel urin untuk diteliti di laboratorium dan mencari penyebab dari terjadinya gejala anyang-anyangan.

Baca juga  Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan

Setelah itu, kamu akan diberikan dokter antibiotik yang kamu harus menghabiskan serta analgesik juga akan diberikan untuk mengurangi rasa nyeri yang ada pada saat kamu buang air kecil.

Hal yang perlu diperhatikan pada anyang-anyangan adalah konsumsi air putih yang cukup. Mengonsumsi air putih yang cukup, akan membantu bakteri yang ada menjadi terbilas dan bersih.

Menggunakan obat-obatan alami akan membantu kamu meredakan gejala anyang-anyangan.

Anyang-anyangan yang terjadi pada wanita mengalami resiko lebih tinggi dibandingkan pria karena letak vagina yang begitu dekat dengan dubur.

Anyang-anyangan dapat terjadi pada satu dari dua orang, namun tetap ada cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit ini:

  • Hindari minuman yang berisiko menimbulkan iritasi pada kandung kemih, seperti minuman ringan yang mengandung jeruk, minuman keras atau alkohol, dan minuman berkafein.
  • Dengan konsumsi air mineral yang  cukup akan mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urine.
  • Basuhlah kemaluan dari depan ke belakang untuk mengurangi penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan saluran kencing.
  • Setelah berhubungan seksual segeralah buang air kecil dan konsumsi air mineral.
  • Sebaiknya hindari pemakaian produk untuk area kewanitaan, seperti deodoran atau bedak yang berisiko menimbulkan iritasi.

Dengan menerapkan cara tersebut dengan menjalani pola hidup sehat, Anda dapat menghindari risiko terkena penyakit ini sejak awal.

 

 

baca juga : cara menghilangkan kutu rambut secara alami

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *