Terakurat.com – Perbedaan SLR dan DSLR – Pada dasarnya SLR dan DSLR lebih cenderung kepada desain kamera yang menggunakan sistem cermin didalam kamera.

Cermin ini memantulkan sebagian cahanya ke prisma, sehingga fotografer dapat melihat komposisi foto hanya dengan mengintip di jendela bidik dengan akurat dan sangat sesuai dengan apa yang dilihat oleh lensa.

SLR adalah singkatan dari Single Lens Fix sedangkan DSLR adalah Digital Lens Reflex. Selain itu perbedaan SLR dan DLSR terletak pada penyimpanannya.

Perbedaan utama dari DSLR yaitu menggunakan sensor gambar digital, sehingga hasil tangkapan kamera langsung disimpan ke memory card. Sedangkan SLR penyimpanannya masih menggunakan Film.

Akhir-akhir ini hobi fotografi semakin menjamur, terutama bagi kalangan anak muda. Sehingga mendorong berbagai perusahaan yang bergerak dibidang elektronika untuk berlomba-lomba menciptakan produk kamera dengan fitur yang lebih lengkap.

Kamera yang di produksi oleh berbagai profusen tersebut tentu memiliki beberapa fitur unggulan masing-masing. Sebagai pemula dalam dunia fotografi sudah dapat di pastikan kita akan planga-plongo dengan beberapa fitur yang ada tersebut.

Akan tetapi, teknologi kamera berdasarkan cara pengambilan gambarnya hanya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kamera DSLR dan SLR.

Bagi mereka yang masih baru dalam dunia fotografi biasanya SLR dan DSLR dianggap sama padahal desain kamera SLR lebih simple jika dibandingkan dengan DSLR. Selain itu beratnya juga berbeda karena DSLR memiliki beragam fitur.

Buat kamu yang penasaran dengan perbedaan tersebut maka simaklah ulasannya berikut ini.

Perbedaan SLR dan SLR

Cara kerja pengambilan gambar

Kamera SLR menujukan bahwa SLR memiliki teknik pengambilan gambar yang menggunakan sistem barisan lensa yang memiliki jalur tunggal.

Barisan lensa ini berfungsi untuk melewatkan berkas cahaya ke dua arah yang berbeda yaitu Focal Plane dan ke Viewfinder.

Baca juga  Kelebihan Sepeda Brompton yang Membuat Harganya Fantastis!

Dengan menggunakan teknik seperti ini, fotografer dapat melihat objek yang hendak di potret melalui kamera yang sama dengan hasil fotonya.

Sedangkan pada kamera DSLR memiliki teknik pengambilan gambar yang menggunakan penta prisma dan mechanical mirror. Hal ini merupakan system untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju optical viewfinder pada kamera.

Perbedaan pada Media Penyimpanan

Pada sektor penyimpanan keduanya memiliki perbedaan pada hasilnya. Jika pada gambar dari DSLR hanya dapat dicetak menggunakan teknik digital printing sedangkan pada SLR hanya dapat dicetak di laboratorium cuci cetak foto negatif.

Perbedaan jumlah tombol fitur

Perbedaan lainnya antara SLR dan DSLR dapat dilihat dari fisiknya. Kamera SLR memiliki sedikit tombol fitur karena fitur-fitur yang disediakannya memang terbatas.

Sedangkan DSLR hadir dengan jumlah tombol yang sangat banyak karena sesuai dengan fitur-fitur yang disediakannya saat pengambilan gambar seperti tombol ISO, White Balance, Resolusi dan fitur-fitur lainnya.

Perbedaan Harga

Perbedaan lainnya selain fitur adlah Harganya. DSLR harganya relatif lebih tinggi karena memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan harga kamera SLR pada umunya.

Nah, sekarang kamu sudah bisa mengetahui perbedaan SLR dan DSLR bukan? kini kamu sudah dapat menentukan mau beli kamera SLR atau DSLR. Kamu dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Baca juga : Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka Beserta Solusinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here