Kenali Lebih Jauh Tentang Gejala Penyakit Hipotensi Dan Penangananya

hipotensi adalah

Hipotensi adalah salah satu keadaan dalam diri seseorang yang memiliki tekanan darah yang rendah pada bagian arteri. Hipotensi juga sering disebut dengan penyakit tekanan darah yang rendah. Atau, bisa dikatakan bahwa hipotensi adalah kebalikan dari penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Bagaimana cara mengenali hipotensi?

Gejala Hipotensi dan Perawatannya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hipotensi adalah kondisi tekanan darah yang sangat rendah dalam diri seseorang. Penderita hipotensi akan mengalami beberapa gejala terkait dengan tekanan darah rendah yang dialaminya tersebut.

Beberapa gejala yang sangat umum terjadi pada penderita hipotensi adalah jantung yang berdebar dengan tidak teratur, mual, lemas, kepala pusing, dan bahkan badan terasa tidak seimbang.

Ketika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya kamu segera duduk dan hentikan semua aktivitas yang sedang kamu lakukan saat itu. Dengan demikian, gejala tersebut pun akan mereda.

Mereda bukan berarti hilang karena gejala hipotensi nantinya bisa datang lagi jika penderita tidak segera melakukan pengobatan.

Sebenarnya, terdapat beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami hipotensi. Salah satu penyebabnya adalah karena kondisi cuaca serta faktor usia. Kondisi cuaca yang panas biasanya membuat seseorang menjadi rajin berolahraga.

Sedangkan kondisi yang mendung atau hujan akan membuat orang malas berolahraga. Dengan demikian, bisa saja seseorang mengalami hipotensi pada musim hujan karena kurang olahraga.

Selain itu, hipotensi juga bisa terjadi pada seseorang karena penyakit yang dideritanya. Contohnya saja kondisi hamil, penderita anemia, atau pun orang yang sedang menjalankan suatu pengobatan. Kondisi-kondisi tersebut bisa memicu terjadinya hipotensi pada diri seseorang.

Untuk mengatasi hipotensi, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Untuk penderita hipotensi yang sudah parah bisa langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Baca juga  Cara Menggunakan Obat Luka Bakar yang Tepat!

Sedangkan penderita dalam tahap ringan, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi air putih yang cukup, serta rajin berolahraga.

Itulah beberapa hal mengenai penyakit hipotensi yang bisa menjadi informasi menarik untuk kamu. Kenali penyakit hipotensi sejak dini sehingga kamu dapat mengubah pola hidup dan pola makan ke arah yang lebih baik.

 

Baca Juga : 4 Penyebab Umum Telapak kaki Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *