Inilah 7 Penyebab Vertigo Yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Wajib Waspada

Penyebab vertigo pada dasarnya berasal dari ketidakseimbangan tubuh yang dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga dan mata. Itulah sebabnya penyakit vertigo umumnya akan timbul karena buah akibat dari gangguan telinga tengah dan dalam ataupun gangguan penglihatan. Gangguan inilah yang kemudian menimbulkan masalah mekanisme keseimbangan tubuh. Tidak hanya itu, masih ada beberapa macam gangguan yang bisa memicu timbulnya penyakit vertigo, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

 

penyebab vertigo yang dialami banyak orang

 

 

7 Penyebab Vertigo Yang Paling Umum

1. Migraine

Migraine merupakan jenis sakit kepala yang tidak biasa pada bagian depan atau di salah satu sisi kepala yang disertai dengan mual dan sensitive terhadap cahaya. Rasa sakit yang tak tertahankan juga bisa menjadi penyebab utama vertigo. Bahkan migraine juga dapat mempengaruhi penglihatan pasien.

 

2. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV)

Benign Paroxysmal Position Vertigo atau di sebut juga dengan Vertigo posisi paroksismal jinak merupakan jenis vertigo yang ditimbulkan dari perubahan pada posisi kepala tertentu. Cara mengantisipasi penyebab vertigo ini adalah jika kamu ingin mengubah posisi kepala sebaiknya lebih bisa berhati-hati dan tidak terburu-buru.

 

3. Vertibular neuronitis

Vertibular neuronitis adalah inflansi saraf yang menghubungkan labirin dan otak yang disebabkan oleh infeksi virus. Peradangan ini juga bisa menyebar sampai labirin dalam telinga. Selain dapat menyebabkan vertigo, gangguan ini juga dapat menghilangkan kemampuan pendengaran pasien.

 

4. Gangguan pada otak

Contoh dari kasus penyebab vertigo ini seperti misalnya pendarahan di otak dan tumor.

 

5. Penyakit Meniere

Penyakit ini tergolong langka yang menyerang telinga bagian dalam (labirintis). Penyakit dapat menimbulkan keluarnya cairan dari bagian dalam telinga yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh pasien.

Baca juga  Difteri Adalah Penyakit Apa? Penangananya Bagaimana

 

6. Pengaruh obat-obatan kimia tertentu

Ada jenis obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan telinga. Jadi, cermatilah sebelum mengkonsumsi obat.

 

7. Trauma

Luka di bagian kepala dan leher tidak hanya akan menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan, tapi juga trauma. Hal ini bisa menjadi penyebab vertigo.

Dengan mengetahui penyebab vertigo, kamu bisa lebih waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu timbulkan rasa sakit dari sensasi serasa sekeliling ataupun diri sendiri berputar-putar dengan tiba-tiba. Dengan begitu, kamu akan segera tahu cara pencegahan dan pengobatannya. Sebagian kasus vertigo bisa sembuh tanpa pengobatan. Meskipun demikian, ada juga yang perlu penanganan dokter ataupun ahli terapi untuk menghentikan dan menyembuhkan penyakit ini.

 

Tanda-tanda & gejala

 

Apa saja gejala vertigo?

Gejala umum penyakit ini adalah pusing, sensasi kepala berputar atau kepala kliyengan, dan kehilangan keseimbangan. Tanda-tanda tersebut akan memicu penderitanya mengalami sensasi mual, muntah, mengeluarkan keringat berlebih, sakit kepala, bahkan kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal), telinga berdenging (tinnitus) dan sensasi merasa akan terjatuh. Biasanya, kondisi ini akan hilang timbul dan bisa berlangsung selama beberapa menit, jam, atau bahkan hari.

Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik harap konsultasikan kedokter. Dokter biasanya akan menanyakan gejala Anda, melakukan pemeriksaan sederhana, serta menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut. Terutama apabila gejala yang timbul pada diri Anda mengalami  penyakit yang sering terjadi.

 

coba baca :  5 Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga Dengan Benar 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *