terakurat.comkartun-islami– Sebagai Orang tua tentu ingin memberikan tontonan anak yang tidak hanya membuat anak bahagia, namun juga bisa menunjukkan nilai baik yang bisa mereka praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Empati, rasa cinta kasih dan keingintahuan yang tinggi untuk belajar serta keinginan bereksplorasi sebaiknya bisa menjadi hal yang ditonjolkan saat menonton televisi bersama. Setelah selesai menonton, kita bisa mengajaknya berbicara tentang acara tersebut dan memetik nilai moral yang dapat diserap anak dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang anak Ibarat semen basah, ia adalah peniru yang ulung dalam mengamati lingkungan yang ada sekitarnya. Kita bisa mengajarkannya mengekspresikan perasaan dengan cara yang menyenangkan, salah satunya melalui tontonan menarik dan mendidik di televisi.

Saat ini ada banyak acara yang bisa dipilih agar anak belajar hal yang belum tentu didapatnya dari sekolah. Pelajaran seperti bagaimana harus bersikap saat sedang menghadapi konflik sebaiknya harus kita ajarkan sejak dini, agar si anak tersebut bisa menerapkannya ketika tidak sedang bersama orang tua. Hal ini bisa menjadi Iandasan untuk meningkatkan skill sosial dan emosionalnya pada usia muda.

Memilih tontonan islami untuk anak di bulan ramadhan adalah hal yang baik, Berikut ini beberapa kartun anak yang bernuansa islami dan mengajarkan hal-hal baik.

1. Nussa.

tribunnews.com

Nussa merupakan salah satu animasi karya anak bangsa yang mendapat sambutan baik di masyarakat. Sejak perdana tayang di YouTube, film animasi Nussa berhasil menempati posisi trending 1 hingga beberapa minggu, dengan jumlah view lebih dari 3 juta.

Menghadirkan dua karakter utama bernama Nussa dan Rara, animasi ini dinilai edukatif karena sangat banyak mengedepankan nilai-nilai keislaman. Salah satu episode yang berkesan adalah kisah di mana Nussa ternyata selama ini menggunakan kaki palsu, namun ia tetap bersyukur atas nikmat Allah.

Baca juga  So Ji Sub Menikah, Patah Hati Di Tengah Pandemi !

Seri kartun yang diproduksi oleh The Little Giantz ini juga menyelipkan lagu-lagu Islami yang liriknya tentang Rukun Islam, Rukun Iman, hafalan doa, asmaul husna dan masih banyak lagi.  

2. Ali and Sumaya.

muslimmummy.com

Ali and Sumaya diproduksi oleh Imanimation Studios. Sama seperti seri kartun Islami lainnya, Ali and Sumaya juga mengisahkan kakak beradik yang selalu ingin tahu tentang agamanya.

Mereka belajar bagaimana tata cara thaharah, salat, dan membaca Alquran. Namun yang membuat Ali and Sumaya berbeda adalah bahasa pengantarnya menggunakan Bahasa Inggris.

3. Omar dan Hana.

lazada.co.id

Animasi yang berasal dari Negeri Jiran ini juga tak kalah edukatif untuk anak. Meski karakter utamanya adalah Omar dan Hana, namun peran orangtua mereka di seri kartun ini juga tak kalah penting. Sebab orangtua Omar dan Hana terlihat sangat memperhatikan tumbuh kembang sang anak dan menanamkan ajaran Islam.

Mulai dari mengajari mengaji, salat, hingga doa sehari-hari. Agar mudah dihafal, terdapat lagu-lagu sederhana yang diperdengarkan pada setiap episodenya.

4. Syamil dan Dodo.

goodindonesia.com

Rilis perdana pada tahun 2013, seri kartun Syamil dan Dodo pada mulanya bertujuan untuk menemani anak-anak di bulan Ramadan. Animasi ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan anak berkualitas.

Nah, animasi Syamil dan Dodo mengisahkan tentang persahabatan dua anak. Dodo digambarkan sebagai anak dengan kepala botak yang ceria namun sering sekali bersikap jahil. Sedangkan karakter Syamil digambarkan sebagai anak yang pintar dan patuh.

Syamil juga tak sungkan untuk menasihati atau menegur Dodo ketika melakukan kesalahan atau lalai mengerjakan kewajibannya. Animasi ini mengajarkan pada anak-anak untuk menjaga persaudaraan sesama muslim. Setiap anak juga diharapkan mampu menangkap setiap pesan dalam film setelah selesai menyaksikan Syamil dan Dodo.

Baca juga  Drama Korea Tayang Bulan Augustus 2020

5. Alif Alya.

jakmall.com

Alif Alya merupakan salah satu kartun hasil kerjasama Alif Alya Indonesia, Indonesia Animasi Teknologi, dan HHK Animation Academy. Seperti judulnya, seri kartun ini berpusat pada tokoh bernama Alif dan Alya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di setiap kisahnya, Alif Alya lebih menonjolkan masalah akhlak. Anak-anak yang menonton kartun ini diajak untuk mengikuti apa yang dicontohkan oleh karakter utama.

Misalnya saja untuk saling tolong menolong, mengawali kegiatan apapun dengan berdoa, dan menghormati orangtua. Selain itu, Alif dan Alya juga menghadirkan lagu anak-anak yang hampir sudah tak lagi terdengar di Indonesia.

6. Upin Ipin.

youtube.com

Sejak dirilis tahun 2007, film kartun Upin & Ipin tetap menjadi tontonan yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Film garapan asal negeri Jiran, Malaysia ini menceritakan tentang kehidupan saudara kembar, Upin & Ipin dikisahkan sebagai anak yatim piatu yang tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya.

Dalam setiap episodenya film ini menceritakan tentang keseharian anak berusia 5 tahun yang baik dan pandai bergaul. Sesekali film ini juga menceritakan bagaimana suasana bulan Ramadan, Lebaran hingga hari-hari besar lainnya. Tak lupa, Upin & Ipin juga kerap mengajarkan doa-doa, seperti doa makan, doa tidur, doa kedua orangtua, doa ingin belajar dan masih banyak lagi.

7. Adit Sopo Jarwo.

kaorinusantara.or.id

Film animasi karya anak Indonesia ini pertama kali tayang pada tahun 2014. Karakter dalam film Adit Sopo Jarwo ini memang telah dekat dengan penonton setia di Indonesia. Menceritakan tentang kehidupan sebuah kampung yang ditinggali oleh warga dari berbagai suku di Indonesia.

Adit seorang anak murid sekolah dasar yang harus berurusan dengan Sopo dan Jarwo seorang preman kampung yang lucu dan selalu menggelitik. Sesekali film ini menyelipkan nilai-nilai Islami dengan menghadirkan sosok pak RT dan pak Ustad. Film ini juga diharakan bisa menyetarai kesuksesan serial Upin & Ipin asal Malaysia.

Baca juga  Sinopsis Film 'Yesterday' : The Beatles.

8. Joseph: The King of Dreams.

imdb.com

Kalau kita sebagai orang tua ingin menunjukkan salah satu cerita para nabi, mungkin film islami anak ini bisa jadi referensinya. Berkisah tentang Joseph, anak kedua dari Jacob, yang sangat disayangi oleh ayahnya hingga membuat kakaknya iri. Suatu ketika, sang kakak menjual Joseph untuk menjadi budak seorang saudagar kaya. Meski menerima perbuatan jahat, namun Joseph tetap memaafkan kakaknya.

Pesan moral yang bisa diambil dari film islami anak terbaik ini adalah untuk memaafkan orang lain. Oleh sebab itu, Joseph: The King of Dreams sangat bisa ditonton si kecil di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here