Terakurat – Macam-macam Kecerdasan – Manusia merupakan makhluk yang sempurna dengan berbagai kelebihan. Nah salah satu kelebihan yang dimiliknya adalah kecerdasan. Manusa sendiri dianugerahi kecerdasan yang berbeda-beda antara satu sama lain. Meski demikian, banyak diantara masyarakat yang tidak menyadarai bahwa dirinya sendiri memiliki kelebihan.

Nah agar kamu dapat dengan mudah mengklasifikasikan kecerdasan yang kamu miliki. Maka simak berikut ini Macam-macam kecerdasan yang dimiliki manusia.

Macam-macam Kecerdasan yang di Miliki Manusia

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan seseorang dalam mengolah kata. Kecerdasan ini sangat berhubungan erat dengan kemampuan dalam berbahasa atau kemampuan seseorang dalam memahami isi pesan yang di dapat atau disampaikan baik secara lisan maupun dengan tulisan.

Orang yang memiliki kecerdasan Linguistik biasanya cenderung mudah untk meyakinkan orang lain dengan argumentasinya yang baik. Kemampuan yang dimilikinya tersebut bisa didapatkan karena bakat alami atau proses pembelajaran.

Orang dengan kecerdasan Linguistik biasanya lebih suka membaca, menulis atau melakukan diskusi dengan orang lain mengenai suatu hal. Mereka yang memiliki kecerdasan ini dapat mudah mengerti bagaimana cara mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya secara jelas kepada orang lain.

Kecerdasan Logika

Orang yang memiliki kecerdasan logika adalah orang yang mampu berfikir secara rasional serta memiliki kemampuan yang baik dalam mencerna informasi dan mengolah angka dengan sangat baik. Mereka yang memiliki kecerdasan logika biasanya pandai dalam membuat hipotesa serta memikirkan berbagai kemungkinan-kemungkinan secara sistematis. Orang-orang seperti ini biasnya sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah. Mereka yang dianugerahi dengan kecerdasan ini biasanya sangat cocok berprofesi sebagai peneliti, programer atau seorang akuntan.

Kecerdasan Visual

Orang yang memiliki kecerdasan secara visual adalah orang yang memiliki kemampuan dalam menerjemahkan apa yang ada di dalam pikirannya atau imajinasinya ke dalam bentuk visual. Kecerdasan visual sendiri sangat erat kaitannya dengan berbagai bentuk garis, warna, ruang dan ukuran.

Baca juga  Festival Musim Panas di Jepang yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Orang yang memiliki kecerdasan ini bbiasanya mampu melihat sesuatu dengan sangat detail dan akurat. Mereka mampu merekam sesuatu yang ia lihat dengan sangat kuat dan dapat menerjemahkannya dalam bentuk visual.

Biasanya orang yang memiliki kecerdasan secara visual ini identik dengan orang yang memiliki jiwa seni. Seperti pelukis, animator, fotografer, atau desainer. Kecerdasan visual merupakan salah satu kecerdasan yang cukup langka yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan fisik

Selanjutnya adalah kecerdasan fisik. Orang yang memiliki kecerdasan fisik biasanya ditandai dengan kemampuannya dalam mengontrol gerakan tubuhnya secara penuh.

Biasanya mereka mampu melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kecepatan, keseimbangan serta kekuatan fisiknya. Orang dengan kecerdasan fisik dapat dilihat dari gestur tubuhnya yang gesit dan juga cekatan. Karena kemampuannya tersebut maka orang-orang dengan kecerdasan fisik lebih disukai karena dianggap mampu diandalkan. Kamu juga dapat melihat orang-orang yang memiliki kecerdasan fisik seperti yang ada pada atlet, prajurit serta para petani.

Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal adalah orang yang memiliki kemampuan dalam bermusik yang baik. Mereka yang memiliki kecerdasan ini biasanya memahami nada-nada serta mampu menerjemahkan nada-nada tersebut ke dalam sebuah melodi atau sebuah lagu yang enak untuk di dengar.

Seorang dengan kecerdasan fisik biasanya diriringi dengan kemampuannya dalam bernyani, bermain alat musik atau memimpin alat musik orkestra. Mereka yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih sensitif terhadap nada-nada serta kreatif dalam menciptakan sebuah karya musik.

Kecerdasan emosional

Banyak para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang memiliki kecerdasan emosi akan lebih mudah memperoleh keberhasilan di masa depan. Kecerdasan emosi sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam memahami perasaan orang lain maupun dirinya pribadi. Kecerdasan seperti ini biasanya memanglah sangat dibutuhkan dalam dunia kerja atau kehidupan sosial di masyarakat. Ciri khas dari orang yang memiliki kecerdasan emosi adalah mampu menghadap situasi dengan kepala dingin dan penuh dengan kesabaran. Mereka juga termasuk kedalam orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan lingkungan baru.

Baca juga  5 Pilihan Hobi yang Dapat Meningkatkan Otak Menjadi Lebih Cerdas

Sikapnya yang pengertian serta dapat mudah memahami situasi serta kondisi orang lain atau lingkungan membuatnya sangat mudah disukai oleh orang lain.

Kecerdasan Interpersonal

Orang yang memiliki kecerdasan ini adalah orang yang memahami secara penuh kondisi dirinya baik kelebihan atau kekurangan yang dimilikinya. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mengerti apa yang dibutuhkan oleh dirinya sendiri. Mereka juga dapat mudah memahami situasi orang lain karena sering melakukan refleksi diri.

Mereka dapat dengan mudah mengendalikan perasaan dalam dirinya sendiri maupun orang lain dengan sangat mudah. Maka dari itu tak heran jika ada seseorang yang seolah-olah memahami dengan kehidupan orang lain.

Kecerdasan intuitif

Kecerdasan intuitif sendiri biasanya mampu membantu dalam proses pengambilan keputusan yang tepat. Kecerdasan intuitif adalah kecerdasan seseorang yang melibatkan insting alami yang ada di dalam dirinya.

Orang dengan kecerdasan ini biasanya sangat baik dalam mengambil sebuah keputusan atau tindakan yang penting. Orang yang memiliki kecerdasan intuitif juga akan memiliki kepekaan yang kuat serta sudut pandang yang tajam mengenai situasi yang sedang ia hadapi.

Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu yang berhubungan dengan alam, flora dan fauna. Mereka yang memiliki kecerdasan ini akan dengan mudah mengklasifikasikan jenis flora dan fauna, bahkan memiliki kemampuan untuk menganalisa kondisi alam yang sedang terjadi di sekitarnya.

Orang dengan kecerdasan naturalis ini dapat di ketahui dengan melihat antusiasnya terhadap lingkungan serta makhluk yang berada di sekitarnya. Mereka yang memiliki kecerdasan ini biasanya lebih menyukai penelitian terhadap ligkungan sekitar serta mempelajari siklus kehidupan tanaman atau binatang yang hidup di alam.

Kecerdasan spiritual

Kecerdasan spiritual adalah orang yang memiliki kemampuan untuk memahami, mempelajar serta mengejarkan sesuatu yang berhubungan dengan penciptaan. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki sudut pandang yang cukup luas serta bijak dalam menyikapi sesuatu.

Baca juga  Daftar Mata Uang Paling Tinggi di Dunia

Selain itu, orang dengan kecerdasan spiritual juga tidak terlalu mengagungkan kehidupan duniawi. Mereka lebih suka memaknai kehidupan dengan cara mendekatkan dirinya pada alam untuk mengerti makna kehidupan yang sebenarnya serta menjadikannya lebih dekat kepada sang pencipta.

Orang dengan kecerdasan spiritual biasanya mampu membawa perubahan baik terhadap orang lain.

Nah itulah Macam-macam Kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here