Terakurat – Kekurangan Google Drive – Saat ini, penggunaan Cloud server seperti Google drive semakin banyak. Meskipun masih banyak cloud server yang tak kalah hebatnya, namun Google Drive masih banyak diminati. Ditambah lagi semenjak perkembangan ponsel android sudah dapat dinikmati sebagian orang, sehingga membuat eksistensi Google semakin tinggi. Pastinya, kamu penasaran bukan tentang apa saja kelebihan dan kekurangan Google Drive? Nah, untuk mengetahuinya maka kamu perlu menyimak ulasannya berikut ini!

Kelebihan Google Drive

Dengan masuknya Android sebagai salah satu sistem operasi ponsel cerdas, membuat Google sangat mudah memasarkan beberapa produk andalannya. Salah satunya adalah Google Drive.

Sinkronisasi yang mudah membuat penggunaya dapat mengakses Google Drive tanpa ribet. Cukup masuk ke akun Google, maka kamu dapt menikmasi fasilitas Google Drive.

Jumlah Memori yang Cukup Besar

Jika kamu menggunakan Google Drive versi gratisnya, pastinya kamu sudah dapat menggunakan memori penyimpanan yang kapasitasnya mencapai 15 GB. Jumlah tersebut termasuk besar untuk ukuran Cloud Server. Sebagai catatan, Drop Box saja hanya memberikan penyimpanan gratis sebesar 2 GB saja. Sedangkan OneDrive hanya sekitar 7 GB saja. Kamu juga dapat menambah memori yang di inginkan apabila kamu bersedia menjadi anggota premium. Harga premium pada Google Drive bermacam-macam tergantung pada kebutuhan.

Dapat Menyimpan File Banyak Format

Kelebihan yang paling dirasakan ketika menggunakan Google Drive adalah kita dapat menyimpan berbagai macam file yang memiliki banyak format. Kamu dapat menyimpan file dokumen, video, foto, suara bahkan hingga file-file koding. Hal ini tentunya sangat membantu dalam menyimpan berabagai macam data dalam satu alat.

Dapat digunakan Sebagai Hosting Website

Mungkin kelebihan yang satu ini baru dimiliki oleh Google Drive. Fungsi lain dari Google Drive tak hanya dapat digunakan sebagai media penyimpanan file saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat hosting website.

Baca juga  Qualcomm Hadirkan Teknologi 5G pada Snapdragon X59 dan X55

Jenis Cloud computing di dunia biasanya selalu dikenakan biaya, namun jika kamu menggunakan Google Drive maka kamu dapat menggunakannya secara gratis. Hal ini tentunya sangat membantu para web developer untuk hosting hasil kodingannya.

Berbagi File dengan Mudah

Dengan Google Drive, maka kamu dapat membagikan file dengan mudah pada seseorang dengan mengirimkan tautan atau kamu dapat mengundang orang-orang pilihan sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihat dan mengedit file milik anda. Apalagi jika orang yang ingin kamu bagikan memiliki akun Google, maka berbagi file dapat dilakukan dengan mudah.

Dapat digunakan Sebagai Backup Data

Kamu juga dapat menggunakan Google Drive sebagai backup data secara otomatis. Contohnya saja, ketika kamu mengambil foto menggunakan smartphone, maka gunakan lah pengaturan di dalam Google Drive agar foto yang sudah di ambil dapat langsung di backup.

Selain dapat mencadangkan foto, Google Drive juga dapat melakukan backup data pada WhatsApp. Kamu dapat menyimpan beberapa pesan dan file yang dikirim melalui WhatsApp. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir data-data pesan Whatsapp akan hilang ketika ponsel rusak atau ganti ponsel baru.

Dapat Menjalankan dan Edit File

Misalnya ketika kamu memiliki file dalam bentuk atau vidio dan ingin menjalankannya, kamu tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu, pasalnya di dalam Google Drive kamu dapat menjalankan file video sebagaimana layaknya pada aplikasi pemutar vidio.

Bagitu juga dengan file-file dokumen yang akan kamu edit, tidak perlu diunduh terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi dokumen. Di dalam Google Drive terdapat aplikasi edit dokumen seperti Word, Excel dan Power Point.

Sistem Keamanan yang Cukup Tinggi

Kekurangan Google Drive

Untuk sistem keamanan pada Google Drive temasuk cukup tinggi di kelasnya. Contohnya saja ketika kita akan berbagi file dari Google Drive ke orang lain, kita dapat menentukan orang-orang yang akan kita percayai saja yang dapat membuka file yang telah dibagikan.

Baca juga  AWS Wavelength Manfaatkan Teknologi 5G Latensi Rendah

Kamu juga dapat menggunakan dua mode saat melakukan berbagi file, yakni “Dapat Melihat” dan “Dapat Mengedit”. Untuk “dapat melihat” user penerima hanya dapat melihat file yang akan kita bagikan saja, dan jika ingin mengunduhnya maka harus meminta izin untuk kepada pemilik aslinya. Sedangkan untuk “dapat melihat” user penerima dapat mengunduh, melihat dan mengedit file yang dibagikan user pengirim.

Kekurangan Google Drive

Tergantung Jaringan Internet

Karena semua sistem pada Google Drive menggunakan sistem Cloud, maka secara otomatis penggunaan jaringan internet sangat dibutuhkan. Jika kamu ingin masuk ke dalam Google Drive maka pastikan perangkat sudah terkoneksi internet.

Cadangkan data di PC masih belum Optimal

Google Drive juga dapat diakses versi Offlinenya pada komputer sebagai aplikasi backup data secara otomatis. Namun, sayangnya untuk saat ini baru dapat melakukan backup data pada file foto dan video saja. Sedangkan untuk backup data seperti dokumen dan file-file sejenisnya masih belum dapat dilakukan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Google Drive yang belum diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here