Terakurat – Kelebihan dan Kekurangan Linux – Linux merupakan salah satu sistem operasi open source yang menjadi pesaing Windows pada tahun 1990-an. Berbeda dengan Windows yang merupakan sistem operasi berbayar, dimana kode-kode pembangun sistem operasinya dijaga agar tetap rahasia, berbeda dengan Linux. Linux justru menawarkan opsi kebalikannya.

Linux menawarkan sistem Open Source, yang artinya setiap pengguna Linux bebas untuk mengunduh, mengubah atau berkontribusi ke kernel atau distro yang ada di Linux itu sendiri. Karena kelebihan dan kekurangan Linux, hal inilah yang membuat Linux terus berkembang dan masih bertahan hingga saat ini.

Kelebihan Linux

Pengembang hingga saat ini terus memperbaharui Linux agar dapat terus bertahan sesuai dengan perkembangan jaman. Salah satu kelebihan dan kekurangan dari Linux ini adalah bersifat open source, yang artinya gratis tentunya dapat di akses oleh siapapun. Tetapi, karena gratis itulah perlu penyesuaian dan proses pembelajaran agar bisa menggunakan Linux dengan optimal. Nah agar lebih lengkap, berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan Linux.

Open Source

Kelebihan utama dari sistem operasi Linux ini adalah open source. Maksud dari open source sendiri berarti sumber kode yang ada di dalam sistemnya dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan pengembang. Bahkan penggunanya tidak terbatas dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan dan tujuan apapun.

Keamanan

Berbeda dengan Windows, kelebihan dan kekurangan Linux terdapat pada keamanannya. Linux membutuhkan atuhorization setiap kali penggunanya akan menjalankan program, sehingga virus akan kesulitan berjalan di perangkat lunak.

Akan tetapi, bukan karena kesulitannya tersebut Linux tidak ada virusnya. Sama halnya seperti Windows, Linux juga berpotensi terjangkit virus. Hanya saja tidak akan separah Windows.

Baca juga  Jenis-Jenis SSD dan Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli SSD!

Keamanan tidak hanya menyangkut virus saja, Keamanan privasi dan data personal pengguna juga terjamin di Linux. Linux sendiri tidak akan mengumpulkan data pengguna ketika menggunakan distro atau software tertentu. Tak seperti kebanyakan sistem operasi lainnya yang membutuhkan data pribadi penggunanya.

Ringan

Berbeda dengan Windows yang mengunakan GUI (Graphical User Interface) sehingga tampilannya menjadi cukup penting untuk membantu penguna. Linux lebih ke command line melalui perintah yang berbasis text.

Sehingga menjadikan Linux lebih ringan dibandingkan dengan Windows atau kebanyakan sistem operasi pada umumnya.

Namun, meskipun begitu saat ini Linux juga menerapkan GUI dan masih menggunakan command line yang sama. Tapi tetap saja, Linux lebih ringan.

Keringanan ketika digunakan inilah yang membuat Linux bisa beroperasi di komputer atau hardware yang sudah ketinggalan jaman atau berspesifikasi rendah.

Kustomisasi

Kelebihan dan kekurangan lainnya adalah kustomisasi. Karena diberikan kebebasan untuk memodifikasi sistem dengan sendirinya. Maka pengguna Linux bisa menyesuaikan sendiri fiturnya.

Mulai dari menambah fitur yang diperlukan hingga menghapus fitur yang tidak dibutuhkan. Tak hanya itu saja, kelebihan lainnya dari sistem operasi ini dapat di modifikasi senyaman dan sebagus mungkin oleh pengguna.

Banyak pilihan distro

Yang terakhir adanya banyak distro yang tersedia untuk dipilih. Linux memiliki beragam distro, sehingga kamu dapat bebas memilih distro mana yang ingin kamu gunakan berdasaarkan fungsi dari komputernya.

Hingga saat ini sudah banyak distro yang terus aktif dan berkembang. Seperti Ubuntu, Fedora, Arch Linux, Debian dan sebagainya. Hanya saja, karena hal tersebut akan membingungkan pemula yang ingin belajar. Meskipun masing-masing distro memiliki fungsi yang sama.

Kekurangan Linux

Tidak banyak dukungan aplikasi

Sebagai sistem operasi yang tidak begitu dilirik pasar dan orang awam. Kehadiran Linux tidak banyak mendukung aplikasi yang banyak dibutuhkan orang.

Baca juga  Berikut Ini Tanda Whatsapp Diblokir yang Harus Kamu Tahu

Misalnya aplikasi pengeditan vidio, gambar, desain dan sebagainya biasanya tidak kompatibel dengan software dari perusahaan ternama seperti Adobe. Hal inilah yang menyebabkan Linux tidak bisa dinikmati oleh kalangan tertentu karena keterbatasannya aplikasi yang tersedia.

Dukungan hardware

Meskipun menyediakan sistem operasi secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuka hati oleh penggunanya. Ternyata Linux memiliki layanan support yang berbayar. Sehingga apabila pengguna mengalami masalah ketika menjalankan Linux dan ingin menghubungi custimer support secara langsung. Maka merka akan dikenakan biaya untuk layanan tersebut. Atau jika kamu mengalami masalah dan ingin mencari solusi tanpa membayar maka kamu bisa menggunakan forum-forum yang tersebar di internet.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan Linux. Hingga saat ini komunitas Linux masih terus mengembangkan sistem operasi dari berbagai disto. Bahkan sistem operasi untuk komputer server biasanya menggunakan sistem operasi Linyx karena memang Linux selalu update secara berkala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here