Terakurat.com – Keuntungan Reksadana – Investasi reksadana atau mutual fund semakin populer dari hari ke hari. Banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi Reksadana karena tertarik dengan manfaat Reksadana dan juga keuntungannya. Tapi buat kamu yang belum tahu reksadana. Reksa dana adalah instrumen investasi yang menjadi wadah bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi di pasar modal melalui jasa manajer investasi.

Dan juga sebagai wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana.

Dana ini kemudian akan dikelola oleh manager investasi untuk di investasikan kedalam portofolio investasi. Sepertihalnya saham, obligasi, pasar uang ataupun efek seperti sekuriti lainnya.

di Indonesia sendiri reksadana terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya

  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana saham
  • Reksadana pendapatan tetap dan
  • Reksadana campuran

Meski Reksadana tetap memiliki risiko, namun resiko-resiko yang ada bisa diatasi dengan cara perencanaan dan manajemen investasi yang baik. Buat kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk menginvestasikan uang pada Reksadana maka kamu harus tahu terlebih dahulu kelebihan instrumen ini dibandingkan instrumen yang lain.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan reksadana yang tidak dimiliki instrumen investasi lain. Simak ulasannya!

Keuntungan investasi reksadana

Dapat Dengan Mudah Dipelajari

Reksadana adalah produk investasi yang sangat mudah untuk dipahami dan dipraktekkan. Maka dari itu, untuk memulainya kamu hanyalah perlu membeli unit penyertaan.

Selanjutnya segala transaksi yang menyangkut trade atau sell akan dilakukan oleh manajer investasi. Setiap bulan nya atau bahkan setiap harinya manajer investasi akan mengirimkan laporan mereka mengenai perkembangan investasi mu.

Nah kamu dapat melihat sejauh mana keuntungan yang kamu dapatkan. Keuntungan investasi reksa dana ini sangat pas buat kamu yang sudah memiliki pengetahuan atau masih awam tentang dunia investasi terlebih di bidang pasar modal.

Baca juga  Brand Fashion Dunia Terbaik

Beragam jenisnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa reksa dana memiliki berbagai jenis. Tidak hanya dibedakan dari portofolionya saja reksa dana juga dapat dibagi menjadi Reksadana Konvensional dan Reksadana Syariah yang memiliki portofolio produk keuntungan atau saham Syariah.

Untuk memulainya tidak perlu memiliki dana besar

Seperti yang sudah disebutkan di awal Reksadana merupakan wadah pengelolaan dana yang ditangani oleh manajer investasi. Dengan cara seperti ini investor tidak harus berinvestasi dalam jumlah besar sehingga membuat kamu bisa memiliki saham unggulan berharga tinggi dengan uang yang tidak terlalu besar.

Namun pada saat harga unit penyertaan reksa dalam meningkat dan mengalami untung, maka setiap profitnya akan dibagi menjadi secara adil sesuai dengan jumlah unit penyertaan yang dimiliki oleh masing-masing investor.

Resiko investasi

Salah satu cara untuk menurunkan tingkat risiko adalah dengan diversifikasi portofolio investasi. Dalam hal ini maksudnya modal tidak hanya dititik beratkan pada satu produk saja. Keuntungan dan lain dari Reksadana adalah sifatnya yang tidak hanya fokus pada satu jenis produk saja.

Namun harus perlu kamu ingat terdapat dua jenis resiko yaitu risiko gain dan loss. Ketika terjadi resiko loss maka kamu tidak perlu khawatir karena investasi tidak hanya di taruh di satu tempat saja.

Sebagai contoh bila kamu mendapati investasi di 10 perusahaan dan 4 mengalami resiko lolos maka jangan khawatir karena bisa saja investasi di perusahaan lain tidak mengalami kerugian bahkan resiko gain. Artinya risiko kerugian yang dialami oleh investor menjadi berkurang.

Dikelola oleh profesional

Di Reksadana, yang kamu berikan akan dikelola oleh profesional dan ahli investasi, mereka adalah orang-orang yang berpengalaman dalam mengatur dan investasi. Makanya buat kamu kamulah yang tak mengerti apapun dengan investasi apalagi investasi pasar modal lebih baik berinvestasi di Reksadana karena dana tersebut tersebut berada ditangan yang tepat.

Baca juga  Geliat Bisnis Online Pasar Muslim

Para manajer investasi nilai yang akan mengurus investasi mu, mulai dari mendesain portofolio, memikirkan strateginya, bahkan mengarahkan mu dalam setiap langkah langkah investasi.

Pengelolaan dana yang transparan

dalam investasi reksadana manajer investasi akan membuka segala transaksi yang melibatkan dan investasi mu. Misalnya saja informasi seputar perkembangan portofolio, biaya, resiko bahan laporan keuangan perusahaan manajer inventaris juga dirilis setiap setengah tahun dan 1 tahun sekali. Hal seperti ini akan membuat mu memonitor perkembangan investasi mu yang kamu miliki dengan baik.

Likuiditas tinggi

likuiditas adalah suatu keadaan atau kemampuan dimana perusahaan mampu untuk membayar kewajiban jangka pendek. Semakin tinggi likuiditas maka semakin perusahaan tersebut dapat dipercaya untuk membayar kewajiban jangka pendeknya.Liquiditas yang tinggi berarti kamu dapat mencairkan kembali unit penyertaan nya di setiap saat.

Bisa transaksi online

Investasi reksadana bisa dengan mudah kamu dapatkan melalui perusahaan manajemen aset. Selain kamu juga dapat membelinya dari agen penjualan bersertifikasi WAPERD/APERD dari OJK.

Bebas pajak

Keuntungan yang diterima oleh investor dari Reksadana bukan termasuk objek pajak. Hal ini berbeda dengan produk investasi lainnya yang mana akan mengenakan pajak pada setiap pendapatan atau keuntungan.

Pada dasarnya pajak sudah terbayarkan pada tahap kedua dalam perhitungan harga reksadana atau dikenal dengan istilah NAB/Up. Sehingga apabila dikenakan lagi maka akan terjadi pajak ganda atau double taxtion.

Potensi return yang tinggi

Reksadana merupakan alternatif investasi dengan keuntungan yang dapat dinikmati dalam jangka panjang. Jika kamu ingin memiliki return yang tinggi kamu bisa menaruh modal yang cukup besar dan dana tersebut tersebut akan dikelola oleh manajer investasi.

Dalam konteks ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan dengan mengatur seberapa besar kamu percaya terhadap manajer investasi terkait. Jika kamu cukup yakin maka kamu hanya perlu menaruh modal yang besar maka return yang kamu dapatkan pun akan lebih tinggi dari investor lain.

Baca juga  Cara Membuat Parfum Laundry Yang Benar

Lebih aman

Investasi reksadana juga minim dari kemungkinan kamu investasi di lembaga ilegal, terlebih saat ini sedang marak investasi bodong. Namun kamu juga harus tetap mencermati legalitas dari perusahaan aset manajemen yang kamu gunakan. Pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK.

Apakah kamu mulai tertarik untuk berinvestasi reksadana? Jika kamu memiliki dana yang terbatas namun memiliki niat yang cukup tinggi untuk berinvestasi maka kamu bisa mencoba jenis investasi yang satu ini. Nah itulah beberapa keuntungan reksadana yang berpotensi kamu dapatkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here