Terakurat.com – Kota bawah tanah Derinkuyu – Beberapa orang mempercayai bahwa pada jaman dahulu kala sudah ada peradaban yang maju. Keterbatasan teknologi serta ilmu pengetahuan tidak akan menghambat orang-orang pada jaman itu untuk berpikir visioner. Ditemukan oleh seorang plato yang pernah menuliskan sebuah peradaban yang jauh lebih modern yang yang bernama atlantis dalam bukunya yang berjudul Timaeus dan kritias.

Kota bawah tanah terdengar mustahil jika kita mendengarnya saat ini. Namun bagaimana dengan kota bawah tanah yang konon katanya memiliki usia ribuan tahun. Mencengangkan bukan itulah ekspresi ketika ditemukannya beberapa kereta bawah tanah.

Pertanyaan yang terlintas dalam benak adalah bagaimana cara mereka membuatnya dengan segala keterbatasan. Salah satu kota bawah tanah yang paling terkenal adalah derinkuyu yang terletak di turki.

Asal usul kota bawah tanah

Secara etimologi, derinkuyu memiliki arti sungai yang dalam. Derinkuyu kotak kecil di provinsi nevsehir, anatolia, turki. Penemuan kota bawah tanah Derinkuyu pada tahun 1963. Seorang penduduk turki menemukan sebuah ruangan yang misterius di dalam rumahnya.  Setelah ia bongkar ternyata tak hanya sebuah ruangan, melainkan sebuah terowongan yang ketika ditelusuri terlalu panjang untuk dikategorikan sebagai ruangan atau gua.

Setelah melapor kepada pihak berwajib, penggalian pun dilakukan. Hasilnya di bawah kota Derinkuyu terdapat kota lain yaitu kota bawah tanah. Terowongan dari rumah tersebut membentuk jaringan yang kemudian membentuk sebuah kotak. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata situs tersebut merupakan peninggalan yang konon sudah berusia sampai 3000 tahun.

Akhirnya situs tersebut diberi nama Derinkuyu Underground City yang disebut sebagai kota bawah tanah terdalam jika diukur kedalamannya dari permukaan tanah.

Arsitektur kota bawah tanah

Kota bawah tanah Derinkuyu mempunyai penerapan struktur yang cukup baik. Bangunan satu dan yang lainnya tertata dengan nyaris sempurna. Derinkuyu memiliki kedalaman sekitar 54 hingga 50 meter dari permukaan tanah. Terdapat 18 tingkat yang terdiri dari bangunan di bawah tanah.

Baca juga  Tips Liburan Saat Pandemi yang Aman dan Nyaman di Akhir Tahun 2020

Luasnya mencapai 1,5 mil atau setara 2,4 km. Dengan luas seperti itu Derinkuyu dapat menampung sampai 20000 orang lengkap dengan hewan ternak, barang-barang bahkan sampai persediaan makanan. Menariknya arsitektur ruangan ruangan kota bawah Derinkuyu didesain sebaik mungkin untuk kenyamanan dan keamanan orang-orang yang meninggalinya.

Pintu yang digunakan untuk ruangan ada yang masih menggunakan batu dia memiliki berat hingga mencapai 500 kg. Pintu tersebut hanya dapat di gelinding kan dari dalam untuk mencegah orang ya memaksa masuk. Derinkuyu buah lubang yang memungkinkan komunikasi dari satu ruangan ke ruangan lainnya bahkan di ruangannya dilengkapi dengan tempat penyimpanan mayat.

Masyarakat akan bawa mayat akan disimpan ditempat tersebut terlebih dahulu untuk menunggu pemakaman di atas permukaan tanah. Ada juga yang mengatakan bahwa pada peradaban ketika kota itu dibangun masyarakat lebih memilih menyimpan mayat dalam sebuah ruangan.

Melihat ruangan kota di bawah tanah bisa membuat kita kagum karena ruangan-ruangan tanah tersebut lengkap untuk ukuran sebuah kota. Di sana ada tempat tinggal, ruang galeri, ruang pertemuan, kapel sekolah bahkan gudang senjata. Selain dengan teknologi jaman dulu dan ilmu pengetahuan yang masih belum maju seperti sekarang ini, sistem ventilasi di bawah tanah dibuat dengan sangat baik sehingga mengurangi kemungkinan yang tinggal disana mengalami keracunan gas.

Tempat wisata kota bawah tanah Derinkuyu sejak ditemukannya kembali pada tahun 1993, Derinkuyu langsung diperbaiki sedemikian rupa agar kembali mendekati keadaannya pada masa tempat itu masih digunakan. Memerlukan waktu sekitar 6 tahun hingga tempat itu dapat dibuka untuk umum.

Namun, tidak semua ruangan dan lantai dapat diakses oleh para wisatawan, hanya 8 empat yang dapat dikunjungi dengan melewati 204 anak tangga dari tingkat teratas hingga tingkat akhir.

Baca juga  Inilah Informasi Lengkap Ciputra Waterpark

Berkunjung ke kota bawah tanah tentu membuat kita sedikit khawatir mengenai udara di dalamnya. Semakin banyak pengunjung makan akan terasa pengap. Namun berbeda dengan Derinkuyu yang sudah dibuat sistem ventilasi mumpuni sehingga yang kita rasakan hanyalah hawa yang sejuk.

Derinkuyu dibuka setiap hari untuk wisatawan, dari pulul 08.00 hingga sore hari. Apakah kamu tertarik mengunjungi kota Derinkuyu suatu hari nanti? Atau sudah pernah mengunjunginya?

Baca juga : Misteri yang Tersimpan di Balik Luasnya Kebun Raya Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here