Terakurat.com – Kuliner Tradisional Batak – Suku batak merupakan salah satu suku bangsa asli dari Nusantara yang mayoritasnya mendiami tanah Sumatera Utara. Batak sendiri terdiri dari beragam suku bangsa serumpun, diantaranya adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Angkola, Batak Simalungun hingga Pakpak.

Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia, Batak sendiri memilik sejarah yang panjang dan kebudayaan yang sangat kaya, nah salah satunya adalah kulinernya.

Berikut ini adalah beberapa pilihan kuliner khas tradisional batak dengan citarasa yang khas dan unik.

Kuliner Tradisional Batak

Arsik

Arsik berbahan dasar dari ikan  air tawar seperti ikan nila, ikan emas, hingga mujair. Arsik adalah panganan khas Batak yang kerap disajikan pada saat acara-acara adat. Salah satu ciri khas dari kuliner Batak yang satu ini adalah penggunaan Andaliman. Andaliman adalah rempah yang memiliki citarasa pedas yang mampu memberikan rasa pedas yang mampu memberikan sensasi rasa hangat pada saat dimakan. Makanan khas batak yang satu ini dapat disajikan berkuah ataupun kering, arsik memiliki aroma khas yang sangat menggugah selera.

Natinombur

Makanan khas batak yang satu ini masih berupa olahan Ikan. Natinombur adalah makanan khas yang berbahan dasar ikan air tawar yang diolah bersama ragam rempah dan juga santan sebelum kemudian dibakar hingga matang.

Dahulunya kuliner khas Batak ini merupakan hidangan bagi para nelayan di Danau toba dan kerap disantap ketika nelayan sedang beristirahat di pinggiran danau.

Naiura

Berbeda dengan dua olahan ikan sebelumnya, naiura pada umumnya disajikan dalam keadaan mentah. Tak salah jika banyak orang yang kemudian menjulukinya sebagai sushi.

Naiura memiliki citarasa asam dari cuka ataupun belimbing wuluh yang membantu proses pematangan dari naiura sekaligus membuat makanan khas Batak yang satu ini terasa menyegarkan.

Baca juga  Ingin Bahagia? Lakukan dan Pertahankan Sifat Manusia Berikut ini!

Dali Ni Horbo

Makanan khas batak yang cukup terkenal ini terbuat dari bahan dasar susu kerbau yang kemudian dimasak dengan bumbu dan juga proses yang masih tradisional.

Jika dilihat secara sekilas, hasil akhir dari makanan ini terlihat seperti tahu, namun cita rasa asin dan gurihnya yang sangat khas tentunya akan membuatnya terasa sangat berbeda dengan tahu yang berbahan dasar kacang kedelai.

Manuk napidanar

Buat kamu pecinta olahan ayam, makanan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Ciri khas dari ayam bakar yang satu ini adalah daging nya yang telah dibumbui bersama daging ayam itu sendiri. Ciri khas rasa yang pedas tersebut maka Manuk Napidanar wajib masuk dalam daftar makanan batak untuk kamu cicipi.

Kue Ombus-ombus

Makanan khas batak selanjutnya yang wajib kamu cicipi adalah Kue Ombus-ombus. Kue ombus-ombus merupakan makanan ringan yang kerap kali muncul dalam acara-acara adat Batak. Kue ini berasal dari kota Siborong-borog, Tapanuli Utara. Kuliner berbahan dasar tepung beras ini memiliki citarasa yang manis dari gula merah yang khas serta lezat.

Mie Gomak

Buat kamu pecinta kuliner mie, Mie Gomak wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke tanah Batak. Mie gomak terbuat dari mie yang kerap disebut Mie Besar oleh sebagian masyarakat Batak, asal nama Gomak sendiri dipercaya karena proses pembuatannya yakni di gomak-gomak atau digenggam.

Mie yang telah matang kemudian disirami dengan kuah dan sambal yang telah diolah bersama ragam bumbu khas Batak, termasuk rempah Andaliman.

Daun ubi tumbuk

Sebagai teman lauk berbagai masakan di atas, ada olahan Daun Ubi Tumbuk yang menjadi salah satu masakan has Batak yang cukup mudah ditemui. Salah satu ciri khas olahan daun ubi khas Batak ini adalah penggunaan Buah rimbang yang kemudian ditumbuk bersamaan dengan berbagai bumbu rempah seperti cabai, bawang merah dan bawang putih sebelum dimasak bersama santan hingga matang.

Baca juga  Fakta Menarik Golongan Darah O Yang Harus Kamu Tahu!

Daun ubi jantung pisang

Selain ditumbuk, olahan daun ubi khas Batak juga dapat dimaak bersamaan dengan potongan daun pisang dan ditumis bersama kelapa parut dan rempah lainnya.

Rasanya yang asin dan gurih yang khas, menjadikan lauk khas Batak yang satu ini menjadi hidangan pendamping yang tepat untuk disantap bersamaan dengan nasi dan masakan khas batak lainnya.

Nah itulah beberapa makanan khas batak yang dapat kamu cicipi pada saat berkunjung ke tanah batak di Sumatera Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here