terakurat.com-kekebalan-tubuh– Sebagian besar orang percaya, bahwa penyakit datang berdasarkan apa yang kita makan. Karena itu jika kita menginginkan tubuh yang sehat, maka kita juga harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Menerapkan pola makan sehat mampu menjaga kesehatan tubuh. mulailah melarang diri sendiri untuk tidak memakan junk food, minuman beralkohol, kafein, gula, dan lainnya. Mengkonsumsi buah dan sayur jauh lebih baik.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh:

1. Paprika Merah.

bukalapak.com

Paprika mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Paprika bermanfaat untuk menambah sistem imun dan kandung vitamin C baik untuk kulit. Beta karoten yang ada dalam paprika juga membantu kesehatan mata dan kulit.

2. Brokoli.

liputan6.com

Brokoli adalah sayuran hijau yang mengandung vitamin dan mineral. Brokoli mengandung vitamin A,C,D dan antioksidan.

3. Bawang Putih.

suara.com

Bawang putih menjadi bumbu dapur yang digunakan di berbagai masakan.Bawang putih bermanfaat untuk memerangi infeksi. Menurut National Center for Complementary dan Integrative HealthTrusted Source, bawang putih membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

4. Jahe.

hellosehat.com

Jahe biasa diminum ketika sakit. Jahe dapat menurunkan inflamasi, yang berguna untuk meredakan sakit pada tenggorokan dan penyakit radang lain. Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan setelah sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi mual.

5. Yoghurt.

masakapaya.com

Yoghurt tawar bermanfaat untuk melawan penyakit dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Yogurt mengandung vitamin D yang membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

6. Bayam.

cnnindonesia.com

Bayam masuk dalam sayuran yang kaya dengan sistem kekebalan tubuh. Selain itu bayam mengandung beta karoten dan antioksidan, yang menambah imun tubuh.

Baca juga  Manfaat Saffron Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

7. Kunyit.

wolipop.detik.com

Kunyit adalah rempah-rempah yang digunakan untuk mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Kunyit adalah rempah-rempah yang baik digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Kacang Almond.

lifestyle.kompas.com

Ketika musim pancaroba, kacang almond baik untuk dikonsumi mencegah dan melawan pilek. Selain vitamin C, vitamin E juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu porsi setengah cangkir atau 46 almond yang sudah dikupas baik untuk konsumsi harian vitamin E.

9. Teh Hijau.

sains.kompas.com

Teh hijau atau teh hitam kaya akan antioksidan. Teh yangyang memiliki kadar antioksidan tinggi baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

10. Daging Ayam.

food.detik.com

Ketika sakit, sup ayam hangat bisa membantu mencegah gejala pilek dan melindungi Anda dari sakit. Selain ayam, kalkun juga baik dikonsumsi untuk tubuh. Ayam mengandung vitamin B-6 punya peran penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat.

11. Biji Bunga Matahari.

muslimobsession.com

Biji bunga matahari mengandung fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Biji bunga matahari juga mengandung vitamin E. Vitamin E penting untuk memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain dengan vitamin E dalam jumlah tinggi termasuk alpukat dan sayuran berdaun gelap.

12. Makanan Laut.

semarang.bisnis.com

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

13. Adas Bintang.

rumahresepsite.wordpress.com

Adas mengandung asam shikimic yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi obat anti-flu yang sangat kuat sebagai anti-virus. Hal yang perlu kita lakukan adalah mengambil adas bintang dan merebusnya di dalam air, kemudian tambahkan ke dalam teh seperti teh hijau atau teh hitam dan meminumnya dua kali sehari.

Baca juga  Manfaat Pola Hidup Sehat yang Harus di Biasakan Setiap Hari

14. Jeruk.

jawapos.com

Kelompok buah jeruk atau citrus kaya akan vitamin C yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan bibit penyakit. Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan setiap hari. Kelompok buah citrus seperti jeruk, lemon, limau, jeruk nipis merupakan sumber terbaik untuk vitamin C. Nah itulah tadi beberapa makanan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here