Makanan Khas Kalimantan yang Menggiurkan.

Pulau Kalimantan dikenal dengan beragam kebudayaannya. Keberadaan suku Dayak menjadi salah satu ikon yang melekat dengan Pulau Kalimantan. Tidak hanya itu saja, orang utan juga menjadi salah satu hewan khas yang dilindungi di Kalimantan. Kalimantan juga memiliki Kuliner khas yang sayang jika dilewatkan.

Jika kamu berencana untuk datang ke Kalimantan, jangan hanya fokus menikmati indahnya alam saja tetapi kamu juga bisa mencicipi beragam sajian lezat khas Kalimantan seperti patin baubar dan juga manday.

Sudah nggak sabar apa saja makanan khas yang lezat tersebut, Berikut diantaranya :

1. Mandai Kalimantan.

Mandai ini serupa dengan gudeg yang berasal dari Jogja. Hanya bedanya antara manday dengan gudeg yaitu pada bahan utama yang digunakan. Jika gudeg menggunakan nangka sebagai bahan utamanya maka manday menggunakan cempedak sebagai bahan utamanya. Meskipun terbilang mirip citarasa yang dikeluarkan dari manday ini sangat khas sehingga menimbulkan kelezatan tersendiri.

Nah biasanya cempedak ini terlebih dulu diawetkan selama beberapa hari untuk mendapatkan citarasa yang khas. Proses pengawetannya sendiri, menggunakan garam yang kemudian simpan ke dalam satu tempat. waktu penyimpanan juga akan mempengaruhi rasa, jika manday semakin lama diawetkan rasanya juga akan semakin lezat. Setelah diawetkan maka cempedak tersebut kemudian dicampurkan dengan bumbu rempah-rempah sebelum nantinya digoreng, manday ini bisa juga dihidangkan dengan cara dibakar atau dibuat gulai.

2. Iwak Pakasam Kalimantan.

Proses pembuatan Iwak Pakasam ini ternyata mirip dengan proses pembuatan Manday loh guys… akan tetapi bahan utamanya berbeda. Iwak Pakasam ini biasanya dibuat dengan menggunakan ikan air tawar seperti misalnya ikan haruan atau sejenis ikan gabus, ikan pepuyu serta ikan separ. Jadi yang sama hanyaproses pengawetannya saja.

Setelah ditaburi dengan garam, selanjutnya ikan akan dimasak dan ditambahkan bumbu beras dan tumbukan agar menghasilkan rasa yang khas. Mengenai proses pengawetannya, tergantung pada orang yang membuatnya, karna biasanya masing-masing orang biasanya berbeda cara memasaknya. Iwak Pakasam ini diawetkan bisa dalam hitungan hari, minggu bahkan bulan. Ketika proses pengawetan selesai maka ikan sudah bisa digoreng dan disajikan.

Baca juga  Ada Apa Dengan Film Joker?

3. Bingka Kalimantan.

Makanan khas yang selanjutnya berasal dari Kalimantan Selatan yaitu dari Suku Banjar. Bingka menyajikan rasa yang manis, lembut namun agak sedikit berlemak. Biasanya lebih pas jika disuguhkan bersama dengan camilan dan bermacam kue khas Kalimantan Selatan. Bingka juga biasanya disajikan dalam acara pernikahan maupun acara formal lainnya.

Tidak hanya itu saja bingka juga menjadi salah satu makanan favorit saat berbuka puasa di Kalimantan Selatan. Kue yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, garam, telur dan gula pasir. Lalu dipanggang menggunakan cetakan berbentuk bunga. Bingka hadir dalam berbagai varian rasa seperti Labu, Pandan, Tapai, dan Kentang.

4. Ketupat Kandangan Kalimantan.

Ketupat Kandangan merupakan makanan dari Kalimantan Selatan yang wajib untuk dicoba. Kuliner ini memang sudah tak asing lagi didengar juga sudah terkenal sampai ke daerah-daerah. Perbedaan yang terletak pada Ketupat Kandangan dengan Soto Banjar yaitu terletak pada kuahnya yang keruh, ketupat kandangan memiliki kuah yang lebih keruh daripada soto banjar kemudian ditambahkan santan lagi agar cita rasa nya menjadi lebih nikmat.

Selain itu terkadang juga bisa ditambahkan dengan ikan atau telur sebagai lauk pauk. Namun, ketupat kandangan ini mempunyai tekstur nasi yang lebih keras, tetapi tetap tidak akan mengurangi cita rasanya, justru malah menambah kenikmatan pada ketupat khas kalimantan ini.

5. Patin Baubar Kalimantan.

Patin Baubar adalah pepes dari ikan Patin yang sudah dibumbui dengan bumbu rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar menggunakan tungku dan bara api. Proses memasak ini membuat ikan Patin ini menjadi semakin nikmat. Akan lebih lezat lagi jika disajikan menggunakan nasi putih hangat.

Baca juga  Pensil Alis Terbaik

6. Soto Banjar Khas kalimantan.

Makanan dari Kalimantan ini sudah cukup sering didengar bukan? Soto banjar banyak ditemui di berbagau kota di Indonesia. Tetapi, jika kamu sedang berkunjung ke Kalimantan jangan sampai lupa untuk mencicipi nikmatnya Soto Banjar khas yang dibuat dengan menggunakan racikan resep asli. Sekedar informasi guys, Soto Banjar ini merupakan makanan khas dari suku Banjar, Kalimantan Selatan.

Bahan utama dari Soto Banjar ini yaitu ketupat dengan kuah yang ditaburi suwiran ayam. Ciri khas dari soto banjar sendiri yaitu terletak pada kuah yang kental dan agak keruh hingga membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan jenis soto yang sering kita temui pada umumnya.

7. Gangang Humbut Kalimantan.

Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat manis. Bahan utamanya menggunakan nyiur yang merupakan inti dari pohon kelapa yang sebelumnya sudah diolah menjadi sayur. Karena rasa nikmat yang dimilikinya, tidak heran jika banyak orang menjadikan makanan yang satu ini sebagai hidangan dalam sebuah acara tertentu. Gangan Humbut akan lebih lezat jika dinikmati dengan ganging humbut.

8. Hekeng Kalimantan.

Hekeng adalah kuliner khas Kalimantan yang wajib dicoba ketika kamu sedang berada di Kalimantan. Makanan ini dibuat menggunakan berbagai campuran bahan seperti daging babi sampai udang. Mengenai rasanya, hekeng memiliki rasa seperti siomay namun tidak sepenuhnya mirip dengan siomay, karena proses pembuatannya dengan cara digoreng.

Tidak hanya itu saja, hekeng bisa membuat kita ketagihan karena disuguhkan bersama kuah asam manis dan ada juga kuah pedas untuk kamu yang suja masakan pedas. Nah kalau kamu tidak mengonsumsi babi, jangan khawatir, karena hekeng banyak juga menggunakan bahan dasar daging lainnya.

Baca juga  Hair Tonic Terbaik

9. Garang Asam Banjar Kalimantan.

Sebagai pulau yang dikenal dengan olahan ikan air tawarnya jadi tidak heran jika banyak bermunculan kuliner yang menggunakan bahan dasar ikan. Tidak luput juga makanan satu ini. Garang Asam Banjar juga menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, jika kamu mendengar namanya pasti akan mengira bahwa makanan ini sama dengan sayur asam pada umumnya.

Hampir benar, namun cita rasa yang disuguhkan dari makanan ini berbeda dengan sayur asam. Kehadiran Rasa asam, segar, dan gurihnya pasti akan meningkatkan selera makanmu. Jika kamu wisatawan yang sedang berada di Kalimantan, makanan ini recomended banget untuk dicoba.

10. Kelepon Martapura Kalimantan.

Makanan khas dari Kalimantan berikutnya yaitu Kelepon Martapura. Kelepon ini cukup familiar dan menjadi makanan favorit banyak orang. Kelepon Martapura ini berasal dari Kalimantan Selatan. Berbeda dengan klepon lainnya, klepon dari Martapura ini memiliki ukuran yang lebih kecil serta tekstur yang kenyal. Kamu bisa mendapatkan klepon ini diberbagai tempat saat berkunjung ke Kalimantan Selatan. Kue ini sangat lezat ketika disajikan pada sore hari dengan segelas teh hangat.

Itulah beberapa mecomendasi makanan khas Kalimantan yang bisa kamu cicipi saat berada di Kalimantan. Foodlovers semoga artikel ini bermanfaat. Trims…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: