Bagi masyarakat di kawasan Asia khususnya Asia Timur dan Tenggara, nasi adalah makanan pokok. Sebagai sumber karbohidrat utama, nasi dimakan setiap hari berbarengan dengan sayuran, protein, dan juga lemak. Selama ribuan tahun budaya mengonsumsi nasi terus mengakar sehingga beberapa orang mengaku sulit memilih makanan pengganti nasi.

Nasi putih memang sumber utama protein yang ada di Indonesia. Namun, mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan banyak masalah pada tubuh seperti kegemukan hingga diabetes. Oleh karena itu konsumsi nasi harus dikurangi dan memperbanyak buah, sayur, atau apa saja untuk mengganti nasi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi :

1. Oatmeal.

veggiechick.com

Oatmeal, makanan pokok pengganti nasi yang lezat. Mereka adalah sumber serat yang sangat baik kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Sebagai makanan pengganti nasi, oatmeal memiliki efek kesehatan yang menguntungkan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

2. Kentang.

abuelaskitchen.com

Makanan pengganti nasi berikutnya yang jadi favorit banyak orang adalah kentang. Kentang mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi daripada beras. Agar tetap bergizi, jika ingin mengonsumsi kentang dengan lebih lezat, pilih bumbu yang rendah kalori dan sehat seperti bawang putih atau minyak zaitun sebagai pendampingnya.

3. Ubi.

doktersehat.com

Ubi, terutama yang berwarna kuning atau oranye mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga cocok sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu ubi juga kaya magnesium dan mangan yang meningkatkan kesehatan jantung serta tulang. Belum lagi karotenoid, antioksidan yang ampuh melawan penuaan dan mencegah kanker. Ubi juga bisa menjadi pengganti nasi atau kentang yang lebih sehat karena cenderung rendah gula.

4. Jagung.

satuharapan.com

Jagung sudah populer sebagai makanan pokok pengganti nasi di banyak negara. Varietas yang paling umum dimakan adalah jagung dan jagung manis. Namun, produk jagung olahan juga banyak digunakan sebagai bahan makanan. Sebagai pengganti nasi, jagung memiliki manfaat anti-oksidan dan sumber serat yang baik. Makanan yang berserat tinggi butuh waktu yang cukup lama untuk dapat dicerna, sehingga dapat membantu bagi kamu yang sedang diet penurunan berat badan, kamu akan merasa merasa kenyang lebih lama.

Baca juga  Tips Bisnis Tetap Survive Di Tengah Pandemi Corona!

5. Singkong.

beritasatu.com

Singkong adalah salah satu umbi kayu yang mudah sekali didapatkan dan harganya relatif murah. Pengolahan dari singkong juga mudah dan bisa dibuat apa saja. Kamu bisa merebusnya dengan sedikit tambahan garam atau menggorengnya agar gurih. Singkong juga bisa diparut dan dibuat menjadi semacam nasi. Kandungan singkong dengan karbohidrat yang cukup tinggi ternyata tetap aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Singkong juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama ketimbang makan yang lain sehingga cocok untuk membantu penurunan berat badan.

6. Labu kuning.

glitzmedia.co

Makanan pengganti nasi yang berikutnya adalah labu kuning. Bahan makanan yang satu ini mengandung kadar karbohidrat yang cukup rendah dan serat tinggi. Dua hal ini membuat labu kuning cocok untuk camilan dan pengganti nasi. Kamu bisa merebus labu kuning secara langsung atau membuatnya menjadi campuran agar-agar dan puding.

7. Shirataki.

beritagar.id

Belakangan mie ini populer sebagai makanan pengganti nasi karena mampu bantu turunkan berat badan. Mengkonsumsi shirataki akan memberi rasa kenyang lebih lama, cocok sebagai makanan pengganti nasi. Selain itu, shirataki juga mengandung glucomannan, serat larut yang baik untuk mengobati sembelit, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga gula darah stabil.

8. Pisang.

sunpride.co.id

Pisang sangat baik untuk dijadikan makanan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat kompleks. Buah ini juga memiliki kandungan potasium yang bain untuk daya tahan dan terpenting dari semua, pisang memiliki rasa yang nikmat sehingga bisa dikonsumsi kapan saja. Pisang bisa diolah menjadi semacam panekuk yang nikmat untuk sarapan. Buat kamu yang sedang diet disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah ini.

9. Quinoa.

inspiredtaste.net

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Kelebihan lain yang dimiliki quinoa adalah sumber karbohidrat ini kaya serat, bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

Baca juga  Tarian Daerah di Indonesia

10. Brokoli.

litbangkemendagri.go.id

Brokoli juga bisa dicincang dan diolah seperti nasi. Serat di dalam brokoli baik untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori, lho. Vitamin C dan dan kalsium di dalam brokoli akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Brokoli dipecah di dalam lambung menjadi sejumlah senyawa. Salah satunya adalah indolocarbazole atau ICZ. ICZ mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon atau AHR) yang bertugas menjaga kelancaran fungsi cerna usus.

11. Sukun.

kumparan.com

Sukun yang di luar negeri lebih dikenal dengan nama breadfruit digadang-gadang sebagai sumber energi super di masa depan. Buah sukun merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Dilansir USA Today, satu buah berukuran besar bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat satu keluarga yang terdiri dari 5 orang. Sukun muda bisa dimakan sebagai sayuran. Konon rasanya seperti artichoke. Sementara sukun yang sudah matang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kentang.

12. Alpukat.

hellosehat.com

Alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang tentu baik untuk tubuh. Makanan yang tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga rasa lapar akan datang lebih lama. Untuk itu, alpukat merupakan buah yang dapat membantu kamu agar merasa kenyang lebih lama.

Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol, sehingga menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung. Namun, alpukat mengandung kalori yang tinggi, sehingga pastikan kamu tidak terlalu banyak mengambil buah ini saat memakannya. Makan setengah buah alpukat (sekitar 140 kalori) setiap kali makan, itu saja sudah cukup untuk kamu.

13. Apel.

nova.grid.id

Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Jika kamu memakan 1 buah apel sedang dengan kulitnya, kamu telah mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gram. Jika kamu makan apel, jangan lupa untuk makan dengan kulitnya juga. Justru di dalam kulit apel terkandung banyak serat dan juga fitokimia yang tentu bermanfaat untuk tubuh. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan bantuan apel, kamu bisa makan apel terlebih dahulu setengah jam sebelum kamu makan. Ini akan membantu kamu untuk makan lebih sedikit.

Baca juga  Rokok Elektrik / Vapor Terbaik yang ada di Pasaran

14. Raspberry.

urbanvineicnc.com

Raspberry merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Satu gelas raspberry mengandung serat sekitar 8 gram, ini memberikan sekitar 1/3 kebutuhan seratmu per hari. Jika setiap hari kamu makan satu gelas raspberry, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan serat dan disertai dengan tambahan dari makanan berserat lainnya. Selain kaya serat, raspberry juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang tentu dibutuhkan oleh tubuh.

15. Pir.

lifestyle.okezone.com

Sama seperti apel, pir juga mengandung banyak serat jika dimakan dengan kulitnya. Satu buah pir sedang yang dimakan dengan kulitnya mengandung 5,5 gram serat. Jika kamu sedang bosan dengan apel, pir mungkin bisa menjadi penggantinya. Bahkan, pir mengandung serat yang sedikit lebih banyak daripada apel, sehingga dapat membantu kamu jadi kenyang lebih lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here