manajemen sumber daya manusia

Inilah Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia atau biasa disebut dengan SDM adalah suatu proses yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, kepemimpinan, pengorganisasian dan pengendalian dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan merupakan pengertian dari .

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen ini memiliki banyak fungsi di dalam kehidupan, khususnya di dalam dunia kerja. Nah, fungsi-fungsi tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengatur keanggotaan ( Staffing)

Fungsi pertama dari manajemen SDM adalah staffing atau mengatur keanggotaan. Ada tiga kegiatan yang termasuk di dalam fungsi ini, di antaranya perencanaan, penarikan dan proses seleksi.

Fungsi ini memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan.

Biasanya, untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria, departemen sumber daya manusia akan melakukan beberapa kegiatan seperti wawancara, tes keahlian dan menyelidiki latar belakang pelamar.

  1. Evaluasi

Fungsi ke dua dari manajemen ini adalah melakukan evaluasi, termasuk melakukan penilaian dan pelatihan.

Pihak manajemen akan memberikan pelatihan kepada semua calon dan memastikan mereka mendapat evaluasi terhadap penampilannya dari semua bagian atau pihak terkait di perusahaan.

Dengan demikian, manajemen SDM ini wajib bertanggung jawab dalam pengadaan sumber daya manusia untuk perusahaan tersebut.

Selain itu, departemen ini juga memiliki tugas melatih para manajer untuk membuat standar kerja yang dinilai baik dan dapat membuat sebuah penilaian secara akurat.

  1. Penggantian dan kepuasan

Fungsi lain dari manajemen yang satu ini berurusan dengan penggantian kinerja yang telah dilakukan oleh sumber daya manusia yang berhubungan dengan kepuasan yang diterima perusahaan.

Selain itu, manajemen ini juga bertugas membuat perkembangan struktur gaji yang baik, dan pihak manajer bertugas memberikan gaji tersebut.

Baca juga  Cara Berwirausaha Hingga Melahirkan Bisnis Unik

Pihak manajemen harus memastikan bahwa pemberian gaji yang diterima sumber daya manusianya sesuai dengan keputusan yang telah disepakati sesuai dengan peraturan hukum.

  1. Membangun relasi

Manajemen sumber daya ini memiliki peran penting dalam membangun relasi seperti halnya dengan pihak perserikatan pekerja.

Pihak manajemen harus berperan aktif dalam mencari jalan persetujuan antara perusahaan dengan serikat pekerja, dan membantu menghindari adanya keluhan.

Dalam hal ini, manajemen harus berusaha agar tidak terjadi tindakan tidak sehat dari karyawannya, seperti demonstrasi atau mogok bekerja.

Dari penjelasan mengenai fungsi manajemen sumber daya manusia di atas, semoga bisa bermanfaat untuk Anda dalam memahami masalah di dunia kerja.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *