Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Sekilas informasi tentang kunyit putih Kunyit putih atau sering juga disebut dengan Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk obat, seperti akar, minyak dan daunnya.

Tanaman ini berasal dari India dan Indonesia, namun telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan di berbagai wilayah Asia lainnya. Tanaman ini banyak ditemui di beberapa negara seperti Bangladesh, Sri Lanka, Brazil, Tiongkok, Jepang, Nepal, India dan Thailand. Kunyit ini mempunyai tekstur daging yang lebih lunak dan rasanya juga sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir rasanya.

Kunyit putih saat ini sudah jarang digunakan sebagai bumbu masak dan sering digantikan oleh jahe. Namun, pada beberapa masakan Asia, kunyit ini masih sering digunakan.

Di Indonesia, bubuk kunyit putih sering ditambahkan ke dalam masakan kari. Sementara di Thailand, irisan kunyit putih digunakan sebagai penyegar untuk salad. Tanaman ini ternyata juga mengandung minyak esensial, curcumin dan pati.

Minyak esensial dari kunyit putih juga dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas. Sedangkan di India, tanaman ini digunakan dengan cara tradisional untuk pengobatan nyeri menstruasi, muntah, maag dan kanker.

1. Antimikroba dan Anti Jamur.

Kunyit putih juga bisa sebagai antimikroba dan antijamur yang ampuh. Penelitian sudah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih bisa melawan beberapa spesies bakteri yang menyebabkan penyakit, seperti bakteri E.coli penyebab gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, dan Staphylococcus aureus penyebab bisul, selulitis, impetigo, sepsis, dan osteomielitis.

Ekstrak dari kunyit putih ini juga bisa melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus. Kunyit putih juga berfungsi mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam mulut dengan hasil sebanding dengan produk obat kumur yang ada di pasaran.

Baca juga  Cara Mengobati dan Ciri-ciri Gejala Penyakit Usus Buntu

2. Obat alergi alami.

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kunyit ini bekerja seperti antihistamin untuk menghambat aktivitas dari protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang memicu timbulnya reaksi alergi.

3. Anti kanker.

Kunyit putih diyakini juga dapat menghambat metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ tubuh yang lain. Tapi, tingkat efektifnya untuk mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

4. Menjaga kesehatan pencernaan.

Sejak ribuan tahun lalu, kunyit putih sudah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak esensial yang dihasilkan dari kunyit pucat ini sangat bermanfaat dalam pengobatan kolik, penurunan nafsu makan, cacingan, kejang otot, perut kembung, jarang buang air besar, serta lidah yang terasa pahit. Tanaman ini juga merupakan obat alami untuk mencegah peradangan usus akibat stres.

5. Penawar racun gigitan ular.

Kunyit putih bisa juga menjadi penawar untuk racun gigitan ular karena ekstraknya dapat bekerja menghambat aktivitas dari bisa ular.

6. Penghilang rasa sakit.

Kunyit ini bersifat sebagai analgesik yang lebih baik daripada aspirin karena kandungan senyawa alaminya dapat menghilangkan rasa sakit. Rempah asal Indonesia ini sudah digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk mengobati jenis penyakit radang usus (ulcerative colitis). Ini juga digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara selama terapi jangka pendek.

Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik. Kunyit putih juga bisa mengurangi suhu tubuh saat demam dengan melawan infeksi dan mengeluarkan keringat.

Manfaat kunyit yang lainnya adalah sebagai antiperadangan, didapat dari kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, rempah ini dipercaya dapat mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis. Sifat diuretik zedoary yang mendukung penghapusan zat beracun dari dalam tubuh dan cairan berlebih, terutama di persendian.

Baca juga  Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Zedoaria bisa juga digunakan untuk meredakan nyeri saat sedang menstruasi. Namun, beberapa ahli memberi saran agar kunyit ini tidak digunakan pada wanita yang sedang mengalami perdarahan menstruasi berat.

7. Mencerahkan Wajah.

Manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mencerahkan wajah. Kandungan nutrisi dan vitamin serta pati kunyit putih disinyalir sangat baik untuk membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

Gunakan masker kunyit putih 1 sampai 2 kali dalam seminggu, lakukanlah secara rutin. Pastikan untuk menggunakan bubuk kunyit alami agar hasilnya maksimal dan kulit wajah menjadi cerah.

8. Mengobati Jerawat.

Kunyit putih disebut juga sebagai rempah yang baik, antioksidan dan penghilang jerawat. Jika kamu mempunyai masalah dengan jerawat yang membandel, cobalah untuk melakukan perawatan alami di rumah menggunakan kunyit putih ini.

Kamu bisa gunakan masker bubuk kunyit putih sebelum mandi dan diamkan sekitar 15 menit. Lakukan hal ini dengan teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang terbaik. Masalah jerawat yang kamu alami dapat diatasi dengan memanfaatkan khasiat dari kunyit putih ini.

9. Memberikan Kesegaran Pada Kulit.

Manfaat kunyit putih bagi kecantikan selanjutnya adalah dapat memberikan kesegaran pada kulit wajah. Bubuk kunyit putih murni yang digunakan sebagai masker bisa membantu kamu memiliki kulit wajah lebih segar dan cerah.

Untuk kulit yang agak berminyak, gunakan bubuk kunyit putih sebagai masker setelah dicampur dengan air mawar. Kamu juga bisa mencampur bubuk kunyit putih bersama susu atau yogurt agar masker terasa lebih dingin, lembut, dan nyaman saat digunakan.

10. Mengatasi penuaan dini.

Penuaan dini tentu menjadi masalah dong bagi kaum Hawa, kondisi seperti ini kerap membuat tidak merasa percaya diri kan? Ternyata mengatasinya kamu bisa manfaatkan kunyit putih, lho. Kunyit putih mengandung vitamin dan antioksidan yang dipercaya untuk menghilangkan flek hitam dan kerutan pada wajah. Kamu bisa manfaatkan kunyit putih untuk masker wajah secara rutin.

Baca juga  Skizofrenia, Penyakit Gangguan Mental yang Bisa Disembuhkan

11. Mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Beragam produk kecantikan untuk memutihkan, menghilangkan flek hitam dan noda jerawat sekarang ini begitu banyak diperjual belikan. Namun, selain menggunakan produk-produk tersebut, kamu bisa manfaatkan kunyit putih juga, sebagai obat herbal, alami dan aman.

Kandungan minyak esensial pada kunyit putih bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah kamu. Cukup kamu gunakan kunyit putih sebagai masker wajah secara rutin.

12. Mencegah pigmentasi kulit.

Pigmentasi kulit atau malasma merupakan kondisi wajah terdapat bercak hitam cokelat dsb, hal ini disebabkan oleh sinar UV. Mengingat Indonesia merupakan beriklim tropis, tentu masalah pada wajah seperti ini pun kerap dialami oleh sebagian orang.

Ternyata kunyit putih berkhasiat untuk mengatasi pigmentasi kulit wajah kamu loh. Itu semua karena kunyit putih mengandung antiseptik dan antiinflamasi alami yang tentunya bermanfaat untuk membuat wajah kamu cantik.

13. Mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Memiliki kulit wajah yang berminyak tentu mengurangi rasa percaya diri, wajah terlihat mengkilap dan lengket. Vitamin yang terkandung pada kunyit putih bermanfaat dalam mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah dan sebum pada pori-pori wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: