info akuratManfaat seledri – Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan. Seledri diyakini oleh banyak orang dapat mengurangi kalori. Artinya mampu membakar lebih banyak kalori.

blog.regopantes.com

Tidak seperti sayuran lainnya, seledri dapat dikonsumsi di semua bagian. Terlepas dari rasa dan perannya di dapur, seledri sebenarnya adalah sumber yang kaya vitamin dan mineral penting. Seledri tinggi asam folat dan kalium yang digunakan tubuh untuk melakukan pada tingkat optimal. Jumlah vitamin C yang luar biasa dalam kandungannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Ini adalah salah satu makanan super yang harus Anda sertakan dalam menu untuk meningkatkan kondisi dan menjalani hidup sehat.

Berikut ini manfaat seledri untuk kesehatan :

1. Kesehatan Mata.

Banyak nutrisi yang ditemukan dalam seledri membantu melindungi mata Anda dari degenerasi makula. Seledri juga mengandung setidaknya 10% dari dosis harian vitamin A, yang sempurna untuk kesehatan mata.

2. Kesehatan Mulut.

Kebersihan mulut yang buruk, bakteri, makanan yang terjebak di gusi dan gigi, menyebabkan bau mulut. Mengunyah sebatang seledri berfungsi untuk mengeluarkan makanan dan menyegarkan napas Anda pada saat yang bersamaan.

3. Meredakan Stres.

Anda dapat mengatasi stres dengan cara alami menggunakan seledri. Ini mengandung magnesium yang bekerja untuk menenangkan sistem saraf Anda. Selanjutnya, Anda dapat memperbaiki tidur Anda dengan makan beberapa seledri saat makan malam.

4. Mengobati Infeksi Kandung Kemih.

manfaat seledri sangat membantu dalam menyingkirkan batu-batu empedu dari tubuh dan mengobati infeksi kandung kemih, sebagai akibat dari sifat anti inflamasi dan diuretik yang kuat.

5. Diuretik Alami.

Tingkat kalium dan natrium yang ditemukan secara alami di seledri membuatnya menjadi diuretik yang kuat. Ini sangat membantu dalam menyingkirkan racun berbahaya dari tubuh serta mengatur cairan.

Baca juga  Strategi WHO Mengatasi COVID-19!

6. Meningkatkan Kesehatan.

Penelitian telah menemukan bahwa seledri mampu membantu menyembuhkan penyakit peradangan seperti asam urat, radang sendi dan rematik karena sifat anti-inflamasi ampuh yang berhubungan dengan pembengkakan dan nyeri pada persendian. Untuk mengobati penyakit, perawatan harus menyertakan segelas jus seledri sehari.

7. Mengurangi Peradangan.

Seperti disebutkan sebelumnya, sayuran ini mengandung beberapa sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Kandungannya luteolin mengurangi peradangan di hippocamps, bagian otak yang berhubungan dengan memori. Mengatur tekanan darah Seledri kaya potasium yang membantu menurunkan tekanan darah.

8. Mengurangi Kolesterol.

manfaat seledri juga dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh seseorang. Mereka memicu produksi asam empedu yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol LDL dalam darah. Untuk menikmati manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi dua batang seledri setiap hari.

9. Mencegah Kanker Ovarium.

Senyawa campuran seledri mengandung senyawa yang melawan beberapa jenis kanker. Luteolin flavonoid berfungsi menghalangi pertumbuhan sel kanker. Phthlides serta polyacetylenes dalam seledri mendetoksifikasi sel kanker dalam tubuh dan membantu mencegah sel kanker, khususnya kanker ovarium.

10. Menurunkan Berat Badan.

Seledri adalah pilihan yang tepat yang harus menjadi bagian rutin diet Anda, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tangkai seledri hanya memiliki 15 kalori di dalamnya. Anda dapat mengunyah seluruh seledri tanpa khawatir tentang kalori dan serat di dalamnya akan membuat Anda kenyang lebih lama.

11. Meningkatkan Libido.

manfaat seledri membantu memberikan dorongan seks yang sehat karena mengandung androstenol dan androstenone yang telah ditemukan untuk membantu meningkatkan dorongan seks.

12. Anti Penuaan.

Sayuran ini mengandung antioksidan kuat serta vitamin A, C, E dan nutrisi penting lainnya. Vitamin E di dalamnya membantu menjaga kulit tetap lembab dan antioksidan dalam seledri membantu melindungi kulit dari zat berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

13. Menghilangkan Bau Badan.

Daun seledri dapat melawan bau badan. Kandungan seledri dapat melawan racun yang ada di dalam tubuh penyebab bau badan. Jadi, jangan lupa memasukkan seledri dalam makanan sehat Anda.

Baca juga  Waspada Penyakit Supir Karena Terlalu Lama Mengemudi

14. Mengatasi Masalah Minyak Berlebih di Kulit Wajah.

Memiliki wajah berminyak dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu, misalnya jerawat, hasil make up kurang maksimal, hingga wajah yang terlihat kusam. Coba deh atasi dengan seledri yang bisa membantu mengatasi wajah berminyak tanpa membuat kulit menjadi lebih kering. Seledri mempunyai kandungan vitamin A yang dapat mengontrol produksi minyak.

Ada pula kandungan asam lemak omega 6 yang membantu menjaga kulit wajah agar terjaga kekenyalannya. Caranya, sediakan potongan seledri yang masih segar, lalu masukkan ke dalam cangkir berisi air yang mendidih lalu tutup rapat. Setelah agak dingin, kemudian masukkan ke dalam lemari es. Gunakan air rendaman daun seledri tersebut untuk membasuh wajah menjelang Anda tidur.

15. kandungan Vitamin C Yang Mampu Mencerahkan Wajah.

Banyak produk pencerah wajah dijual dari harga murah hingga sangat mahal. Dengan mengaplikasikan daun seledri secara teratur, Anda pun juga bisa mendapatkan wajah cerah dengan mudah. Seledri mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin A yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati sehingga regenerasi kulit dapat berjalan dengan baik.

Hal ini lah yang membuat kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah. Selain itu, manfaat lainnya pun kulit wajah Anda bisa menjadi lebih lembut dan halu. Caranya mudah, cukup oleskan masker seledri ke wajah Anda setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal!

16. Mempunyai Berbagai Kandungan Vitamin, Seledri Mampu Menutrisi Kulit Wajah.

Walau wajah Anda tergolong normal dan sehat, penting lho melakukan perawatan wajah agar terhindar dari berbagai masalah. Seledri bisa menjadi pilihan Anda karena merupakan bahan perawatan yang mampu menutrisi kulit dan mampu mengeluarkan racun yang dapat membahayakan kesehatan kulit. Gunakan saja sebagai masker wajah dengan penggunaan rutin.

Caranya adalah campurkan seledri yang telah diblender dengan satu sendok minyak almond, satu sendok yoghurt, dan satu sendok oatmeal. Gunakan masker seledri ke seluruh bagian wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga  Manfaat Gelatin Untuk Kesehatan.

17. Mengatasi Kerontokan Rambut.

Manfaat seledri seledri untuk kesehatan rambut adalah mampu mengatasi kerontokan rambut. Caranya yaitu dengan mencampur daun seledri yang sudah ditumbuk hingga halus dengan putih telur, setelah itu oleskan pada rambut Anda dan diamkan selama kurang lebih 1 jam, terakhir, bilas dengan menggunakan sampo sampai bau amis dari putih telur hilang.

18. Mampu Menghilangkan Ketombe.

Ketombe merupakan salah satu permasalahan yang paling sering dihadapi oleh banyak orang, tidak memandang usia maupun jenis kelamin. Namun, kebanyakkan permasalah ketombe ini terjadi pada kaum perempuan. Nah, biasanya sih ketombe ini muncul karena penggunaan produk-produk untuk rambut yang berubah-ubah dalam kurun waktu yang cepat atau semata-mata karena tidak cocok dengan rambut Anda.

Daun seledri dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk kamu yang mengalami masalah ketombe. Caranya dengan menghaluskan daun seledri secukupnya, oleskan pada bagian rambut Anda sampai rata.

19. Menyuburkan Rambut.

manfaat seledri memiliki kandungan protein nabati yang mampu merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih subur. Cara pengaplikasian daun seledrinya pun sangat mudah, yaitu: siapkan 7 sampai 10 lembar daun seledri, cuci sampai bersih dan tumbuk hingga halus, oles dan gosokan pada rambut Anda lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam, dan terakhir, bilas dengan menggunakan sampo.

20. Meluruskan Rambut.

manfaat seledri ini jelas dibutuhkan untuk Anda yang selalu bermimpi memiliki rambut lurus alami. Cara untuk meluruskan rambut dengan daun seledri adalah dengan menumbuk daun seledri secukupnya sampai halus, campurkan dengan air dan peras, simpan air perasan dalam botol dan diamkan selama satu malam, setelah itu Anda bisa gunakan perasan tersebut untuk creambath rambut, dan terakhir bersihkan dengan menggunakan sampo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here