Terakurat.com – Manfaat Sepeda Statis – Bersepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga dengan cara mengayuh. Dengan bersepeda maka dapat menguatkan kaki, meningkatkan kesehatan tubuh serta membakar kalori.

Saat ini olah raga bersepeda dapat dilakukan di rumah, yakni dengan menggunakan sepeda statis. Alat yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Selain mampu mengurangi tingkat stress, sepeda statis juga mampu mengatasi penyakit berbahaya. Lanta apa saja manfaat sepeda statis untuk tubuh? Simak berikut ini fungsi sepeda statis yang harus kamu tahu.

Fungsi serta Manfaat Sepeda Statis

Mampu mengurangi Kolestrol

Kolestrol sebenarnya tak selalu muncul dalam konotasi yang buruk. Sepertihalnya bakteri, ada yang baik untuk tubuh dan jahat. Kolestrol juga terdiri dari kolestrol baik dan jahat. Kolestrol jahatlah yang sebenarnya dapat menmbulkan resiko penyakit jantung.

Selama kolestrol dalam keadaan yang normal, maka kolestrol tidak akan berbahaya. Maka dari itu, perlu untuk di ketahui bahwa bersepeda statis dapat menjaga kolestrol yang baik agar tetap tinggi dan menurunkan kadar kolestrol jahat.

Efek positif berolahraga sudah melewati berbagai pembuktian. Hal ini membuktikan bahwa sebaiknya orang-orang yang memiliki masalah pada kolestrol sebaiknya melakukan olahraga secara teratur dan kegiatan fisik seperti halnya sepeda statis.

Dapat mengurangi berat badan

Jika kamu menginginkan berat badan turun maka sepeda stastis bisa menjadi pilihan untuk membantumu membakar kalori dan lemak, bahkan mampu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Pembakaran kalori ini akan tergantung dari berat badan, beban, durasi dan intensitas latihan.

Ketika beban latihan ditingkatkan maka jumlah kaloru yang dibakar bisa meningkat meskipun pada intensitas yang sama. Dengan rutin berolahraga ini, menurunkan berat badan bisa menjadi lebh efektif bergantung pada kondisi tubuh.

Baca juga  Mencuci Tangan Dengan Benar, Cegah Virus Corona!

Menurunkan Resiko Diabetes

Olahraga fisik yang mengedepankan daya tahan seperti sepeda statis, dapat memberikan keuntungan bagi penderita diabetes. Diabetes ditandai dengan adanya kelebihan gula dalam darah. Sehingga ketika bersepeda statis, otot akan menggunakan glukosa dan hasilnya, tinggkat gula darah dalam tubuh akan berkurang.

Selain itu olah raga fisik juga memberikan keuntungan pada insulin dimana insulin merupakan hormon yang dikeluarkan tubuh dan mengatur tingkat gula dalam darah. Bagi orang-orang yang mengalami diabetes insulin tidak dapat bekerja secara baik. Maka dengan berolahraga secara rutin dapat meningkatkan insulin yang bekerja untuk menurunkan kadar gula darah.

Mampu menyehatkan jantung

Jantung yang terlatih dengan baik berdetak lebih sedikit dan memiliki pacu jantung yang lebih rendah, baik itu pada saat istirahat maupun pada saat kondisi latihan.

Idealnya, tekanan darah yang menjamin sirkulasi darah di arteri, juga lebih rendah pada jantung dalam keadaan yang seat.

Orang-orang yang terbiasa berlatih kemungkinan terkena serangan stroke yang lebih sedikit. Maka dari itu, diperlukan latihan yang rutin paling tidak 30-45 menit dalam 2 hingga 3 kali seminggu.

Memperkuat otot

Saat berolah raga menggunakan sepeda statis tak hanya baik untuk tubuh bagian bawah (kaki), tetapu juga tangan, perut serta punggung. Ketika bersepeda bagian bawah tubuh pastinya akan berkerja lebih banyak. Kemudian bagian punggung akan mempertahankan posisi tubuh. Otot pada lenganpun juga ikut berkerja meskipun lebih sedikit dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Ketika beban pada sepeda statis ditingkatkan, maka otot akan bekerja lebih keras sehingga dapat membentuk otot.

Sedangkan beban yang rendah pada sepeda statis sangatlah baik untuk pemanasan dan membantu meningkatkan ketahanan dan tentunya membutuhkan ltihan yang rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga  Pertolongan Awal Kanker Kulit

Olahraga ringan untuk Sendi

Olahraga yang satu ini kerap kali direkomendasikan untuk rehabilitasi khususnya setelah cedera pada kaki atau pergelangan kaki. Sepeda statis adalah olahraga yang ringan dan halus untuk sendi yang dapat membantu memulihkan cedera.

Mampu mencegah Alzheimer dan Parkinson

Sangatlah penting bagi seseorang yang berumur lebih dari 65 tahun ke atas untuk tetap aktif dan melakukan olahraga secara rutin. Banyak sebuah penelitian yang menunjukan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit menurun, seperti halnya alzheimer dan parkinson.

Hal seperti ini dapat dibuktikan karena olahraga fisik mampu menstimulasi beberapa area tertentu pada otak. Sepeda statis merupakan alat yang bisa dilakukan oleh hampir semua umur, baik itu daru umur 9 hingga 99 tahun.

Para peneliti juga menyoroti bahwa tidak ada kata terlambat bagi siapa aja yang intin memulai berolah raga.

Sangat baik untuk pernapasan

Sebenarnya bersepeda biasa tidak dapat memperbesar kapastias paru-paru. Akan tetapi olahraga fisik selama latihan dan memproduksi lebih sedikit karbon dioksida.

Sehingga ketika kita sudah terbiasa maka kamu tidak akan mudah kehabisan nafas dibandingkan yang jarang melakukan latihan bersepeda. Ditambah lagi apabila dilakukan secara rutin maka akan membantu meningkatkan kapasitas pernapasan. Hal ini dikarenakan frekuensi dan intensitas bernafas akan diatur secara lebih baik.

Mampu mengurangi resiko Cedera

Ketika sedang bersepeda ada kemungkinan untuk mengalami cedera dikarenakan persendian bisa mengalami tekanan besar, hal ini tergantung pada jalurnya.

Bahkan jika melewati jalur yang sulit kamu bisa saja terjatuh dari sepeda. Sehingga dengan bersepeda menggunakan sepeda statis akan lebih aman dan juga minim kemungkinan adanya cedera.

Umur panjang

Baca juga  Manfaat Nabeez atau Air Rendaman Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Berolahraga secara rutin tak hanya mampu mencegah berbagai penyakit, tetapi juga mempertahankan efektifitas sistem imun dalam tubuh terutama bagi lansia.

Bersepeda secara rutin dengan sepeda statis mampu memperpanjang waktu hidup dan membuatmu menjadi lebih berumur panjang.

Meningkatkan hormon Endorfin dan Serotonin

Ketika kamu bersepeda dengan sepeda statis, maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut dengan hormon Endorfin dan Serotonin. Kedua hormon tersebut biasa disebut dengan hormon bahagia, hal ini dikarenakan akan membawa kebaikan bagi tubuh dan mengurangi stres.

Kegiatan ini bisa menjadi anti stres dan antidepresan sehingga membuat seseorang akan merasa lebih bahagia. Selain itu, dengan bersepeda menggunakan sepeda statis bisa membantu untuk berhenti merokok.

Produksi endorfin yang dirangsang oleh kegiatan olahraga yang mengurangi gejala kecanduan, sehingga dapat membantu perokok untuk berhenti merokok.

Itulah beberapa manfaat dari sepeda statis yang bisa kamu dapatkan. Kamu tak perlu khawatir lagi untuk menggunakan sepeda statis untuk kegiatan olah raga karena dengan alat ini kamu bisa menjadi lebih sehat dan lebih bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here