Terakurat – Jika Anda seorang pencinta susu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba minuman susu cokelat yang populer ini. Milo, minuman cokelat serbuk yang berasal dari Australia, telah menjadi merek terkenal di seluruh dunia. Milo memiliki rasa yang lezat, terutama ketika dikombinasikan dengan susu, sehingga membuatnya menjadi favorit di antara banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa manfaat susu Milo bagi kesehatan? Artikel ini akan membahas secara detail tentang manfaat susu Milo untuk kesehatan.

Apa itu susu Milo?

Susu Milo adalah minuman susu cokelat yang terbuat dari campuran serbuk cokelat Milo dan susu segar. Milo merupakan merek susu cokelat yang terkenal di seluruh dunia. Milo asli berasal dari Australia dan telah diproduksi sejak tahun 1934. Susu Milo mempunyai rasa cokelat yang lezat dan dapat dinikmati dalam keadaan dingin atau panas.

Kandungan gizi susu Milo

Seperti halnya susu lainnya, susu Milo juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah daftar kandungan gizi susu Milo dalam satu gelas (240 ml) yang dikombinasikan dengan susu skim.

Kalori

Susu Milo mengandung sekitar 190 kalori per gelas (240 ml) yang dikombinasikan dengan susu skim.

Protein

Susu Milo mengandung protein, yang merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Setiap gelas susu Milo mengandung sekitar 10 gram protein.

Karbohidrat

Susu Milo mengandung karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Setiap gelas susu Milo mengandung sekitar 28 gram karbohidrat.

Lemak

Susu Milo mengandung sedikit lemak, hanya sekitar 2 gram per gelas.

Gula

Susu Milo mengandung gula yang cukup tinggi, sekitar 20 gram per gelas. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki masalah dengan gula darah, disarankan untuk mengonsumsi susu Milo dengan bijak.

Baca juga  Apa Itu Sindrom Nefrotik? Berikut Gejala Dan Cara Pengobatannya!


Manfaat susu Milo untuk kesehatan

Susu Milo tidak hanya lezat untuk diminum, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat susu Milo yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Susu Milo mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B12 yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu menghasilkan sel darah putih dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan tulang

Susu Milo mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Kalsium dan vitamin D dapat membantu mencegah osteoporosis dan membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Meningkatkan fungsi otak

Susu Milo mengandung vitamin B6 dan vitamin B12 yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan belajar.

Menjaga kesehatan jantung

Susu Milo mengandung flavonoid, yaitu senyawa antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Meningkatkan kinerja olahraga

Susu Milo mengandung karbohidrat dan protein yang dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga. Karbohidrat dapat membantu menyediakan energi untuk tubuh saat berolahraga, sementara protein dapat membantu memperbaiki dan memperkuat otot.

Bagaimana cara mengonsumsi susu Milo yang benar?

Susu Milo dapat dikonsumsi baik dalam keadaan dingin maupun panas. Anda dapat menambahkan susu Milo ke dalam susu segar atau air panas. Namun, disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak karena susu Milo mengandung gula yang cukup tinggi.

Efek samping dari susu Milo

Meskipun susu Milo memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi susu Milo secara berlebihan antara lain adalah kenaikan berat badan, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan terkait gula darah.

Baca juga  Mitos Atau Fakta, Begadangn Menimbulkan Jerawat?

Kesimpulan

Susu Milo merupakan minuman susu cokelat yang lezat dan populer di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, susu Milo juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, kalsium, protein, dan karbohidrat. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kinerja olahraga. Namun, penting untuk mengonsumsi susu Milo dengan bijak karena mengonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti kenaikan berat badan, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan terkait gula darah.

FAQ

  1. Apakah susu Milo mengandung gula tinggi? Ya, susu Milo mengandung gula yang cukup tinggi, oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak.
  2. Apakah susu Milo baik untuk kesehatan tulang? Ya, susu Milo mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.
  3. Apakah susu Milo cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga? Ya, susu Milo mengandung karbohidrat dan protein yang dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga.
  4. Apakah susu Milo dapat menyebabkan kenaikan berat badan? Ya, jika dikonsumsi secara berlebihan, susu Milo dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
  5. Apakah susu Milo cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan terkait gula darah? Tidak disarankan untuk mengonsumsi susu Milo secara berlebihan jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait gula darah. Namun, Anda masih bisa mengonsumsinya dengan bijak dan dalam jumlah yang tepat.

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here