Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar Zinc Oxide ? Kandungan mineral ini umumnya seringkali digunakan pada produk kecantikan mulai dari kosmetik, skincare termasuk juga sunscreen. Zinc Oxide dapat diandalkan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Namun, taukah kamu apa saja manfaatnya untuk kecantikan?

Zinc Oxide merupakan kandungan mineral berwarna putih dan bertekstur bubuk yang biasanya digunakan untuk kosmetik dan produk sunscreen. Mieral ini juga memiliki beberapa sifat yang menjadi ciri khasnya seperti tidak larut dalam air dan memiliki nama lain yaitu Seng Oksida. Tidak hanya pada produk kosmetik, sering digunakan dalam produk salep, krim, dan lotion yang dinilai memiliki banyak manfaat untuk kulit. 

Seringkali disebut sebagai filter UV dengan broadest spectrum atau perlindungan sangat luas yang terkandung di dalam sunscreen. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam membentuk ‘lapisan pelindung’ bagi kulit dari sinar UVA dan juga UVB.  

Selain disebut sebagai tipe UV Filter yang paling aman digunakan untuk kulit, Zinc Oxide juga memiliki stabilitas yang baik serta anti-iritasi, sehingga tetap aman digunakan pada kulit dan memiliki banyak manfaat lainnya, seperti mencegah timbulnya kanker kulit, hingga menenangkan ruam pada kulit.

Sebagai Pelindung dari Sinar Matahari.

Berkat perannya dalam membentuk lapisan pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB,

Kandungan ini juga mampu memantulkan kembali sinar UV hingga panjang gelombang mencapai  380mm dengan menghamburkannya ke udara. Selain itu, Zinc Oxide juga merupakan bahan pelindung sinar UV terbaik yang memiliki tekstur sangat lembut dan bisa diaplikasikan pada kulit kita. Hal ini dapat dibuktikan oleh pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (U.S. FDA) yang menyatakan bahwa Zinc Oxide merupakan satu-satunya filter UV yang aman digunakan oleh bayi berusia di bawah enam bulan. 

Baca juga  Rekomendasi Madu Terbaik untuk Masker Wajah.

Dengan kemampuannya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, selain itu juga bisa membantu kulit agar terhindar dari dampak buruk sinar UV. Mulai dari kulit yang terbakar akibat sinar matahari, munculnya sunspot pada kulit, kulit berjerawat dan kering, kerutan halus tanda penuaan dini hingga risiko kanker kulit.

Semakin penasaran bukan? Bagaimana bisa Zinc Oxide dapat mencegah terjadinya kanker kulit? Berikut ini manfaat Zinc Oxide yang wajib kamu ketahui.

Mencegah Kanker Kulit.

Selain dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit, sinar UV juga bisa merubah DNA yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kemampuan sinar UV yang mampu menembus ke dalam lapisan kulit yang akhirnya membunuh sel-sel kulit serta merusak DNA pada sel kulit. 

Kemampuan Zinc Oxide berperan besar dalam mencegah terjadinya kanker kulit. Zinc Oxide akan memantulkan sinar UV dan menghamburkannya kembali ke udara. Bahaya  sinar UV tidak hanya membuat kulit terbakar saja, tetapi juga dapat merusak DNA pada sel kulit dan memicu tumbuhnya sel kanker.

Mengatasi Ruam Pada Kulit.

Manfaat lainnya dari Zinc Oxide adalah dapat mengatasi ruam kulit, dengan cara meredakan peradangan pada kulit yang sifatnya ringan-sedang. Hal ini dikarenakan Zinc Oxide bisa menenangkan kulit yang terasa gatal atau panas akibat ruam. Selain itu juga dapat membantu melindungi kulit dari iritasi lebih lanjut dengan membentuk lapisan perlindungan di kulit. Hal inilah yang membuat kandungan Zinc Oxide sering digunakan pada produk khusus untuk bayi, selain produk sunscreen dan kosmetik. 

Cocok untuk Semua Jenis Kulit.

Manfaat Zinc Oxide ini dapat dirasakan oleh semua jenis kulit, tanpa menimbulkan reaksi yang negatif. Jadi bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, kering, bahkan sensitif tidak perlu khawatir lagi. Karena Zinc oxide dapat digunakan dan aman untuk semua jenis kulit.

Baca juga  Cara Merawat Kuas Make Up.

Nah, itulah beberapa pengertian dan manfaat Zinc Oxide yang perlu kamu ketahui. Sinar UV memang selalu menjadi hal yang menakutkan bagi setiap wanita yang sangat menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya. Untuk itu, merawat kulit juga merupakan bagian yang paling penting agak kita tetap tampil percaya diri dengan kulit indah dan sehat yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here