terakurat.commelihat-planet– Planet atau disebut juga bintang siarah adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang. Kata planet sudah ada cukup lama dan memiliki hubungan sejarah, sains, mitologi, dan agama. Oleh peradaban kuno, planet dipandang sebagai sesuatu benda yang abadi atau sebagai perwakilan dewa. Seiring berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan, pandangan manusia terhadap planet jadi berubah.

Dalam sistem tata surya terdapat planet yang berjumlah delapan planet. Planet-planet tersebut mengelilingi matahari yang merupakan tata surya paling besar. Setiap planet yang bergerak atau beredar mengelilingi matahari dalam gerak revolusi atau pergerakan planet-planet.

Gerak revolusi setiap planet berbeda-beda dan dalam waktu yang teratur. Mereka juga memiliki lintasan tersendiri. Sehingga planet-planet tidak saling bertabrakan. Planet yang terdekat dengan Matahari memiliki waktu revolusi yang paling cepat. Sementara planet yang terjauh dari Matahari akan memiliki waktu revolusi paling lama.

Planet-planet yang berdasarkan jarak terdekat dengan Matahari adalah, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Merkurius.

Merkurius merupakan planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang paling dekat dengan Matahari. Kala revolusi 88 hari dan kala rotasi 59 hari. Kecerahan planet ini berkisar antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan Matahari kecil.

Untuk melihat merkurius kamu wajib bangun subuh,karna merkurius akan muncul 1 jam sebelum matahari terbit. Kamu juga bisa melihatnya di sore hari,di Iangit barat merkurius muncul 1 jam setelah matahari terbenam. Merkurius akan terlihat seperti bintang berwarna keemasan.

Venus.

Venus merupakan planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Planet ini mengorbit Matahari selama 224,7 hari Bumi. Venus tidak memiliki satelit alami, Venus juga dinamai dari dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Romawi. 

Baca juga  Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Selalu Nyaman Selama Perjalanan

Sama seperti merkurius, planet venus juga sering muncul di pagi hari sebelum matahari terbit dan kembali muncul di ufuk Barat setelah matahari terbenam. Venus seringkali menyambangi langit bumi dan “menyamar” menjadi bintang paling terang setelah bulan.

Mars.

Merupakan planet ke empat yang paling dekat dengan matahari dan menjadi planet terkecil kedua setelah Merkurius. Mars disebut juga planet merah.

Planet ini tidak terlalu sering mengunjungi kita sehingga kamu harus mencari informasi mengenai waktu kemunculannya. Jika kamu sudah tau waktu kedatangan mars, yang perlu kamu lakukan hanyalah keluar dan mencari bintang berwarna merah di langit malam.

Jupiter.

Jupiter merupakan planet terdekat kelima dari Matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet ini juga merupakan planet yang terbesar di Tata Surya. Jupiter merupakan raksasa gas dengan massa seperseribu dari massa Matahari dan dua setengah kali dari jumlah massa semua planet lain yang ada di Tata Surya.

Jarak bumi dan Jupiter sebenarnya cukup jauh. Namun karena ukurannya yang besar, kamu masih bisa melihat planet ini di langit malam sebagai objek ketiga paling terang setelah bulan dan venus. Namun, sama seperti Mars, planet ini tidak selalu bisa dilihat dengan mudah.

Saturnus.

Saturnus merupakan sebuah planet di tata surya yang dikenal juga sebagai planet bercincin, Saturnus merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari, karena itulah Saturnus tidak terlihat dengan jelas dari Bumi. Saturnus berevolusi dalam waktu hingga 29,46 tahun. 

Planet ini biasanya berada di Iangit bagian Selatan bersama dengan tetangganya, Jupiter. Sayangnya karna jaraknya yang jauh kamu tidak akan bisa menyaksikan saturnus lengkap dengan cincin karna di langit saturnus hanya akan tampak seperti bingtang.

Baca juga  Menu Praktis Untuk Buka Puasa!

Jika kamu ingin membedakan Planet dan bintang,
Caranya cukup mudah. Bintang akan terlihat berkelip di Iangit malam, sedangkan planet tidak. Atau kamu juga bisa menggunakan teleskop untuk melihatnya agar tampak Iebih jelas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here