Terakurat – Membuat Mind Map menggunakan Mindly – Buat sebagian orang, mengatur tugas-tugas yang harus dikerjakan seharian mungkin termasuk hal yang simpel dan tak perlu alat khusus untuk mengerjakan hal tersebut. Tapi, untuk beberapa orang mungkin belum tentu seperti itu.

Ada sekelompok orang yang kerap kali mengatasi kesulitan mengingat tugas apa saja yang harus dikerjakannya dalam seharian. Ada juga yang kehilangan jejak akan tugas yang telah diselesaikan, yang sedang diselesaikan dan yang belum diselesaikan.

Namun, yang merepotkan adalah jika profesi orang tersebut memang mengharuskan bekerja secara multitasking dalam satu waktu. Seperti penulis, editor, manajer proyek, dosen, peneliti dan masih banyak lagi, kerap kali harus bekerja dengan multi tugas. Seorang dosen misalnya, harus bisa membagi waktu antara mengajar, membuat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga tugas ini pastinya harus dijejaki dengan baik agar tidak saling tumpang tindih dan menyita waktu yang tidak diperlukan.

Pemetaan pikiran, atau Mind mapping adalah suatu manajemen gagasan dengan memanfaatkan visualisasi dari topik atau pokok pikiran. Visualisasi tersebut melibatkan penghubungan antar gagasan, pengelompokan gagasan dan penataan gagasan. Metode seperti ini dapat membantu orang-orang yang tidak bisa mengorganisasi gagasannya menjadi mampu menata gagasan dengan baik, teratur dan sistematis.

Mind mapping sebenarnya sangatlah simple, alat yang dibutuhkan hanyalah pesil atau pulpen dan kertas saja. Akan tetapi tidak semua orang selalu sedia pensil dan buku catatan kemana-mana. Banyak yang berpikir bahwa membawa alat-alat seperti itu tidak lah praktis.

Nah, untuk mengatasi ketidak praktisan tersebut, maka kita beralih pada teknologi yang fungsinya mempermudah dan membantu manusia dalam berkegiatan. Teknologi yang praktis dan paling mudah dijangkau tentunya smartphone alias ponsel pintar.

Tips Mudah Membuat Mind Map menggunakan Mindly

Terdapat banyak sekali aplikasi mindmap yang tersedia di pasar aplikasi, baik itu pada Google Playstore maupun Apps Store. Ada yang berbayar ada juga yang gratis. Nah, rekomendasi aplikasi untuk membuat mind map adalah Mindly.

Baca juga  8 IDE MERAYAKAN TAHUN BARU DIRUMAH.

Aplikasi yang diberi nama Mindly ini merupakan salah satu aplikasi untuk membuat mind map terbaik yang dikembangkan oleh dripgrind. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel android dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali, serta mendapatkan penilaian 4,6 bintang dari 2,6 ribu ulasan pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga pernah mendapatkan ulasan langsung dari editor, alias Editor Choise.

Beberapa alasan utama yang menjadikan Mindly salah satu aplikasi yang direkomendasikan.

  • Ukuran aplikasinya sangat kecil. Ukuran kecil berarti tidak banyak memakan memori penyimpanan dan biasanya tidak membutuhkan RAM besar untuk menjalankannya.
  • Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan dipelajari.
  • Mindly memiliki konsep visualisasi yang berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan aplikasi sejenis, umumnya aplikasi pemetaan pikiranmenggunakan visualisasi dengan bagan.
  • Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tanpa adanya iklan yang menganggu, tidak seperti kebanyakan aplikasi gratis lainnya yang tersedia di Google Playstore. Namun, meski demikian kamu juga bisa mendapatkan versi pronya dengan harga tertentu, dan dengan fitur yang lebih baik.

Tips Membuat Mind Map menggunakan Mindly

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduhnya terlebih dahulu dengan cara membuka Google Play Store, lalu pada kotak pencarian ketikan kata kunci Mindly.

Membuat Mind Map menggunakan Mindly

Klik tombol pasang, dan tunggulah hingga Mindly sukses terinstal pada ponsel Android. Setelah terunduh, kamu bisa membukanya melalui laci aplikasi atau langsung dari layar depan.

Pada penggunaan pertama aplikasi Mindly akan menampilkan sebuah tutorial singkat hanya hanya terdapat dua slide saja.

Membuat Mind Map menggunakan Mindly

Memang hanyalah dua slide, karena aplikasi ini juga tidak terlalu sulit untuk digunakan. Setelah kamu membaca paduan singkatnya kamu bisa mengetuk tombol Done.

Mindly memanfaatkan gagasan atau topik dengan objek lingkaran. Ketika pertama kali kamu membuka aplikasi ini, kamu akan menemukan dua lingkaran, satu lingkaran dengan tanda plus besar di tengah dan satu lagi berwarna hijau bertuliskan welcome. Lingkaran bertuliskan welcome adalah contoh pemetaan gagasan menggunakan aplikasi Mindly

Baca juga  Situs Download Drama Korea dan Film Korea Terbaru

Jika kamu mengklik lingkaran tersebut, maka akan membuka topik-topik yang berada pada lingkaran welcome.

Didalam lingkaran topik welcome, terdapat tiga lingkaran topik lain, yaitu Share, Play with Your Ideas dan How to use. Secara garis besar, rangkaian gagasan Welcome adalah semacam paduan penggunaan dan pengenalan tentang apa yang bisa dilakukan mindly, dengan memberi contoh organisasi topik secara langsung. Kamu bisa menjelajahi topik-topik lain di dalam lingkarang topik welcome tersebut dengan mengetuk tap lingkaran topiknya.

Ketika kamu membuka topik yang lingkupnya lebih kecil, maka Mindly akan menampilkan lingkaran topik yang lebih besar di pojok kiri atas. Kamu hanyalah perlu mengklik lingkaran tersebut untuk kembali ke lingkaran topik yang lebih besar.

Cara membuat lingkaran topik baru

Untuk membuat gagasan baru juga tidaklah sulit, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk berikut ini.

Pertama, tap lingkaran bertanda plus. Setelah itu akan muncul sebuah dialog dengan tiga tab: text, color dan icon.

Jika sudah lalu masukan nama topik utama yang kamu ingin kan pada kotak Text. Dibawah kotak text tersebut terdapat lahan untuk membuat catatan kecil. Kamu bisa menambahkan penjelasan atau catatan detail tentang topik utama.

Lalu pada tab Color, kamu bisa memilih warna untuk lingkaran topik tersebut. Terdapat dua kelompok warna, yaitu Minly Classics dan Bright Colors. Jika kamu mengklik salahsatu warna tersebut, maka pratinjau dari lingkaran topik yang sedang kamu buat akan berubah warnanya.

Untuk mempermudah pengelompokan dan kategorisasi topik, kamu bisa menggunakan pengelompokan berdasarkan warna. Nantinya, topik yang serupa atau gagasan yang berada di bawah satu lingkaran topik tertentu akan menggunakan warna gradasi yang serupa dengan topik utamanya.

Baca juga  Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam dan Manfaatnya

Gunakan opsi Varying untuk mengatur anak-anak topik agar menggunakan gradasi dari warna topik utama. Atau bisa juga menggunakan Same color untuk mengatur anak-anak topik menggunakan warna yang sama dengan topik utama.

Selanjutnya, tap pada pilihan icon. Pada pilihan ini kamu bisa memberikan hiasan ikon untuk topik yang kamu buat.

Meskipun fitur ini hanyalah sekedar penghias, namun pemberian ikon pada topik sebenarnya bermanfaat dalam organisasi topik.

Teradapat banyak sekali tema ikon yang bisa kamu pilih di menu ikon. Mulai dari ekspresi smiley, tangan, waktu, uang dan angka, olahgraga dan lainnya.

Setelah kembali pada layar topik, kamu akan mendapati kurang lebih seperti pada gambar berikut ini. Konsep pemetaan pikiran menggunakan aplikasi Mindly memanglah agak unik dari aplikasi lain sejenisnya.

Kebanyakan aplikasi lain menggunakan konsep visualisasi bagan, sedangkan Mindly menggunakan Visualisasi seperti tata surya, yaitu lingkaran yang memiliki orbit dan dapat dilingkari oleh lingkaran lain yang juga memiliki orbit.

Itulah cara mudah menggunakan aplikasi Mindly sebagai peta pikiran datau mind mapping. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dalam versi gratis maupun berbayar. Jika kamu menggunakan versi gratisnya maka terdapat beberapa fitur yang terkunci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here