Patreon merupakan sebuah platform digital yang berkaitan dengan pembiayaan/pendanaan sebuah proyek, termasuk proyek digital. Dimana pembuat konten/artis di seluruh dunia bisa mengambil untung dari pengikut mereka.

Di Patreon siapapun bisa memberikan konstribusi dalam jumlah yang kecil melalui pendanaan atau crowdfunding sehingga si artis atau pembuat konten bisa melanjutkan karyanya.

Patreon berkantor pusat di san francisco, Platform ini dibuat pada bulan Mei tahun 2013 oleh musisi Jack Conte dan pembangun Sam Yam.

Cara Kerja Patreon.

Gaji atau pendapatan bisa didapat dari pengikut secara sukarela, dikarenakan melalui platform ini siapa saja dapat berkonstribusi dalam pendanaan maupun crowdfunding. Dengan begitu para pembuat konten atau artis bisa menerima pendapatan dan bisa melanjutkan pekerjaan mereka. Pengikut akan membayar untuk mendukung Kreator mereka agar bisa terus melanjutkan karyanya.

Kreator akan membuat konten berbayar untuk pelanggan agar bisa menikmati karya-karya mereka. Dengan demikian para kreator akan mendapatkan penghasilan dan pelanggan bisa menikmati layanan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Platform ini juga menjadi bukti bahwa hubungan antara para kreator dan penggemar terus berkembang sehingga menjadi rumah bagi 200.000 lebih kreator.

Akses profil pengguna setelah kamu terdaftar. Patreon akan merekomendasikan karya-karya mulai dari yang paling populer. Kamu juga bisa memilih karya mana yang akan kamu berikan biaya. Jika kamu tidak bisa memilih artis tertentu, kamu bisa menelusurinya menggunakan kata kunci. Klik foto profil yang ada di pojok kanan atas untuk mengakses menu tarik-turun. Pilih “Jelajahi Pembuat” dan kamu akan diarahkan untuk mengakses halaman baru.  Dengan begitukamu bisa menjelajahi karya-karya baru yang dari berbagai bidang tematik Patreon.

Untuk menjadi seorang kreator, kamu hanya perlu meluncurkan halaman untuk memulai keanggotaan. Kamu bisa mengundang para penggemar untuk menjadi bagian dari sesuatu yang menarik serta dapat  memberi mereka keuntungan unik seperti yang diinginkan, misalnya akses tambahan, barang dagangan, eksklusivitas, dan pengalaman yang menarik. Sebagai imbalannya, sponsor membayar berdasarkan langganan.

Baca juga  Peluang Bisnis Yang Bisa Kamu Coba Selama Pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here