Terakurat.com – Menggunakan Masker ditengah Pandemi – Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien yang positif terinfeksi corona tiap harinya terus meningkat, munculah himbauan agar selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Ditengah pandemi corona seperti ini, banyak edaran berita yang kontroversial mengenai menggunakan masker ditengah pandemi corona. Beberapa dari negara mewajibkan masyarakatnya untuk selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah, sedangkan negara seperti Amerika Serikat justru malah bertindak sebaliknya.

Mungkin kamu menyadari bahwa, stok masker kian hari semakin menipis sedangkan permintaan terus meningkat. Bahkan tak jarang, masker di jual dengan harga yang tak masuk akal.

Hal seperti ini juga terjadi di beberapa negara lain, sehingga pemerintah mewajibkan masker medis di prioritaskan untuk petugas kesehatan yang lebih membutuhkan. Sedangkan untuk masyarakat, World Health Organization menyarankan agar pemakaian masker kain yang praktis dan mudah untuk dibuat sendiri. Seiring dengan himbauan World Healt Organization tersebut, pemerintah indonesia sekarang juga mewajibkan kepada tiap masyarakan agar selalu menggunakan masker kain saat berada di luar rumah.

Menggunakan Masker ditengah Pandemi

Meskipun tidak se-efektif masker N-95, akan tetapi masker yang satu ini dapat mengurangi risiko terjangkit virus yang berbahaya ini.

Mencegah penyebaran melalui droplet

Bukanlah suatu hal yang mengerankan lagi apabila vorus corona dapat menyebar melalui cairan droplet orang sakit dari batuk, bersin bahkan pada saat berbicara. Pada saat jatuh pada permukaan benda, cairan ini dapat bertahan cukup lama.

Bagi yang sudah dinyatakan positif covid-19, salah satu cara efektif untuk mencegah penyebaran virus melalui droplet adalah dengan cara menggunakan masker. Hal yang perlu di ingat bahwa, gejala virus dapat terlihat setelah 2 hingga 14 hari waktu terinfeksi. Nah, di saat inilah juga kamu berpotensi menyebarkan virus ke orang lain.

Baca juga  NTPN Pajak Kamu Hilang? Berikut ini Cara Mendapatkannya Kembali

Hampir 25% pasien tidak mengalami gejala

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa gejala dari corona ini sulit bernafas hingga demam. Tapi nyatanya, hampir 25% orang yang positif covid-19 ini tidak mengalami gejala sulit bernafas ataupun demam bahkan sama sekali tidak bergejala.

Jadi meskipun kamu merasa sehat, tetaplah menggunakan masker pada saat bepergian sepertihalnya untuk belanja kebutuhan makanan ataupun ke apotik.

Melindungi wajah

Jika kamu sering memegang wajah ternyata dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19. Pada saat kamu memegang benda di publik, virus di permukaan ini dapat menempel di area tangan mu, lalu menyebar ke area mata, mulut dan hidung ketika kamu memegang wajah.

Dengan menggunakan masker maka berpotensi mengurangi orang yang kerap menyentuh bagian wajah mereka. Hal ini merupakan salah satu sumber penyebaran yang sering kali tidak disadari. Namun, manfaat ini hanya akan efektif apabila dipadukan dengan rutin mencuci tangan.

Mengurai paparan virus dari partikel Aerosol

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa virus corona ini dapat menyebar melalui droplet dan permukaan. Sedangkan topik penyebaran vrus corona melalui udara yang awalnya hoax, sekarang mulai di perdebatkan. Wajar saja, pasalnya virus yang satu ini cenderung baru dan masih perlu di teliti lebih dalam lagi.

Hingga saat ini, masih belum ada keyakinan apakah virus yang satu ini dapat menyebar melalui udara ataukah tidak. Namun menurut sebuah penelitian The New England Jurnal of Medichine, ada kemungkinan covid-19 ini dapat bertahan di udara selama beberapa jam. Yang pastinya, kita saat ini masih belum mengetahui seberapa efektif transmisi virus dalam metode ini.

Namun, World Health Organization terus menghimbau kepada masyarakat agar selalu tetap berhati-hati dengan potensi penyebaran virus dalam bentuk aerosol. Beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan adalah social distancing dan penggunaan masnker yang benar.

Baca juga  Manfaat dan Keutamaan Bersedekah yang Dapat Memuliakan Hidup

Nah, dengan kata lain, masker kain wajib digunakan bagi orang yang positif terinfeksi maupun yang sehat untuk mengurangi penularan Covid-19. Jika memungkinkan, sisihkan masker medis untuk petugas kesehatan yang lebih membutuhkan.

Dengan adanya kasus positif corona di tanah air yang terus meningkat, maka jangan lupa juga untuk mengurangi bepergian kemana-mana sementara, tetap terapkan social distancing, menjaga pola hidup dan tetap rutin mencuci tangan agar terhindar dari covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here