Terakurat – Ketika kamu membeli ponsel Android baru, biasanya didalamnya sudah terdapat beragam aplikasi. Beberapa aplikasi bawaan tersebut terkadang sangat berguna, namun sisanya tidak berguna dan bahkan cenderung mengganggu ketika kita menggunakan smartphone tersebut.

Tapi masalahnya, cara menghapus aplikasi bawaan di android tidak semudah menguinstal aplikasi android biasa.

Berbagai aplikasi tersebut biasanya sudah tertanam di sistem sehingga tidak dapat dengan mudah untuk kita hapus. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan merugikan pasalnya hanya akan membuang-buang kapasitas memori saja.

Selain itu, berbagai aplikasi bawaan ini juga biasanya aktif secara otomatis ketika android di nyalakan. Jika sudah begitu maka secara otomatis aplikasi ini akan memakan daya batrai juga meskipun tidak kita gunakan. Nah, maka dari itu berikut ini ulasan menganai tips menghapis aplikasi bawaan android yang tertanam di sistem.

Tips Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Tanpa Akses Root

Melakukan Uinstall pada pengaturan aplikasi

Tak perlu repot-repot untuk melakukan rooting pada Android yang kamu miliki pasalnya saat ini sudah banyak aplikasi bawaan atau bloatware yang bisa langsung di uinstall. Berikut ini beberapa langkahnya untuk menguinstall aplikasi bawaan tanpa root.

  • Masuk pada “Setelan” kemudian pilih pada “aplikasi”
  • Setelah itu, kamu bisa langsung memilih aplikasi bawaan yang akan di Uinstall. Namun kamu harus tahu, terdapat beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa di uinstall, contohnya clock, device service, dan lainnya.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung klik “Copot Pemasangan” pada aplikasi tersebut.

Cara yang satu ini bisa digunakan oleh perangkat android manapun. Meski berbeda merk dan user interface tetapi konsep untuk melakukan uinstall pada aplikasi bawaan masih tetap sama.

Baca juga  Menu Sahur dan Berbuka Puasa.

Menonaktifkan aplikasi

Selain dengan menguinstallnya, untuk aplikasi yang tidak dapat di copot pemasangannya dapat di non aktifkan pada setelan aplikasi. Namun jika kamu tidak ingin mengambil resiko kerusakan lainnya, maka kamu dapat mengikuti trik berikut ini.

  • Masuk pada setelan
  • Setelan aplikasi terinstal
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin di non-aktifkan
  • Kamu akan diberi pesan peringatan untuk tidak menon-aktifkan aplikasi yang penting. Jika kamu sudah yakin klik OK.

Namun harus kamu ingat bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat di non-aktidkan. Pasalnya terdapat beberapa aplikasi penting yang tidak boleh di disable seperti aplikasi kontak, pesan, telepon dan lainnya. Maka dari itu pastikan aplikasi yang dinon-aktifkan tersebut memang tidak dibutuhkan.

Setelah proses ini selesai, maka berbagai aplikasi bawan yang tidak diperlukan tersebut tidak akan aktif dan tampil pada menu utama. Dengan begitu maka aplikasi bawaan yang telah di non-aktifkan tidak akan ikut menghabiskan daya baterai seperti sebelumnya. Namun aplikasi tersebut tetap akan tinggal didalam penyimpanan android anda sehingga kapasitas memori kamu tidak lah bertambah.

Jika kamu ingin mengaktifkan kembali aplikasi tersebut, maka kamu cukup mengikuti cara di atas tadi dan klik aktifkan aplikasi untuk mengaktifkannya kembali. Berbagai aplikasi tersebut juga akan aktif kembali jika kamu melakukan reset pabrik.

Dengan akses root

Tips menghapus aplikasi bawaan android berikut ini khusus untuk yang sudah di root. Akan tetapi jika kamu ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut untuk menambah kapasitas memori, maka kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Setelah melakukan rooting, maka terdapat banyak cara untuk menghapus aplikasi bawaan android tersebut. Diantaranya adalah dengan menginstal custom rom atau pun dengan menggunakan beberapa aplikasi untuk menghapus aplikasi bawaan android.

Baca juga  Jenis Sayuran Yang Bisa Ditanam di Dalam Pot!

Menggunakan Root Expoler

Root expoler merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki jika perangkat android yang kamu miliki sudah di root. Aplikasi ini tidaklah jauh berbeda dengan aplikasi file manager lainnya, namun Root expoler mampu membuka sekaligus mengedit beberapa file sistem dan menghapus berbagai macam file yang terdapat di sistem android.

Cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan root expoler sangatlah mudah.

  • Download dan instal aplikasi Root Expoler terlebih dahulu. Klik disini untuk mengunduhnya.
  • Lalu buka aplikasi tersebut dan klik tombol “Mount as R/W” di pojok kanan atas.
  • Setelah itu akan muncul permintaan Super User dan klik Izinkan.
  • Setelah itu buka folder “System>App”, jika kamu menggunakan android 10 maka buka direktori “System>Product>App”.
  • Pilih salah satu aplikasi tersebut, tekan dan tahan lalu klik delete. Setelah itu restart Android kamu dan aplikasi tersebut akan terhapus secara otomatis.

Perlu di ingat, kamu harus benar-benar mengetahui aplikasi yang dihapus tersebut bukanlah aplikasi yang vital untuk Android. Jika kamu salah menghapus, bisa jadi perangkat yang kamu miliki tidak akan berjalan normal atau mengalami Bootloop.

Menggunakan Link2SD

Selain dapat digunakan untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, Link2SD juga dapat kamu manfaatkan untuk menghapus berbagai macam aplikasi bloatware yang tidak berguna. Cara nya adalah

  • Unduh dan pasang aplikasi Link2SD tersebut di link berikut ini.
  • Lalu klik tombol “Action” lalu pilih opsi uinstall.
  • Jika muncul peringatan klik OK untuk melanjutkan.

Titanium Backup

Aplikasi yang satu ini selain dapat digunakan untuk membuat cadangan aplikasi sebelum ganti Rom juga dapat digunakan untuk menguinstall aplikasi sistem. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai aplikasi Swiss Knife-nya android karena memiliki beragam fitur yang bermanfaat.

Baca juga  Resep Cemilan Sehat Untuk Buka Puasa dan Cara Membuatnya

Salah satu diantaranya adalah kemampuannya untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan atau aplikasi yang tertanam di system. Caranya juga cukuplah mudah, kamu hanya tinggal membuka aplikasi Titanium backup ini, kemudian pilih aplikasi yang ingin di hapus.

Setelah terpilih, tekan dan tahan aplikasi tersebut dan pilih opsi hapus atau uinstall. Setelah itu, aplikasi tersebut akan langsung hilang dari perangkat android yang kamu miliki.

Ganti Rom

Jika kamu tidak ingin ribet menggunakan aplikasi tersebut, maka solusi lainnya adalah dengan menggunakan Custom Rom.

Saat ini sudah banyak Custom rom yang dikembangkan dan tersedia tanpa bloatware sama sekali. Custom rom tersebut sengaja dibuat oleh komunitas android ada juga yang sengaja dibuat oleh individu.

Salah satu Custom rom yang sangat direkomendasikan diantaranya adalah, Pixel Experience, AEX, Havoc OS, AICP, CORVUS dan masih banyak lagi. Pixel Experience merupakan salah satu custom rom yang populer dikalangan pengguna android, pasalnya selain menggunakan base CAF, kamu juga dapat merasakan Android Google Pixel di smartphone yang kamu miliki.

Nah, itulah beberapa tips menghapus aplikasi bawaan android yang bisa kamu lakukan. Dengan menghapusnya maka kamu bisa menghemat batrai sekaligus menambah ruang penyimpanan di memori internal perangkat android yang kamu miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here