Terakurat – Negara Tertua – Dunia ini terdiri dari ratusan negara dengan berbagai macam latar belakang sejarah dan budayanya. Berdirinya sebuah negara memanglah tak lepas dari bebrapa peristiwa yang menyelimutinya, mulai dari migrasi satu bangsa hingga kolonialisme.

Nah berikut ini beberapa negara-negara tertua yang hingga kini masih menyimpan sisa-sisa peradaban yang dapat membuat kagum masyarakat dunia.

Negara Tertua di Dunia yang Hingga Kini Masih Berdiri

Mesir

Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia yang hingga kini masih eksis. Kerajaan mesir pertama kali didirian oleh raja Menes pada tahun 3100 SM. Mesir sendiri diketahui merupakan salah satu negara yang memiliki peradaban kuno tertua du dunia.

Bangsa mesir diperkirakan telah menempati lembah sungai Nil sejak 6000 SM. Bangsa inilah yang kemudian diketahui sebagai bangsa mesir Kuno.

Mesir Kuno ber ibukota di Memphis, sebuah kota kuno yang terletak tak jauh dengan Kairpo. Beberapa peninggalan peradaban masih bisa ditemukan hinga saat ini, diantaranya adalah Piramida dan Patung Spinx. Keduanya dikenal oleh masyarakat dunia sebagai salah satu ikon negara tersebut.

China

Negara tertua di dunia selanjutnya adalah China. Negri tirai bambu ini diperkirakan telah berdiri lebih dari 4000 tahun silam. China sendiri diketahui telah menjadi negara kekaisaran untuk pertama kalinya pada abad ke 17 SM dibawah kekuasaan Dinasti Shang. Para ahli sejarah sendiri mengklaim bahwa jauh sebelumnya China pernah berada di bawa kekaisaran dinasti Xia yang sebelumnya sudah berkuasa sejak tahun 1070-1600 SM.

China sendiri memproklamasikan pada dunia sebagai sebuah negara sejak tahun 221 SM dibawah kekuasaan kaisar Qin Shi Huang dari dinasti Qin yang merupakan kaisar pertama China setelah seluruh daratan China dipersatukan pada masa kekaisaran Dinasti Han di abad ke 3 Masehi.

Baca juga  Teori Konspirasi Paling 'Hallu' Tentang Virus Corona!

Yunani

Jika membicarakan mengenai negara tertua, Yunani termasuk dalam daftar negara tertua di dunia. Negara ini diperkirakan telah berdiri sejak 4000 tahun silam dimana peradaban Yunani sendiri sudah muncul sejak 800 M.

Yunani sendiri merupakan salah satu tempat lahirnya filsuf dunia, seperti Plato, Aristiteles dan Socrates. Yunani terkenal karena kebudayaan modernnya serta sistem pemerintahannya. Kedua hal tersebut diperkirakan telah ada sejak tahun 502-508 SM. Athena merupakan ibu kota Yunani yang telah menganut sistem demokrasi untuk pertama kalinya di dunia. Sementara Yunani modern hingga saat ini mulai muncul setelah terjadinya Yunani pada tahun 1821.

India

India sendiri secara resmi telah berdiri sejak tahun 2947 setelah terbebas dari kolonialisme Inggris. India termasuk kedalam salah satu neara tertua di dunia yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Peradaban di negara tersebut diperkirakan pertama kali muncul sejak 10000 tahun silam di lembah sungai indus.

Sementara itu, kerajaan yang ada di India sendiri diperkirakan mulai bermunculan sekitar tahun 1500 SM hingga tahun 600 SM dimana nama seperti Hindustan, Bharat dan Aryavarta tersebut mulai dikuasai oleh dinasti-dinasi.

Ethiopia

Negara yang berada di wilayah Afrika ini termasuk kedalam salah satu negara tertua di dunia. Kerajaan Ethiopia diperkirakan muncul sejak tahun 980 SM. Meski demikian menurut para ahli, negara tersebut diyakini telah ada sejak jutaan tahun silam.

Ethiopia sendiri merupakan salah satu negara yang berada di Afrika yang tidak pernah mengalami penjajahan di dunia. Kerajaan pertama yang menguasai wilayah Ethiopia memiliki sistem agraria yang cukup maju. Mereka mampu mengembangkan skema irigasi dalam pertanian serta mampu membuat peralatan besi untuk mengolah lahan pertanian yang berada di wilayahnya.

Baca juga  Inilah Asal Usul Doraemon Sebelum Akhirnya Berpetualang Bersama Nobita

Jepang

Jepang pertama kali didirikan pada masa kekuasaan Kaisar jimmu pada tahun 660 Sebelum Masehi. Meski sosok Kaisar Jimmu dianggap sebagai mitologi, namun kenyataannnya sosok ini tercatat pada Kojiki dan Nihon Shoki, buku sejarah resmi jepang tertua. Budaya jepang sendiri mulai muncul dan berkembang pesat pada abad ke 8 Masehi.

Bangsa yang menempati wilayah Jepang diperkirakan telah ada sejak 15000 tahun silam. Mereka merupakan Imigran yang berasal dari kawasan benua Asia. Jepang modern mulai berkembang pada tahun 1868, dimana pada masa itu Kaisar Meiji telah menghapuskan sistem Shogunate yang dikenal dengan Meiji Restoration.

Armenia

Meskipun Armenia merupakan sebuah negara yang kecil, namun negara ini dikeahui sebagai negara tertua di dunia. Armenia berbatasan dengan Turki di sebelah barat, Georgia di sebelah utara, Azerbaian di sebelah timur dan iran serta ekslave Nkhichevan di sebelah selatan.

Negara ini di kuasai oleh Kekaisaran Achaemenid pada abad ke 6 sebelum masehi. Peradabannya sendiri diketahui telah ada sejak 2600 tahun lalu. Kerajaan pertamanya, Ararat didirikan pada tahun 860SM sebelum akhirnya runtuh dan digantikan oleh kerajaan Strapy Armenia pada abad ke 6 SM.

Sementara itu, Yerevan yang menjadi ibukota negara tersebut sudah didirikan sejak tahun 782 SM. Konon kerajaan Armenia merupakan salah satu kerajaan yang cukup berjaya pada abad ke 1. Negara ini juga yang menjadi negara pertama yang secara resmi menjadikan Kristen sebagai agama resmi negara pada tahun 301.

Iran

Negara tertua selanjunya adalah Iran. Sebelum dikenal luas masyarakat dunia sebagai Iran, dahulunya negara ini bernama Persia. Peradaban di Persia diperkirakan sudah ada sejak 10000 SM. Perubahan nama Persia menjadi Iran terjadi sejak tahun 1935. Kerajaan pertama yang berada di Persia bernama Persia Achaemenid yang beribkota di Persepolis. Kerajaan tersebut didirikan oleh Cyrus The Great pada tahun 550 SM sebelum di kalahkan oleh Alexander The Great pada tahun 330 Sm.

Baca juga  Ciri Kepribadian Introvert, Apakah Kamu Salah Satunya?

Kerajaan ini diketahui dahulunya merupakan kerajaan besar dan terkuat pada zamanya. Hanya saja, setelah Cyrus akhirnya berhasil tumbang, bangsa-bangsa kecil yang berada di daerah tersebut pada akhirnya membentuk sebuah kelompok kecil serta membangun kerajaan sendiri.

San Marino

San Marino mungkin terdengar asing di telinga masyarakat tanah air. Namun meski demikian, negara ini memiliki fakta yang menarik. Selain sebagai negara terkecil di dunia, negara yang didirikan oleh Marinus pada tahun 301 ini juga menjadi salah satu kota tertua di dunia.

Nama San Marino sendiri diambil dari nama seorang pengrajin batu bernama marinus. Ia merupakan penduduk kroasia yang kemudian pindah ke wilayah San Marino akibat persekusi yang membawa isu agama yang di anutnya yakni Kristiani.

Nah itulah beberapa negara tertua di dunia yang hingga kini masih berdiri dan menyimpan sisa-sisa peninggalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here